Bulan: Maret 2023

Cara Review Jurnal Dengan Contoh Dan Tujuan Update 2023

Cara Review Jurnal – Anda siswa harus terbiasa dengan ulasan jurnal. Kegiatan ini merupakan salah satu tugas yang cukup sering diberikan dosen kepada mahasiswa sebagai penilaian untuk menguji pemahaman mereka terhadap suatu artikel jurnal tertentu.

Review jurnal juga merupakan tugas yang diberikan dosen kepada mahasiswa sebagai bahan referensi atau penunjang dalam mempelajari penelitian. Dengan meninjau sumber referensi jurnal terlebih dahulu, Anda pasti akan lebih mudah memahami referensi yang akan Anda gunakan dalam penelitian Anda.

Kegiatan review jurnal sering dianggap sepele oleh sebagian besar siswa dan disebut sebagai kegiatan yang mudah. Banyak siswa menyamakan kegiatan review jurnal dengan meringkas jurnal. Padahal kegiatan review jurnal tidak hanya meringkas jurnal saja lho.

Review jurnal membutuhkan ketelitian, ketelitian dan pemahaman yang lebih terhadap topik dalam artikel jurnal yang direview. Anda dituntut untuk bisa menuliskan ide-ide Anda sendiri tentang apa yang Anda dapatkan dari artikel jurnal yang Anda review.

Nah, agar tidak ada lagi kesalahan dalam penulisan resensi jurnal, pada artikel kali ini Anda akan mempelajari apa itu resensi jurnal? Bagaimana langkah menulis yang benar? Serta beberapa contoh review jurnal dari beberapa bidang studi yang bisa Anda pelajari. Simak saja langsung di bawah ini.

Pengertian Review Jurnal

Seperti dikutip dari naskah yang telah diedit, review jurnal merupakan kegiatan penilaian mengenai potensi atau keterbatasan dan pokok bahasan suatu artikel. Ulasan jurnal memberi pembaca penjelasan, investigasi, dan perselisihan tentang pentingnya artikel jurnal yang sedang ditinjau.

Kegiatan review jurnal membutuhkan kejelian dalam membaca sehingga penulis pada akhirnya mampu mengungkapkan pendapat pribadinya tentang pokok bahasan dalam artikel.

Mirip dengan definisi di atas, dikutip dari elsevier.com, review jurnal adalah kegiatan mengevaluasi artikel. Kegiatan evaluasi ini mengandung makna bahwa reviewer yaitu orang yang menulis review jurnal harus mampu menjelaskan kualitas, kelengkapan dan akurasi penelitian dalam sebuah artikel.

Reviewer juga harus bisa memberikan komentar, memberikan saran dan rekomendasi kepada pembaca tentang artikel yang direview.

Tujuan Review Jurnal

Mengingat kegiatannya yang sangat penting, review jurnal merupakan kegiatan yang tidak boleh dianggap enteng dengan berakhirnya kegiatan meringkas jurnal saja.

Namun, review jurnal merupakan kegiatan yang tujuannya sangat membantu masyarakat khususnya di bidang akademik untuk lebih memahami penelitian dari sebuah jurnal.

Selain mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang jurnal, Anda pasti bertanya-tanya apa pentingnya mereview jurnal? Salah satu manfaat mereview jurnal lain adalah memberikan kesempatan kepada reviewer untuk membagikan apa yang baru saja mereka pelajari dari artikel jurnal.

Membagikan apa yang baru dipelajarinya tentu akan membuatnya lebih paham dan cepat mengingat topik pembicaraan.

Berikut adalah beberapa manfaat dari pentingnya kegiatan review jurnal:

  • Kegiatan review jurnal mampu menguji pemahaman penulis terhadap topik dalam artikel jurnal
  • Hasil review jurnal dapat menjadi acuan awal bagi pembaca dalam penelitian yang akan mereka lakukan
  • Pembaca untuk melihat pandangan dan perspektif orang lain terhadap topik suatu artikel jurnal, sehingga dapat keluar dari bias pribadi
  • Mampu meningkatkan kemampuan tata bahasa
  • Membantu meningkatkan pemahaman penulis tentang suatu topik penelitian.

Inilah Pengertian Metodologi Penelitian Lengkap Dengan Contoh

Pengertian Metodologi Penelitian – Skripsi atau penelitian harus memahami metodologi penelitian. Untuk itu, pahamilah pengertian, fungsi dan contoh-contoh metodologi penelitian.

Apa metodologi penelitiannya? Metodologi penelitian adalah bagaimana kita melakukan penelitian. Penelitian adalah usaha untuk memperoleh informasi dan menyelidiki data, guna memperoleh pengetahuan atau menemukan pengetahuan baru.

Apa metodologi penelitiannya? Secara etimologis, metodologi penelitian akan menjelaskan secara teknis. Misalnya, itu akan mengungkapkan cara, metode atau trik. Karena konteksnya adalah melakukan penelitian, maka landasan paling dasar yang harus dimiliki adalah mengetahui proses melakukan penelitian.

Dalam pengertian sederhana lainnya, metode penelitian dapat diartikan sebagai proses memilih cara tertentu untuk memecahkan masalah dalam melakukan penelitian. Selama melakukan penelitian membutuhkan waktu yang lama, diperlukan metode yang lebih sistematis.

Jadi dalam review artikel ini tidak hanya belajar secara teori saja. Tetapi Anda juga akan belajar tentang bagaimana melakukan analisis data dan teknik apa untuk melakukan analisis itu dan bagaimana caranya. Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Definisi Metodologi Penelitian

Sebagai pengantar dasar. Maka pada kesempatan kali ini kita akan mengulas apa itu metodologi penelitian menurut para ahli.

A. Menurut Sugiyono

Menurut Prof. Dr. Sugiyono, metodologi penelitian adalah cara ilmiah dalam mencari data untuk tujuan dan kegunaan tertentu.

B. Menurut Muhiddin Sirat

Hampir sama dengan pendapat Muhiddin Sirat, yang berarti metodologi adalah cara menentukan dan memilih topik permasalahan, untuk dijadikan sebagai judul dari judul penelitian itu sendiri.

C. Menurut Winarno dan Nasir

Berbeda dengan pendapat Prof. M.E. Winarno yang mengungkapkan bahwa metodologi penelitian merupakan kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan teknik yang sistematis. Sedangkan Muhammad Nasir mendefinisikannya sebagai metode utama yang digunakan peneliti untuk melakukan penelitian.

Seperti yang disinggung sebelumnya. Apa itu metodologi penelitian ada karena latar belakang ingin mencari jawaban atas permasalahan yang muncul. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dan penelitian. Dimana penelitian dan penelitian harus dilakukan secara terstruktur dan sistematis.

Oleh karena itu, dalam melakukan penelitian atau penelitian, seorang mahasiswa atau peneliti harus mengikuti prinsip-prinsip penelitian yang sistematis. Dikatakan sistematis dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, ikuti proses bantuan dan buat pernyataan masalah. Kedua, calon peneliti harus terlebih dahulu mengembangkan kerangka berpikir dan merumuskan hipotesis.

Tanpa hipotesis dan perumusan masalah, semua masalah tidak lengkap. Selanjutnya dilakukan pembahasan terhadap permasalahan yang dihadapi. Tentu pembahasan dilakukan berdasarkan bocoran data yang sudah masuk. Hanya di akhir adalah bab untuk membuat kesimpulan dan saran.

Tujuan Metodologi Penelitian

Mungkin bagi sebagian kecil orang hanya akan bertanya metode penelitian apa? Hanya isapan jempol dari pertanyaan itu saja. Atau pertimbangkan tanggung jawab perguruan tinggi. Terlepas dari semua itu, siapa sangka metodologi penelitian ini juga memiliki tujuan mendasar.

Metode penelitian bertujuan agar peneliti dapat memperoleh hasil penelitian yang kompeten, kredibel, tepat dan tentunya dapat dipertanggungjawabkan. Setidaknya dari penelitian yang dilakukan akan menjawab permasalahan yang sedang diteliti oleh penulis.

Dilihat dari jenisnya, metodologi penelitian pada dasarnya memiliki tiga manfaat. Pertama, memperoleh pengetahuan atau penemuan baru. Kedua, dapat digunakan untuk membuktikan atau menguji kebenaran yang ada. Ketiga, membantu dalam mengembangkan pengetahuan yang lebih kaya dan lebih banyak.

Jenis dan Contoh Metodologi Penelitian

Berbicara mengenai apa itu metodologi penelitian, ada beberapa bentuk metode penelitian yang harus Anda ketahui sebelum terjun ke lapangan. Setidaknya ada beberapa metode penelitian yang sering digunakan oleh banyak peneliti.

Secara umum jenis metodologi penelitian adalah metode kualitatif, metode kuantitatif, metode survey, metode expo facto, dan metode deskriptif.

1. Metode Kualitatif

Metode kualitatif, yaitu metode penelitian yang memberikan penjelasan lebih analitis dan subyektif. Dalam metode ini, peneliti menggunakan perspektif partisipan sebagai gambaran yang diutamakan dalam memperoleh hasil penelitian.

Metode kualitatif biasanya menggunakan teknik penelitian berupa observasi, eksperimen dan wawancara terbuka. Jika dalam metode kuantitatif data berupa angka/skala, dalam data kualitatif dapat berupa opini atau hasil rekaman di lapangan.

Baca Juga: Inilah Pengertian Kesimpulan Dan Cara Membuat Serta Contohnya

2. Metode Kuantitatif

Kedua, kebalikan dari kualitatif yaitu metode kuantitatif yaitu metode yang dilakukan secara sistematis dan menggunakan model matematis. Hipotesis dan teori yang digunakan biasanya berkaitan dengan fenomena alam. Sifat penelitian ini adalah objektif dan analitis.

Untuk memperoleh data penelitian digunakan beberapa metode seperti tes, tes dan wawancara terstruktur. Data penelitian yang dapat berupa angka, skala dan grafik yang dapat dihitung.

3. Metode Survei

Ketiga, metode survei merupakan metode penelitian yang dikemas dan disusun dalam bentuk opini. Metode penelitian ini juga digunakan untuk membuat gambaran melalui sampel beberapa orang.

4. Metode Paparan Fakta

Keempat, metode expose facto, merupakan metode penelitian yang berkaitan dengan sebab akibat.

5. Metode Deskriptif

Kelima, metode deskriptif adalah metode penelitian yang menggambarkan peristiwa secara langsung maupun tidak langsung. Yang dimaksud dengan metodologi penelitian deskriptif terbagi menjadi dua yaitu metode longitudinal dan cross-sectional.

Penggunaan Metodologi Penelitian Menurut Jenis

Apa metodologi penelitiannya? Ternyata memiliki kegunaan yang luar biasa dalam dunia penelitian. Selama ini, metodologi penelitian hanya untuk kepentingan akademisi. Ternyata solusi atau hasil penelitian akademik dapat memberikan solusi dan perubahan di banyak ranah. Tidak hanya di ranah pendidikan, tapi juga di ranah sosial, kedokteran. Salah satunya untuk keperluan berikut kami rujuk.

1. Penelitian Murni dengan membangkitkan Teori

Sehingga penggunaan penelitian murni sebagai penelitian dasar sering digunakan untuk mengembangkan teori yang sudah ada menjadi lebih komprehensif dan lengkap. Penelitian murni berbeda dengan penelitian terapan.

2. Penelitian Terapan untuk Memecahkan Masalah

Jadi penelitian terapan adalah metodologi penelitian yang didasarkan pada tingkat kemanfaatan. Penelitian ini lebih terfokus pada pemecahan masalah dalam kehidupan praktis.

Memecahkan masalah berdasarkan kejadian nyata di lingkungan sosial. Dengan kata lain, metode penelitian ini lebih menyasar masyarakat sekitar, karena tidak berpedoman pada teori (yang dalam beberapa hal, secara teoritis justru membatasi pengambilan keputusan).

3. Action Research Membuat Tindakan Khusus Menurut Teori

Mungkin Anda jarang melihat metodologi penelitian yang satu ini. Jadi penelitian tindakan ini adalah penelitian yang bertujuan untuk melakukan tindakan tertentu sesuai dengan teori. Maka kajian teori ini digunakan sebagai acuan atau pencarian solusi dari permasalahan yang ada.

Jadi memang metodologi bukan sekedar problem solver yang bersifat studi kasus dan akademik. Namun juga dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dialami masyarakat. Misalnya dapat mengurangi kemiskinan, memberikan solusi terhadap kasus-kasus permasalahan yang menghambat produktivitas masyarakat, dapat menemukan obat dalam bidang medis dan masih banyak kegunaan metodologi penelitian.

Inilah Pengertian Kesimpulan Dan Cara Membuat Serta Contohnya

Pengertian simpulan, – Cara membuat simpulan yang benar dan contoh simpulan untuk penelitian (skripsi, makalah, dll) yang benar. Apa kesimpulannya? Secara umum pengertian adalah kesimpulan yang ditarik secara singkat dari keseluruhan hasil pembahasan atau analisis.

Dengan kata lain, adalah kesimpulan dari sebuah percakapan. Kesimpulan adalah bagian yang sangat penting dari setiap penulisan ilmiah.

Layaknya sebuah perusahaan jasa travel yang sedang membuka perjalanan liburan, seperti biasanya destinasi atau tempat favorit selalu ditempatkan di bagian akhir. Begitu pula dengan kesimpulan, selain menjadi bagian terpenting dalam setiap karya ilmiah, juga menjadi bagian favorit pembaca. Karena pada bagian ini Anda harus mengemas seluruh pembahasan sebuah karya ilmiah secara singkat, jelas, dan memberikan kesan yang baik kepada pembaca.

Namun, tidak sedikit penulis yang mengalami kesulitan dalam menulis kesimpulan. Hal ini bisa jadi karena penulis merasa kesulitan untuk memilih atau menemukan sesuatu yang menarik atau bermanfaat untuk disimpulkan. Artikel ini akan mengupas secara detail pengertian simpulan, cara membuat simpulan, beserta contoh simpulan dalam penulisan ilmiah.

Pengertian Kesimpulan Menurut Para Ahli

1. Perpustakaan USC

Kesimpulan oleh Perpustakaan USC dimaksudkan untuk membantu pembaca memahami mengapa penelitian Anda penting bagi pembaca potensial mereka. Kesimpulan bukan hanya ringkasan dari topik utama yang dibahas atau alogaritma ulang dari masalah penelitian Anda, tetapi juga sintesis dari poin-poin utama. Untuk sebagian besar makalah penelitian tingkat perguruan tinggi, satu atau dua paragraf yang dikembangkan sudah cukup untuk kesimpulan. meskipun dalam beberapa kasus, tiga paragraf atau lebih mungkin diperlukan.

2. Kosa kata

Menurut Vocalbury, pengertian konklusi adalah bagian akhir dari sesuatu, atau menjadi bagian akhir dari suatu hasil. Setiap hal dapat dikategorikan ke dalam bagian-bagian tertentu, dan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam. Biasanya seseorang bisa mendapatkannya dari akhir sesuatu.

3. KBBI

KBBI mendefinisikan bahwa kesimpulan adalah keputusan yang diperoleh berdasarkan cara berpikir deduktif atau induktif dari suatu pembahasan atau gagasan tertentu.

4.Merriam Webster

Menurut Merriam Webster, kesimpulan didefinisikan sebagai penilaian yang masuk akal dalam pikiran seseorang. Kesimpulan ini diperlukan ketika ada dua atau lebih preposisi yang dapat diambil sebagai premis.

5. Sekolah Cambridge Rindge & Latin

Kesimpulan didefinisikan sebagai paragraf terakhir dari makalah penelitian atau bagian terakhir dari jenis presentasi lainnya. Pada bagian ini biasanya Anda bisa mendapatkan intisari dari pembahasan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Kesimpulan Metode Penulisan

Setelah mengetahui pengertian dari kesimpulan, ada beberapa metode yang bisa Anda terapkan saat membuat kesimpulan. Nah, agar tidak bingung dan langsung saja menulis kesimpulan, berikut beberapa caranya.

1. Metode Generalisasi

Metode ini sangat sering digunakan dalam membuat kesimpulan. Terutama dalam penulisan ilmiah, seperti makalah, artikel, makalah, dan lain-lain. Anda akan membuat kesimpulan dengan metode ini, tinjau dulu seluruh masalah, kemudian jadikan fokus penelitian. Karena jika kesimpulan yang ditarik pada dasarnya merupakan review dari pembahasan yang telah disampaikan. Baik dalam bentuk tulisan maupun lisan.

2. Metode Analogi

Metode dilakukan dengan memberikan pandangan atau menyampaikan pokok-pokok atau gagasan penelitian agar lebih mudah dan sederhana. Metode ini biasanya digunakan dalam penelitian ilmiah.

3. Metode Korelasi

Secara sederhana, korelasi dapat diartikan sebagai hubungan. Mirip dengan metode generalisasi dan analogi, metode ini juga diawali dengan meninjau semua topik yang dibahas dalam sebuah esai. Metode korelasi dilakukan dengan mencari fokus dan mencari hubungan sebab akibat yang terjadi dalam suatu penelitian. Metode ini bertujuan untuk memperjelas gagasan di awal penulisan ilmiah yang Anda buat.

Cara Membuat Kesimpulan Karya Ilmiah

Ada kalanya Anda merasa kesulitan untuk menulis kesimpulan. Agar menulis lebih lancar, Anda bisa memperhatikan cara-cara berikut ini:

1. Baca kembali apa yang Anda tulis.

Anda bisa mulai dari pendahuluan, pembahasan masalah, analisis masalah, hingga perumusan masalah. Tujuannya untuk mengetahui kesan umum dan tujuan dari penulisan ilmiah yang Anda buat.

2. Tentukan kalimat utama.

Dalam menyusun suatu kesimpulan, kalimat utama dapat disebut sebagai gagasan inti dari hasil suatu makalah dalam karya ilmiah Anda. Dalam menentukan kalimat utama ini, sebaiknya jangan menggunakan bahasa atau kalimat yang bertele-tele.

3. Menemukan ide pokok tulisan.

4. Kembangkan gagasan utama

Menyusun intisari karya ilmiah atau gagasan pokok dan informasi penting dalam kalimat penjelas menjadi sebuah kesimpulan.

5. Menyusun kesimpulan paragraf menjadi teks bacaan

Buatlah cover letter yang baik, singkat dan padat yang sarat dengan esensi dan menjawab tujuan penelitian.

Contoh Membuat Kesimpulan

Berikut kami berikan beberapa contoh kesimpulan dari berbagai karya ilmiah yang dapat Anda gunakan sebagai bahan percontohan.

1. Contoh kesimpulan makalah

Kesimpulan dalam makalah sering mengacu pada keseluruhan topik atau pembahasan. Kesimpulan Biasanya ditarik dari hal-hal yang bersifat umum ke hal-hal yang detail sehingga penjelasannya dibuat mengerucut.

Berikut contoh kesimpulannya:

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi negara Indonesia sebagaimana tercantum dalam UUD 1945 pasal 36 bahwa “Bahasa Negara adalah bahasa Indonesia”. Dimana sejarah bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang sejak abad VII dari bahasa melayu.

Perkembangan bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa diawali dengan Sumpah Pemuda yang diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 yang akhirnya disahkan secara sah pada tanggal 18 Agustus 1945 melalui UUD 1945 pasal 36.

2. Contoh Kesimpulan Laporan Penelitian

Jenis karya ilmiah ini biasanya hanya diumumkan kepada siswa atau mahasiswa yang sedang menjalani proses belajar mengajar secara langsung. Bisa dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau bentuk kegiatan lainnya.

Contohnya bisa Anda baca di bawah ini:

Kesimpulan yang dapat diambil dari pelaksanaan Kuliah Kerja Lapang di Dusun Kaliabu Desa Banyuraden Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman Yogyakarta yang dilaksanakan pada tanggal 7 September 2015 – 4 Oktober 2015 antara lain:

Mampu beradaptasi dengan baik sehingga terjalin hubungan kerjasama antar masyarakat di Dusun Kaliabu.

Mahasiswa memberikan bantuan alat berupa maket kawasan wisata di Dusun Kaliabu, lampiran paket wisata yang disediakan Dusun Kaliabu, pembuatan website, fanspage Facebook, dan akun Instagram tentang desa wisata dusun Kaliabu, serta pembuatan maket desain wisata di bantaran sungai Bedog di Dusun Kaliabu.
Siswa mengadakan program pendampingan berupa bimbingan belajar untuk anak di posko KKN Dusun Kaliabu, memberikan pelajaran Bahasa Inggris dasar kepada ibu-ibu di Dusun Kaliabu, dan membantu guru mengaji di Dusun Kaliabu.

Mahasiswa memberikan pendampingan kepada masyarakat di Dusun Kaliabu Desa Banyuraden terkait pembagian daging kurban pada hari raya Idul Adha di Dusun Kaliabu.

3. Contoh Kesimpulan dalam Tesis

Dari pembahasan aplikasi secara detail dan hasil survey yang dilakukan pada tugas akhir ini, maka ditarik kesimpulan sebagai berikut.

Penggunaan teknologi informasi saat ini sangat dibutuhkan untuk mengakses informasi dengan mudah dan cepat. Maka dari itu dibuatlah aplikasi TtM untuk memperkenalkan pariwisata di Malang Raya. Inovasi teknologi dapat mendukung sektor pariwisata.

Oleh karena itu pembuatan aplikasi TtM akan memudahkan wisatawan mancanegara untuk mendapatkan informasi tentang pariwisata di Malang Raya. Aplikasi Ttm mendapat respon positif dari wisatawan mancanegara karena sangat membantu mereka dalam berwisata di wilayah Malang Raya karena berisi informasi detail mengenai destinasi.

4. Contoh Kesimpulan Disertasi

Dalam penulisan ilmiah dibutuhkan penelitian dan proses yang sangat panjang. Begitu juga dengan bagian kesimpulan, ide atau gagasan yang telah melalui proses analisis yang rumit harus dikemas menjadi sebuah paragraf yang lebih ringkas namun memiliki esensi dari semua jenis penulisan disertasi yang Anda buat.

Berikut contoh penulisan kesimpulan disertasi dengan mengambil topik disertasi dari Rully Charitas Indra Prahmana yang berjudul “Local Instruction Theory Penelitian Pendidikan Matematika untuk Menumbuhkan Keterampilan Mahasiswa Calon Guru dalam Melakukan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah”

Peneliti menarik kesimpulan berdasarkan hasil dan analisis data yang diperoleh setelah proses pengumpulan data. Selanjutnya, saran juga diberikan sebagai masukan untuk penelitian selanjutnya yang masih berkaitan dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya, terdapat beberapa kesimpulan:

Penggunaan model pembelajaran berbasis penelitian dalam merancang learning trajectories penelitian pendidikan matematika memiliki peran yang sangat penting sebagai pemicu munculnya keterampilan meneliti dan menulis karya ilmiah pada mahasiswa calon guru matematika. Hal ini ditunjukkan dengan salah satu produk penelitian akhir berupa 10 hasil penelitian mahasiswa dan 10 karya mahasiswa berupa artikel ilmiah yang telah masuk jurnal nasional ber-ISSN dan terindeks oleh Google Scholar menggunakan Open Journal System (OJS) . Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis penelitian memberikan peran yang sangat besar dalam menumbuhkan keterampilan mahasiswa calon guru matematika dalam melakukan penelitian dan menulis artikel ilmiah di Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Surya Tangerang.

Lintasan belajar yang dihasilkan merupakan lintasan belajar yang dilalui mahasiswa dalam rangka menumbuhkan keterampilannya dalam melakukan penelitian dan menulis karya ilmiah. Mulai dari analisis jurnal hingga mengkomunikasikan hasil penelitian berupa artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional ber-ISSN dan terindeks Google Scholar. Lintasan belajar ini terdiri dari 7 kegiatan yang telah disusun oleh peneliti untuk dilalui mahasiswa guna mengembangkan keterampilannya dalam meneliti dan menulis karya ilmiah.

Hasil pengembangan akhir learning trajectory pada penelitian ini memberikan kontribusi berupa teori local instruction pada penelitian pendidikan matematika untuk menumbuhkan keterampilan mahasiswa calon guru matematika dalam melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah yang belum pernah dikembangkan di Indonesia. Teori ini menjelaskan langkah-langkah yang harus dilalui mahasiswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis penelitian agar keterampilan meneliti dan menulis karya ilmiah dapat tumbuh dalam diri setiap mahasiswa sebagai calon guru matematika. Langkah-langkah yang harus dilalui oleh siswa dibagi menjadi 7 kegiatan pembelajaran, yaitu:

  • A. Kegiatan pembuatan mind map tentang berbagai hal yang berkaitan dengan metodologi penelitian kemudian didiskusikan.
    B. Kegiatan menganalisis hasil penelitian dosen atau peneliti lain dengan
  • menggunakan berbagai metode penelitian.
  • C. Kegiatan menemukan masalah penelitian, membuat dan memvalidasi instrumen penelitian, serta menentukan sumber data dan pengumpulan data penelitian.
  • D. Kegiatan mengolah dan menganalisis data penelitiane
  • E. Kegiatan menulis hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah.
  • F. Evaluasi artikel ilmiah.
  • G. Mengirimkan artikel ilmiah secara online ke jurnal nasional menggunakan OJS. Terakhir, keterampilan belajar yang dikembangkan fokus pada tren penelitian dalam pendidikan matematika dan keterampilan menulis karya ilmiah fokus pada artikel ilmiah yang diterbitkan di jurnal nasional yang terindeks oleh Google Scholar.
  • H. Teori pembelajaran lokal yang dihasilkan memiliki prinsip dan karakteristik desain yang memberikan keunikan pada teori pembelajaran yang dihasilkan. Sehingga kata lokal dalam teori ini menitikberatkan pada penelitian pendidikan matematika.

Penutupan

Demikian pemaparan makna kesimpulan, mulai dari pengertian, metode, cara penulisan dan contoh penulisan dalam penulisan ilmiah. Semoga menjadi ide yang dapat bermanfaat untuk membuat kesimpulan untuk melengkapi bagian terpenting dari sebuah makalah yang anda buat.

Apa Itu Interpretasi? Inilah Definisi, Jenis dan Contoh

Interpretasi – Bagi sebagian orang, tentu istilah tafsir sudah tidak asing lagi di telinga bahkan rutin dipraktikkan. Misalnya, seorang penerjemah biasanya akan menginterpretasikan suatu karya untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Memang, apa arti interpretasi itu?

Proses penerjemahan ini kemudian sekaligus melakukan penafsiran sebelumnya, sehingga suatu bahasa asing dapat dijelaskan dengan baik menggunakan bahasa Indonesia. Tujuannya agar makna kalimat aslinya tidak berubah meskipun bahasanya diubah.

Tafsir kemudian tidak hanya diterapkan pada dunia tulis-menulis, tetapi pada sejumlah bidang kehidupan tertentu. Bisa dalam bentuk film, bentuk seni, dan sebagainya. Jadi bentuk interpretasi ini bervariasi.

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan interpretasi? Untuk menafsirkan sesuatu, itu harus dipahami terlebih dahulu. Agar tidak terjadi kesalahan selama proses berlangsung. Berikut uraian lengkapnya.

Definisi Interpretasi

Interpretasi secara umum dikenal sebagai proses pemberian pendapat atau gagasan, kesan, atau pandangan teoretis terhadap suatu objek tertentu yang bersumber dari gagasan yang dalam dan dipengaruhi oleh latar belakang orang yang melakukannya.

Interpretasi digunakan untuk menerjemahkan informasi dari bentuk selain tulisan menjadi tulisan atau sebagai informasi secara lisan. Misalnya, seorang peneliti yang menemukan catatan kuno di media batu yang diukir menggunakan benda tajam.

Simbol terukir ini kemudian perlu ditafsirkan untuk memahami artinya. Apa yang ingin disampaikan oleh pemahat batu tersebut dengan menorehkan sejumlah bentuk dan simbol pada batu tersebut.

Informasi yang dapat diinterpretasikan dapat berupa tulisan, lisan, atau gambar dengan berbagai jenis bahasa. Interpretasi kemudian terus berkembang yang digunakan untuk memahami informasi dalam berbagai bentuk. Seperti contoh menerjemahkan tadi.

Pengertian Tafsir Menurut Para Ahli

Untuk memudahkan memahami apa itu interpretasi, perlu diketahui definisi yang dikemukakan oleh sejumlah ahli. Berikut beberapa di antaranya:

1. Tilden Freeman

Pendapat pertama dikemukakan oleh Freeman Tilden yang menyatakan bahwa pengertian penafsiran adalah suatu kegiatan pendidikan dengan maksud mengungkapkan makna dan juga hubungan-hubungan melalui perantaraan benda-benda dan pengalaman-pengalaman yang nyata.

2. Wali

Pendapat kedua disampaikan oleh Walin yang menjelaskan bahwa pengertian tafsir adalah suatu cara pelayanan yang membantu suatu kelompok tertentu untuk membangkitkan kepekaannya untuk merasakan keindahan alam sekitar, variasi dan hubungan lingkungan.

3.Kaelan

Terakhir adalah pendapat Kaelan, dimana pengertian tafsir adalah sebagai seni yang memberikan gambaran tentang komunikasi tidak langsung.

Melalui pendapat para ahli di atas, dapat dipahami bahwa penafsiran tidak selalu berkaitan dengan tulisan. Bisa juga dengan cara seseorang menggambarkan suatu keadaan, pemandangan, dan segala sesuatu yang hanya bisa dilihat tapi tidak bisa disentuh.

Baca Juga: Informasi Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Dan Prospek Kerja Lengkap

Jenis Interpretasi

Penafsiran sebagaimana dikemukakan di awal bisa dilakukan di banyak bidang, kemudian jenisnya menjadi beragam. Berikut jenis-jenisnya secara umum:

1. Interpretasi Cerpen

Jenis interpretasi yang pertama adalah interpretasi cerpen, yaitu proses menafsirkan atau menggambarkan sejumlah makna dari cerpen (cerpen). Oleh seseorang yang melakukan interpretasi, akan dibuat sebuah cerita pendek yang mampu menjelaskan kondisi dalam kehidupan nyata.

Misalnya, membesarkan karakter miskin akan menjelaskan kebiasaan dan karakter yang sesuai dengan kondisi masyarakat dari ekonomi bawah.

2. Interpretasi gambar

Jenis kedua adalah interpretasi citra, yaitu kegiatan menganalisis gambar atau foto yang dihasilkan oleh perangkat tertentu dengan tujuan untuk mengidentifikasi objek dan perannya.

Dalam prakteknya, interpretasi citra dilakukan dengan melakukan penginderaan jauh menggunakan alat khusus. Sehingga dapat diperoleh sejumlah warna, bentuk, dan sebagainya dari hasil pengamatan menggunakan alat gambar tadi.

3. Penafsiran Sejarah

Jenis penafsiran yang ketiga adalah penafsiran sejarah, yaitu kegiatan penafsiran yang menggabungkan data-data sejarah sehingga menimbulkan subjektivitas. Biasanya berupa analisis peninggalan sejarah berupa simbol, gambar, dan sebagainya di berbagai media.

Misalnya, ketika seorang arkeolog menemukan sebuah gua yang di dalamnya terdapat sejumlah gambar dan simbol di area dindingnya. Gambar-gambar tersebut tentu dibuat dengan tujuan tertentu, misalnya menjelaskan suatu adat.

Interpretasi dilakukan agar kumpulan gambar dan simbol ini dapat diinterpretasikan kemudian disampaikan dalam bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat luas. Hasil interpretasi

Informasi Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Dan Prospek Kerja Lengkap

Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga – Masalah pemilihan jurusan yang tepat masih menjadi masalah utama yang dialami mayoritas calon mahasiswa baru. Selain harus memilih jurusan yang sesuai dengan passion, mereka juga harus memiliki strategi yang tepat untuk masuk ke kampus yang diinginkan.

Apakah Anda tipe orang yang berorientasi pada keluarga? Jika iya, mungkin jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda dalam melanjutkan pendidikan tinggi,

Masih belum mengerti tentang jurusan ini? Yuk, simak artikel di bawah ini tentang jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga agar tidak bingung lagi.

Apa itu Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga merupakan program studi yang menekankan pada pengembangan pengetahuan dan keterampilan mengenai peningkatan kualitas kehidupan keluarga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga merupakan salah satu program studi yang mempelajari pendidikan dan pemberdayaan keluarga dalam rangka meningkatkan kualitas hidup. Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan mempelajari berbagai materi, salah satunya manajemen kuliner.

Namun secara umum mata kuliah pendidikan kesejahteraan keluarga mempelajari tentang keluarga berencana, hubungan keluarga, pemberdayaan keluarga, dan pembangunan keluarga. Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam memberikan pelayanan dan bimbingan kepada keluarga agar tercapai kesejahteraan yang optimal.

Kursus dan Kuliah di Departemen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Seperti yang telah ditulis sebelumnya, jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga berfokus pada pengembangan pengetahuan dan keterampilan dalam kehidupan keluarga.

Jika Anda melanjutkan studi di jurusan ini, Anda akan mempelajari beberapa mata pelajaran seperti membahas topik-topik penting pendidikan kesejahteraan keluarga, konsep dasar kesejahteraan keluarga, strategi dan teknik pendidikan, konser dasar kesejahteraan keluarga, serta studi kasus dan aplikasi pendidikan keluarga kesejahteraan.

Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Jika penjelasan diatas masih belum cukup membuat anda yakin dalam mengambil keputusan untuk melanjutkan studi di jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga, anda tidak perlu khawatir, berikut beberapa alasan yang akan membuat anda semakin yakin.

Lulusan dari jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga akan memiliki banyak peluang prospek kerja yang baik dan luas. Memberi Anda kesempatan untuk membantu orang lain dan membuat perbedaan dalam hidup. Melalui jurusan ini, Anda dapat belajar tentang bagaimana membantu keluarga dan individu meningkatkan kualitas hidup dan mencapai kesejahteraan.

Baca Juga: Info Jurusan Ilmu Keolahragaan, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

Anda mungkin memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, dan bantuan sosial. Sangat fleksibel sesuai dengan keinginan dan keinginan Anda.

Pengetahuan tentang kesejahteraan keluarga memang sangat penting dan berguna dari zaman dahulu sampai kapanpun. Oleh karena itu, setiap orang harus memiliki pengetahuan tentang pendidikan kesejahteraan keluarga untuk meningkatkan kualitas diri dan keluarganya. Sehingga dapat dikatakan bahwa ilmu yang diperoleh di jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Prospek Kerja Dinas Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Setelah membaca rangkuman alasan di atas, tentunya Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai prospek kerja yang akan Anda dapatkan jika sudah menyelesaikan studi di jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga.

Prospek pekerjaan yang bisa didapatkan cukup bagus dan luas, Anda berkesempatan untuk bekerja di beberapa bidang seperti berikut ini:

  • Institusi pendidikan: menjadi guru di SD, SMP atau SMA
  • Institusi kesehatan: bekerja di rumah sakit, puskesmas, klinik, atau institusi kesehatan lainnya sebagai konselor atau penyuluh kesehatan keluarga
  • Lembaga sosial: bekerja di lembaga sosial, seperti pusat konseling keluarga, yayasan keluarga
  • Lembaga ekonomi: lulusan ini dapat bekerja di perusahaan, lembaga keuangan atau lembaga ekonomi lainnya sebagai konsultan
  • Instansi pemerintah: Anda dapat bekerja di instansi pemerintah seperti dinas kesehatan, dinas sosial, dinas pendidikan, atau instansi pemerintah lainnya.
  • Pastikan Anda selalu memperluas pengetahuan dan keterampilan agar dapat bersaing di pasar kerja yang semakin ketat.

Lulusan dari jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga juga dapat melanjutkan studi ke jenjang S2 dan S3 dalam bidang ilmu keluarga, sosiologi, atau psikologi, sehingga memiliki kesempatan untuk bekerja pada posisi yang lebih tinggi dan berpengaruh di bidang tersebut.

Kampus dengan Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Terbaik

Setelah membahas secara lengkap jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga, tentunya anda semakin tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan tersebut bukan? Jika kamu memang tertarik untuk mengambil jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga, salah satu kampus terbaik yang bisa kamu tuju adalah UNNES.

Jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga UNNES merupakan salah satu program studi yang ditawarkan dan telah terakreditasi B.

Lulusan pendidikan kesejahteraan keluarga diharapkan mampu menghasilkan calon tenaga pendidik bidang tata boga sekolah menengah kejuruan kelompok wisata yang memiliki kualifikasi unggul, profesional, terampil dan peka terhadap kelestarian lingkungan, sosial budaya.

Banyak sekali keunggulan yang dimiliki kampus UNNES, mulai dari prestasi hingga berwirausaha di bidang kuliner. Sarana prasarana yang disediakan oleh prodi juga sangat memadai, dengan adanya lab, ruang seminar, ruang multimedia dan ruang baca.

Info Jurusan Ilmu Keolahragaan, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

Jurusan Ilmu Keolahragaan – Apakah Anda suka olahraga atau tertarik dengan bidang kesehatan jasmani? Jurusan Ilmu Olahraga tepat untuk Anda. Di jurusan ini, Anda akan belajar banyak tentang berbagai olahraga dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kebugaran jasmani dan kesehatan.

Selain itu, jurusan Ilmu Keolahragaan juga akan mempelajari bagaimana melatih fisik, psikomotorik, kognitif, afektif, dan sosial secara bersamaan. Ada juga pelajaran yang berkaitan dengan nutrisi, anatomi, fisiologi, kinesiologi, dan lainnya. Jika kamu tertarik dengan jurusan ini, yuk simak penjelasan lengkap jurusan Ilmu Keolahragaan, mulai dari mata kuliah hingga rekomendasi kampus di bawah ini.

Apa itu Jurusan Ilmu Olahraga?

Departemen Ilmu Keolahragaan merupakan jurusan yang mempelajari kesehatan olahraga sehingga mahasiswa di departemen ini mempelajari keterampilan khusus dalam bidang fisik, terapi rehabilitasi fisik, aktivitas fisik, dan juga manajemen olahraga.

Meski ditilik dari nama jurusannya hanya mengendapkan kata “olahraga”. Sebenarnya mahasiswa jurusan ilmu keolahragaan lebih banyak mempelajari materi, tidak hanya tentang kegiatan olahraga. Misalnya mempelajari ilmu kedokteran dasar seperti anatomi, fisiologi, fisioterapi olahraga, biokimia, dan mata kuliah di bidang kesehatan lainnya.

Selain belajar teori dan praktek, jurusan Ilmu Keolahragaan juga akan mengajarkan kalian tentang peraturan dalam setiap pertandingan olahraga, termasuk ilmu kesehatan juga, jangan lupakan pendidikan, karena jurusan ini pada dasarnya masih pendidikan, kalian juga akan belajar tentang komunikasi, keterampilan sosial, pendidikan, persuasif, bekerja dengan tim, dan juga memahami ilmu kesehatan.

Mata Kuliah dan Kuliah Jurusan Ilmu Keolahragaan

Memasuki jurusan Ilmu Olahraga memberi Anda kesempatan untuk berlatih lebih banyak di lapangan. Bukan untuk pelapisan dan pemasangan selang infus seperti jurusan kesehatan, tapi untuk latihan jenis olahraga tertentu.

Bagi Anda yang sudah lama menggemari olahraga dan berprestasi di bidang ini, dijamin Anda akan menikmati perkuliahan Anda. Karena, dibandingkan dengan teori, mata pelajaran lebih praktis.

Kursus berikut biasanya diajarkan di jurusan Ilmu Olahraga:

  • Kimia
  • Biologi
  • Atletik dasar
  • Fisika
  • Biokimia
  • Filosofi olahraga
  • Matematika
  • Berenang dasar
  • Kesehatan mental
  • Antropologi
  • Message
  • Histologi
  • Psikologi olahraga
  • Energi sistem
  • fisiologi umum
  • nutrisi olahraga
  • Fisioterapi olahraga
  • Doping
  • Kesehatan olahraga
  • olahraga senior
  • Manajemen kebugaran
  • Analisis mekanik olahraga
  • olahraga dan lingkungan

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Keolahragaan

Alasan pertama kenapa jurusan Ilmu Keolahragaan cocok dan menarik untuk diambil adalah karena prospek karir atau pekerjaannya yang bagus. Jadi, setelah lulus kamu bisa menekuni banyak pilihan profesi dengan gaji menarik yang cenderung tinggi.

Mulai dari menjadi atlet, guru olahraga, instruktur olahraga, hingga menjadi PNS atau pegawai di Kemenpora sehingga kesempatan kerja lebih luas, dan jika berprestasi peluang sukses setelah lulus lebih luas.

Baca Juga: Apa itu Lokakarya? Pengertian, Ciri-ciri & Persiapan

Selain memiliki prospek kerja yang luas dan beragam, lulusan jurusan Ilmu Keolahragaan juga memiliki pekerjaan yang menarik. Karena pada umumnya akan lebih banyak terjun langsung di lapangan dan terkait dengan kegiatan olahraga.

Prospek Kerja Departemen Ilmu Keolahragaan

Pilihan profesi bagi lulusan jurusan Ilmu Keolahragaan berkisar dari konsultan olahraga, atlet, pelatih olahraga, tenaga medis olahraga, instruktur senam, personal trainer, dan lain sebagainya.

Profesi lain yang bisa ditekuni antara lain menjadi wartawan olahraga dan dosen. Namun, jika ingin menjadi dosen harus melanjutkan ke jenjang pendidikan S2 terlebih dahulu. Tak hanya itu, lulusan jurusan Ilmu Keolahragaan juga berkesempatan untuk berkarir di instansi pemerintahan.

Kampus dengan Jurusan Ilmu Keolahragaan Terbaik

Anda yang memiliki keinginan untuk masuk ke jurusan Ilmu Keolahragaan tentunya ingin masuk ke kampus-kampus terbaik agar bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas unggul. Berikut beberapa kampus terbaik yang menyediakan program studi S1 Pendidikan Olahraga yang telah bekerjasama dengan Danacita.

1. Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)

Jurusan Ilmu Keolahragaan UMBY merupakan salah satu fakultas yang banyak diminati. Dengan dukungan fasilitas modern berstandar nasional, jurusan ini yakin mampu meraih prestasi olahraga nasional melalui pendidikan olahraga dan kesehatan olahraga.

2. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Jurusan Ilmu Keolahragaan UNNES yang sebelumnya bernama Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan di bawah naungan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang, telah dimulai dengan berdirinya berbagai lembaga pendidikan guru Pendidikan Jasmani di atas SMA. tumpukan. Sama dengan IKIP lainnya sesuai keputusan Presiden

Apa itu Lokakarya? Pengertian, Ciri-ciri & Persiapan

Apa itu Lokakarya – Setiap permasalahan sering muncul dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Permasalahan disini perlu dicari titik tengah dan solusinya, seperti kurva transportasi, capaian pembelajaran suatu mata kuliah, mata kuliah di suatu program studi, dll. Permasalahan tersebut seringkali harus didiskusikan untuk dicarikan solusinya.

Oleh karena itu, diperlukan suatu forum untuk melakukan musyawarah dan mufakat agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan. Biasanya wadah semacam itu disebut Lokakarya atau workshop.

Apa itu Lokakarya?

Lokakarya adalah acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan menemukan solusinya. Lokakarya ini disebut juga workshop. Tempat diadakannya kegiatan biasanya didiskusikan langsung dengan ahlinya.

Tidak hanya itu, kegiatan ini akan mencari solusi atau permasalahan yang terjadi. Biasanya para ahli di bidang pendidikan ini akan melakukan kegiatan rutin pada waktu-waktu tertentu.

Beberapa orang yang biasanya terlibat dalam acara ini adalah para pendidik, manajer, pimpinan perusahaan, dan juga para ahli di bidang tertentu.

Ciri Ciri Lokakarya

Anda dapat menemukan fitur lokakarya seperti yang diulas di bawah ini:

Masalah yang dibahas akan spesifik. Biasanya muncul dari permasalahan para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

Seluruh proses pemecahan masalah biasanya dilakukan dengan cara musyawarah. Selain itu, observasi juga dilakukan dalam bidang keilmuan.
Untuk dapat berpartisipasi aktif, peserta dalam kegiatan ini harus memiliki ide atau gagasan yang bertujuan untuk mencari solusi bersama.
Langkah-langkah Mempersiapkan Lokakarya
Untuk melaksanakan dan melaksanakan workshop tersebut, nampaknya ada beberapa tahapan yang harus dipersiapkan. Beberapa dari mereka:

1. Tetapkan tujuan

Agar suatu masalah dapat ditemukan dengan mudah, maka perlu adanya solusi dari masalah tersebut. Jadi tujuan utama harus ditemukan dengan jelas dalam pertemuan ini.

2. Nyatakan kebutuhan peserta

Setiap peserta harus teridentifikasi dengan baik dalam setiap pelaksanaan. Sehingga kebutuhan setiap peserta dapat terpenuhi dengan baik.

3. Desain presentasi

Untuk mendesain presentasi ini, ternyata ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi. Beberapa tahapan tersebut antara lain:

Pengantar topik, perubahan diri dan kelompok
Melakukan penyusunan daftar topik dan sub topik pendukungnya
Buat aturan yang digunakan selama kegiatan.

Baca Juga: Jurusan Hubungan Internasional – Pengertian, Apa Yang Dipelajari & Prospek Kerja

4. Melakukan alokasi waktu

Agar proses berjalan lancar, tim panitia harus menyiapkan waktu yang cukup. Sehingga seluruh proses dapat berjalan lancar.

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai workshop tersebut. Semoga kegiatan workshop kalian berjalan dengan lancar!

Jurusan Hubungan Internasional – Pengertian, Apa Yang Dipelajari & Prospek Kerja

Jurusan Hubungan Internasional – Pengertian – Apakah Anda benar-benar harus fasih berbahasa Inggris untuk mengambil jurusan hubungan internasional? Daripada bingung dengan jurusan Hubungan Internasional atau yang dikenal dengan singkatan HI, yuk langsung saja ke Jurusan Hubungan Internasional yang akan dipelajari, dan lulusannya bisa berkarir di bidang apa? Simak pembahasan berikut ini!

Apa itu Jurusan Hubungan Internasional (HI)?

Jurusan hubungan internasional adalah jurusan yang mempelajari bagaimana upaya suatu negara berinteraksi secara global. Interaksi yang dimaksud disini adalah interaksi internasional yang melibatkan suatu negara, lembaga atau organisasi pemerintah maupun swasta.

Kuliah di jurusan ini memungkinkan kamu merasakan atmosfer internasional melalui berbagai pertemuan penting di dunia, salah satunya adalah sidang PBB. Antusias!

Apa yang dipelajari di Jurusan Hubungan Internasional?

Teman saya pernah berkata, “Belajar Hubungan Internasional itu seperti belajar hukum, politik, komunikasi, dan pemerintahan sekaligus,” Di jurusan ini, kamu akan mempelajari isu-isu yang muncul di berbagai belahan dunia. Tidak hanya perang, tetapi juga belajar dari sisi ekonomi, kebijakan internasional, jurnalisme, diplomasi publik, isu gender dan lain-lain.

Semester 1 – 2

Di semester pertama, mahasiswa Hubungan Internasional masih bisa bersantai. Sebab, mata pelajaran yang diajarkan cukup mendasar dan tidak sulit. Sama seperti jurusan lainnya, kamu akan bertemu dengan Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Agama. Di semester 2, Anda mengajarkan dasar-dasar hubungan internasional. Misalnya Pengantar Ilmu Politik, Pengantar Sosiologi, Teori Hubungan Internasional, Pengantar Ilmu Ekonomi, Hukum Internasional, hingga Teknik Penulisan.

Baca Juga: Daftar 8 Universitas Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia Terakreditasi A

Meski terdengar mudah, mata kuliah ini menjadi pedoman untuk memasuki semester berikutnya. Anda harus memahami apa itu negara, arti diplomasi, kehidupan sosial, atau jenis sistem politik dan ekonomi yang berlaku di negara lain. Kursus ini juga membantu Anda memperluas wawasan dan berpikir kritis dalam menghadapi perbedaan.

Semester 3 – 4

Setelah memahami konsep dasar, mahasiswa baru diajak untuk menganalisis kebijakan yang dibuat oleh negara dan dampaknya. Seperti, “apa keuntungan kerjasama antara negara X dan negara Y?” Anda juga “dipaksa untuk berpikir” tentang konflik internasional baru-baru ini. Apa motifnya, siapa yang terlibat, dan bagaimana penyelesaian masalah tersebut. Jangan heran jika gurumu tiba-tiba masuk ke kelas dan menanyakan berita apa yang sudah kamu baca hari ini. Yup, mahasiswa HI harus update dengan berita nasional dan internasional.

Mata kuliah Hubungan Internasional pada semester 3 dan 4 meliputi; Negosiasi, Kebijakan Luar Negeri, Perdagangan Global, Hak Asasi Manusia, Pembangunan Internasional, Migrasi Global, Keamanan Nasional dan Global, Manajemen Resolusi Konflik, dan Organisasi dan Komunikasi Internasional.

Semester 5 – 6

Di semester 5 dan 6, topik yang diajarkan semakin beragam. Ada Gender dan Seksualitas, Globalisasi, Kajian Budaya, dan Metode Riset Ilmiah. Kemudian, Anda juga bisa mengambil mata kuliah pilihan sesuai dengan minat dan minat Anda. Contohnya termasuk Psikologi Politik, Jurnalisme Internasional dan Studi Regional. Kajian kawasan adalah mata kuliah yang fokus mempelajari hubungan internasional di suatu kawasan. Misalnya, Studi Regional Eropa, Studi Regional Afrika, atau Studi Regional Asia.

Nah, untuk jalan-jalan gratis, kamu bisa mewujudkannya melalui kegiatan di luar kampus, seperti Model United Nations (MUN). MUN merupakan simulasi sidang UN yang biasanya diikuti oleh mahasiswa Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, atau Politik. Di sana, Anda akan berperan sebagai diplomat yang mewakili suatu negara. Selain MUN, kamu juga bisa mendaftar sebagai relawan di luar negeri melalui organisasi AIESEC. Anda dapat berkontribusi langsung melalui proyek sosial dan mendiskusikan masalah yang dialami oleh orang-orang di negara tersebut. Wow, sungguh menyenangkan!

Semester 7 – 8

Akhirnya, saatnya untuk tahun terakhir kuliah! Mahasiswa Hubungan Internasional akan menjalani KKN, magang, seminar proposal, dan tesis. Tidak hanya di Kementerian Luar Negeri, anak-anak HI bisa magang di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), BUMN, start-up, media, dan lainnya. Setelah lulus, Anda akan memegang S.Hub.Int

Prospek Kerja Lulusan Departemen Hubungan Internasional (HI)

Jurusan Hubungan Internasional memang identik dengan prospek kerja sebagai diplomat, namun sebenarnya masih banyak peluang posisi lain yang juga bisa ditempati oleh lulusan Hubungan Internasional. Berikut kami rangkum beberapa posisi yang bisa dipilih lulusan HI.

  • Pejabat Diplomatik (Diplomat)
  • Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Peneliti/Dosen
  • Karyawan Perusahaan Multinasional
  • Karyawan Organisasi Internasional
  • Reporter

Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional (HI)

Kampus apa saja yang memiliki jurusan Hubungan Internasional, kalau bisa terakreditasi A? Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional terbaik di Indonesia antara lain:

  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Hasanudin
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Jember
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Jenderal Soedirman
  • Universitas Muhammadiyah Malang
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Universitas Bina Nusantara
  • Universitas Airlangga

Daftar 8 Universitas Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia Terakreditasi A

Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia – Ada banyak kampus swasta atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memiliki jurusan psikologi terbaik dan terakreditasi A yang bisa dijadikan referensi bagi mahasiswa atau calon mahasiswa.

Jurusan psikologi di 8 PTS atau kampus swasta tak kalah unggul dengan jurusan psikologi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Apalagi PTS juga membuka beasiswa tersendiri setiap tahunnya yang bisa kamu daftarkan di banyak jurusan, khususnya jurusan psikologi.

Daftar jurusan Psikologi di 8 PTS ini bisa menjadi referensi menarik bagi calon mahasiswa. Namun akreditasi mayor dapat berubah sewaktu-waktu, untuk itu calon mahasiswa dapat mengecek langsung di kampus yang bersangkutan atau melihatnya di website Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Berikut rangkuman tujuh dan banyak jurusan psikologi dengan akreditasi A di kampus swasta :

Rekomendasi Universitas Jurusan Psikologi Terbaik Di Jakarta 2023

1. Universitas Islam Indonesia (UII)

PTS yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. UII membekali Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia akreditasi A.

Di UII, jurusan Psikologi masuk dalam Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya atau biasa disingkat FPSB.

Jika Anda tertarik untuk mengambil jurusan Psikologi di UII, Anda akan mempelajari banyak mata pelajaran menarik seperti biopsikologi, psikologi komunikasi, psikologi kognitif, asesmen orang dewasa, asesmen anak dan remaja, dan lain-lain.

UII merupakan salah satu penyedia jurusan psikologi swasta terbaik dan bisa menjadi pilihan saat ingin masuk kuliah nanti.

2. Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta

Universitas Katolik Atma Jaya (Unika) Jakarta juga menyediakan jurusan Psikologi terbaik dengan akreditasi A.

Bedanya, jurusan Psikologi Atma Jaya sudah masuk ke Fakultas Psikologi sendiri.

Di Atma Jaya, Anda akan menemukan jurusan Psikologi berikut ini:

  • Psikologi perkembangan
  • Psikologi sosial
  • Psikologi fisiologis
  • Filsafat ilmu
  • Psikologi kognitif
  • Klinik Psikologi
  • Dan masih banyak lagi

3. Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara merupakan kampus swasta dengan jurusan psikologi terakreditasi A.

Fakultas Psikologi Untar memiliki visi menjadi penyelenggara pendidikan psikologi yang berkualitas dalam pengajaran, pengembangan dan penerapan psikologi di Asia Tenggara, berdasarkan nilai-nilai Entrepreneurship, Professionalism, Integrity, Caring Community (EPIC).

4. Universitas Gunadarma

Masih di wilayah Jabodetabek, Universitas Gunadarma juga bisa menjadi pilihan Anda untuk memilih universitas swasta psikologi terbaik.

Sama seperti Atma Jaya dan UII, Psikologi Gunadarma juga telah terakreditasi A sejak tahun 2013.

Di Gunadarma, jurusan Psikologi juga sudah masuk ke Fakultas Psikologi sendiri.

Jika Anda tertarik masuk ke Psikologi Gunadarma, Anda akan mempelajari interaksi manusia dan komputer, kode etik psikologis, computerized ergonomi, hingga psikologi konseling.

Baca Juga: Informasi 10 Kampus Terbesar Di Indonesia Dan Jumlah Luasnya

5. Universitas Mercu Buana

Beranjak ke daerah Yogyakarta, perguruan tinggi swasta dengan jurusan psikologi terbaik berikutnya adalah Universitas Mercu Buana.

Kampus ini terletak di Jl. Raya Wates-Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jurusan Psikologi Mercu Buana telah terakreditasi A. Jadi, tidak perlu khawatir dengan kualitasnya.

Selain gelar Sarjana, Mercu Buana juga menyediakan program Magister untuk jurusan Psikologi.

Berikut daftar mata kuliah jurusan Psikologi di Mercu Buana:

  • Psikologi pendidikan
  • Psikologi sosial
  • Psikologi industri dan organisasi
  • Filsafat manusia
  • Psikometri
  • Kognisi sosial
  • Dan masih banyak lagi

6. Universitas Sanata Dharma

Masih di Daerah Istimewa Yogyakarta, ada satu lagi perguruan tinggi swasta jurusan psikologi yaitu Universitas Sanata Dharma.

Universitas Sanata Dharma terletak di Jl. Affandi, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Secara keseluruhan, kampus USD terbagi menjadi 5 dan berlokasi di alamat yang berbeda.

Jurusan Psikologi Sanata Dharma juga merupakan salah satu jurusan psikologi terbaik di Indonesia. Bagaimana tidak, jurusan Psikologi sudah terakreditasi A. Dari segi lokasi, fakultas Psikologi Anata Dharma terletak di Kampus 3 yaitu di Jl. Paingan, Maguwoharjo.

Di USD, Anda akan mempelajari mata pelajaran Psikologi seperti pendidikan anak usia dini, biopsikologi, psikologi kepribadian, dan masih banyak lagi.

7. Universitas Muhammadiyah Malang

Berpindah ke Kota Malang Jawa Timur, ada salah satu perguruan tinggi swasta dengan jurusan Psikologi terbaik yang perlu kamu ketahui, yaitu Universitas Muhammadiyah Malang.

Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM sendiri terletak di Jl. Bendungan Sutami No. 188, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Departemen Psikologi UMM juga telah terakreditasi A.

Fakultas Psikologi UMM telah memiliki tiga program studi sejak tahun 2008, yaitu Sarjana Psikologi, Magister Psikologi (M.Sc), dan Magister Profesi Psikologi (M.Psi, Psikolog).

8. Universitas Ahmad Dahlan

Kembali ke kota pelajar alias Yogyakarta, ada satu lagi universitas swasta dengan jurusan Psikologi terbaik yaitu Universitas Ahmad Dahlan atau biasa disingkat UAD.

Sama seperti UMM, jurusan Psikologi UAD juga telah terakreditasi A. UAD sendiri terletak di Jl. Kapas No.9, Semaki, Kec. Umbul Harjo, Kota Yogyakarta.

Jurusan Psikologi UAD juga sudah masuk dalam Fakultas Psikologi sendiri.
Berikut daftar mata kuliah yang dipelajari di Psikologi UAD:

  • Kode etik psikologis
  • Sejarah & sekolah psikologi
  • Pengantar psikodiagnostik
  • Psikologi perkembangan remaja, dewasa & lansia
  • Teori psikologi sosial
  • Psikologi sosial terapan
  • Dan masih banyak lagi

Kampus lain yang juga memiliki jurusan psikologi terakreditasi A adalah Mercu buana Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Tarumanagara.

Kemudian Universitas Kristen Krida Wacana, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Universitas Persada Indonesia Yai, Universitas Pancasila, dan masih banyak lagi.

Informasi 10 Kampus Terbesar Di Indonesia Dan Jumlah Luasnya

Kampus Terbesar Di Indonesia – Kuliah di perguruan tinggi bergengsi tentu bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi diri Anda. Apalagi jika universitasnya benar-benar luas dan menyediakan banyak pilihan jurusan, tentunya kita lebih bangga menjadi bagian dari Universitas tersebut.

Semakin banyak pilihan jurusan yang tersedia di sebuah Universitas, tentunya semakin luas kampusnya. Bagi sobat GNFI yang penasaran dengan kampus terbesar di Indonesia, berikut kami hadirkan 5 kampus terbesar di Indonesia. Menariknya, empat dari lima kampus terbesar di Indonesia berada di daratan Sumatera.

1. Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya punya dua universitas utama yakni di kota Indralaya (Kabupaten Ogan Ilir) dan di kawasan Bukit Besar (Kota Palembang) .

Dengan luas kampus 712 hektare, Universitas Sriwijaya dikatakan sebagai kampus terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara. Padahal luas kampusnya lebih besar dari beberapa negara di dunia seperti Vatikan yang cuma seluas 44 hektare atau Monako bersama luas 202 hektare .

2. Universitas Riau

Posisi kedua sebagai kampus terbesar di Indonesia diisi oleh Universitas Riau. Kampus yang berada di kota Pekanbaru ini memiliki luas lahan yang fantastis, 700 hektare.

Selama berdirinya kampus ini, Universitas Riau selalu berperan memajukan pembangunan, berkontribusi pada pembangunan sosial, ekonomi, dan intelektual, demi kemajuan bangsa.

3. Universitas Andalas

Universitas Andalas atau biasa disingkat Unand merupakan perguruan tinggi negeri terkemuka yang berlokasi di kota Padang, Sumatera Barat.

Selain menjadi salah satu kampus terbesar di Indonesia, Universitas Andalas juga merupakan universitas tertua di luar Pulau Jawa yang resmi dibuka pada tanggal 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta. Saat itu, Unand menjadi Universitas keempat yang diresmikan oleh pemerintah Indonesia.

4. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara (USU) berada di peringkat keempat sebagai kampus terbesar di Indonesia. Kampus yang berada di kota Medan ini memiliki luas 416 hektare yang terbagi menjadi dua kampus.

Lokasi universitas yang miliki visi universitas untuk industri ini terletak di Padang Bulan, kawasan hijau dan rindang seluas 116 hektar di tengah Kota Medan. Areal akademik seluas 90 hektare ini menampung hampir semua kegiatan perkuliahan mahasiswa dan praktikum .

5. Universitas Indonesia

Posisi terakhir diisi oleh Universitas Indonesia dengan luas lahan 320 hektare, sehingga menjadi satu-satunya perwakilan pulau Jawa yang masuk dalam daftar. Selain menjadi salah satu kampus terbesar, UI juga dikenal sebagai kampus tertua dan paling bergengsi di Indonesia.

Kualitas dan reputasinya tidak diragukan lagi. Pada tahun 2020, UI menduduki peringkat ke-2 sebagai kampus terbaik di Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Baca Juga: 10 Universitas Jurusan Teknik Pertambangan Terbaik Di Indonesia Akreditasi A

6. Universitas Gadjah Mada

Universitas terbesar berikutnya adalah Universitas Gadjah Mada. Kampus ini berlokasi di. Yogyakarta, Jawa Tengah. Universitas Gadjah Mada (UGM) miliki lebih dari 670 gedung. Sehingga keseluruhan luas kampus UGM mencapai lebih kurang 750.000 meter persegi . Oleh karena itu, kampus ini masuk dalam salah satu kampus terbesar di Indonesia

Tak hanya itu, kampus UGM juga menempati urutan pertama dalam urutan kampus terbaik di Indonesia. Tak heran jika banyak mahasiswa yang ingin kuliah di Jawa Tengah.

7. Universitas Airlangga

Universitas selanjutnya yang masuk ke salah satu kampus terbesar di Indonesia adalah Universitas Airlangga. Kampus ini berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Luas keseluruhan kampus adalah 650.308 meter persegi .

Universitas Airlangga (UNAIR) juga menjadi salah satu kampus yang masuk dalam daftar kampus favorit mahasiswa. Mahasiswa yang masuk ke kampus ini tidak hanya berasal dari Surabaya atau Jawa Timur. Mereka berasal dari berbagai provinsi dan Pulau.UNAIR diresmikan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 10 November 1954. Pada peringatan 6 tahun Hari Pahlawan.

8. Institut Teknologi Bandung

Kampus terbesar berikutnya adalah Institut Teknologi Bandung. Kampus tersebut berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Selain itu, terdapat juga kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berlokasi di Jatinangor. Luas kampus kurang lebih 286.830 meter persegi. ITB didirikan di Bandung terhadap tanggal 2 Maret 1959. ITB merupakan universitas tehnik pertama yang didirikan di Indonesia .

Kampus terakreditasi A-rated ini memiliki beberapa fakultas. Diantaranya adalah :

  • Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara
  • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian
  • Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain
  • Fakultas Teknologi
  • Fakultas teknik pertanian dan perminyakan
  • Fakultas teknik sipil dan lingkungan

Selain itu, ITB juga memiliki sekolah bisnis dan Manajemen, Sekolah arsitek, perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Sekolah Teknik Elektro dan informatika, Sekolah Farmasi dan Sekolah ilmu hayati dan teknologi.

9. Universitas Negeri Manado

Kampus terbesar di sembilang di Indonesia adalah Universitas Negeri Manado. Kampus tersebut berlokasi di Sulawesi Utara. Universitas ini memiliki luas 270 Ha dan terletak di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, udara dan situasi di kampus Universitas Negeri Manado sangat sejuk.

Ada berbagai fakultas di kampus ini. Diantaranya adalah Fakultas Pendidikan, Fakultas Ilmu Olahraga, Fakultas Ekonomi, Fakultas bahasa dan Seni, Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas teknik, dan fakultas Ilmu Sosial.

10. Universitas Pertanian Bogor

Kampus terbesar berikutnya adalah Universitas Pertanian Bogor. Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan kampus terbesar kesepuluh di Indonesia. Luas kampus IPB sekitar 250 Ha. Kampus IPB merupakan salah satu kampus yang banyak diminati oleh mahasiswa. Namun, persaingan untuk bisa masuk dan kuliah di kampus ini sangat ketat.

IPB didirikan pada tanggal 1 September 1963 di Bogor. Ada lebih dari satu fakultas di IPB. diantaranya adalah Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas peternakan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi dan manajemen dan fakultas Ekologi Manusia. Selain itu, di IPB juga terdapat sekolah bisnis.

10 Universitas Jurusan Teknik Pertambangan Terbaik Di Indonesia Akreditasi A

Jurusan Teknik Pertambangan  – Kuliah di jurusan Teknik Pertambangan merupakan impian besar bagi sebagian calon mahasiswa. Tentunya ada berbagai universitas di seluruh Indonesia yang bisa dipilih sesuai dengan akreditasi masing-masing kampus yang bisa dijadikan pertimbangan.

Hal-hal yang dipelajari sendiri bergantung pada konsentrasi yang diambil. Misalnya dalam memilih Tambang Eksplorasi, mata kuliah yang akan dipelajari antara lain Mekanika Batuan, Geoteknik Pertambangan, Geologi Struktural, Manajemen Eksplorasi, dan lain-lain.

Sedangkan jika memilih Pertambangan Umum, mata kuliah yang akan dipelajari meliputi Metode Perhitungan Cadangan, Valuasi Tambang, Pengeboran, Ventilasi Tambang, Pengolahan Mineral, Penggalian, Teknik Bahan Peledak dan Peledakan, Ekonomi Mineral, Manajemen Tambang, dan lain-lain.

Rekomendasi Jurusan Teknik Pertambangan Terbaik Di Indonesia Akreditasi A

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Tidak diragukan lagi bahwa ITB merupakan kampus yang bisa dikatakan sebagai gudangnya program studi teknik di Indonesia.

Kampus yang terletak di Jatinangor, Kabupaten Sumedang ini memiliki banyak jurusan teknik. Di antara favorit dan tidak pernah kurang minat adalah Teknik Pertambangan.

ITB yang pada tahun 2023 akan menjadi kampus terbaik kedua di Indonesia tentunya menjadi target dan impian banyak mahasiswa baru untuk dapat melanjutkan pendidikannya.

2. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta atau biasa dikenal dengan UPN “Veteran” Yogyakarta juga dikenal sebagai kampus dengan jurusan Teknik Pertambangan terbaik di Indonesia.

Bersaing dengan ITB untuk program studi ini, UPN “Veteran” Yogyakarta juga dikenal sebagai kampus yang banyak menghasilkan lulusan berkualitas di bidang pertambangan Indonesia.

Bagi Anda yang ingin kuliah di Yogyakarta dan memilih jurusan Teknik Pertambangan, UPN bisa menjadi kampus incaran Anda.

3. Universitas Hasanuddin

Salah satu kampus di luar Jawa khususnya di Makassar, Sulawesi Selatan yang juga terkenal dengan prodi pertambangannya adalah Unhas.

Bagi Anda yang berdomisili di Makassar atau daerah lain di Sulawesi Selatan, dan ingin kuliah di bidang pertambangan, Unhas bisa jadi pilihan yang patut dicoba.

4. Universitas Trisakti

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, Trisakti juga memiliki berbagai jurusan teknik. Salah satunya adalah program studi teknik pertambangan.

5. Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Selain Trisakti, pilihan perguruan tinggi swasta jurusan Teknik Pertambangan lain yang bisa menjadi pilihan adalah Institut Teknologi Nasional Yogyakarta atau ITNY.

6. Universitas Sriwijaya

Universitas keempat yang memiliki jurusan pertambangan di Indonesia adalah Universitas Sriwijaya yang berlokasi di Kota Palembang. Universitas ini juga merupakan salah satu universitas dengan Jurusan Teknik Pertambangan terbaik dengan akreditasi B, lho!

Sayangnya, persaingan masuk Jurusan Teknik Pertambangan di universitas ini sangat sulit. Jadi berbaik hatilah agar Anda dapat bersaing untuk mendapatkan salah satu kursi di departemen ini!

Baca Juga: 6 Daftar Pilihan Fakultas Sisfo PGRI Palembang Paling Lengkap 2023

7. Universitas Proklamasi 45

Kampus ini sangat populer karena memiliki Jurusan migas terakreditasi yang sangat baik. Proklamasi Universitas 45 juga memiliki slogan yaitu “Universitas Perminyakan” yang artinya universitas sangat disiplin dalam orientasinya di bidang migas.

8. Sekolah Tinggi Teknologi Migas Balikpapan

Balikpapan dikenal sebagai kota perminyakan yang memiliki peluang besar bagi industri Perminyakan dan pertambangan sehingga didirikanlah STT Migas Balikpapan. Sekolah tersebut bertujuan untuk bertemu dengan para ahli pertambangan dan perminyakan di Balikpapan.

9. Sekolah tinggi energi dan mineral (STEM Akamigas)

Fakultas pertambangan dan Perminyakan terbaik berikutnya adalah STEM Akamigas yang berlokasi di Cepu, Jawa Timur. Akreditasi prodi Perminyakan sendiri di fakultas tersebut adalah B dari BAN PT. Setidaknya ada 5 program studi yang tersedia di Fakultas pertambangan dan perminyakan STEM Akamigas.

10. Universitas Trisakti

Program studi migas Universitas Trisakti telah berdiri sejak tahun 1980 bersama dengan Teknik Geologi. Fasilitas yang dimiliki Fakultas pertambangan dan Perminyakan juga cukup lengkap, antara lain laboratorium analitik, komputer, produksi, dan lain-lain.

Selain 2 program studi tersebut, program studi lain di fakultas tersebut adalah Teknik Waduk, Teknik Produksi, Teknik Pengeboran, perbaikan Pemulihan Minyak, penilaian pembentukan, geothermal, dan Teknik eksploitasi Gas bumi.

6 Daftar Pilihan Fakultas Sisfo PGRI Palembang Paling Lengkap 2023

Sisfo PGRI Palembang – Sistem Informasi Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Palembang yang disingkat Sisfo Pgri Palembang adalah perguruan tinggi swasta di kota Palembang dengan program studi yang sebagian besar menghasilkan tenaga pengajar. Universitas ini diresmikan pada tahun 2000, perguruan tinggi ini merupakan hasil perubahan dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (SKTIP) Palembang.

Pada awal peresmian dan perubahan nama kampus, Universitas PGRI Palembang dulunya hanya memiliki 5 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana. Seiring berjalannya waktu, perguruan tinggi terus mengalami peningkatan dengan membuka program studi atau jurusan baru Sisfo Pgri Palembang  yang banyak diminati saat ini. Untuk akreditasinya, universitas ini telah mendapatkan akreditasi institusi ‘B’ dan seluruh program studi yang ada telah mendapatkan akreditasi dari BAN-PT.

Walaupun tergolong universitas pendidikan yang mayoritas program studinya ditujukan untuk menghasilkan tenaga pengajar, universitas ini juga memiliki banyak program studi non guru lainnya yang patut Anda pertimbangkan. Seperti ekonomi, teknik dan lain-lain.

Info Fakultas Sisfo PGRI Palembang Terlengkap

1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan

Sebelumnya Sisfo Universitas PGRI Palembang adalah STKIP PGRI Palembang. Mulai beroperasi pada tahun 1984, kemudian Baccarat Online: Baccarist pada tahun 2000 berubah menjadi Universitas PGRI Palembang.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan merupakan fokus bidang ilmu yang diberikan. Sesuai dengan visi dan misi utama Universitas. Terdiri dari 5 jurusan dan 8 program studi. Dilengkapi dengan fasilitas baccarat online olahraga, kesehatan, spiritual dan ruang kegiatan mahasiswa. Berikut daftar lengkap Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Sisfo PGRI Palembang:

  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
  • pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

Jurusan Pendidikan MIPA, dengan program studi;

  • pendidikan matematika
  • Pendidikan Jasmani

Jurusan Pendidikan IPS, dengan program studi;

  • Pendidikan Sejarah
  • Pendidikan akuntansi
  • Pendidikan Geografi

Jurusan Pendidikan Psikologi, dengan program studi;

  • Pendidikan Bimbingan Konseling
  • PAUD

Jurusan Pendidikan Olahraga, dengan program studi;

  • Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

Jurusan Pendidikan Seni, dengan program studi;

  • Pendidikan Sendratasik

2. Fakultas Ekonomi

Bekal 2 jurusan yaitu manajemen dan akuntansi. Pada awal berdirinya yaitu pada tahun 2000 bertempat di lantai 2 gedung rektorat. Kemudian pada tahun 2004 mereka pindah menempati gedung D dan F Fakultas. Kemudian sejak tahun 2012 hingga sekarang menempati lantai 4 gedung G.

Visi Fakultas ke depan adalah menjadi penyelenggara pendidikan terkemuka di bidang ekonomi dan bisnis. Dengan misi meningkatkan fasilitas bagi seluruh civitas akademika secara berkelanjutan. Sehingga menghasilkan lulusan yang siap kerja di masa depan. Berikut daftar lengkap Fakultas Ekonomi Sisfo PGRI Palembang:

  • Ekonomi Manajemen
  • Akuntansi ekonomi

3. Fakultas Teknik

Berdaya dan unggul adalah visi dan misi Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang. Untuk itu, fakultas mendorong mahasiswa agar lulus tepat waktu dan memiliki kompetensi untuk terjun ke dunia kerja.

Dibuka jurusan Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Kimia dan yang terbaru Teknologi Informasi. Mengikuti trend zaman, Fakultas membekali mahasiswa dengan ilmu berbasis teknologi. Berikut daftar lengkap Fakultas Teknik Sisfo PGRI Palembang:

  • Teknik Listrik
  • Teknik Kimia
  • Teknik Sipil

Baca Juga: Daftar 9 Jurusan Kuliah Untuk Anak Ips Yang Menjamin Masa Depan 2023

4. Fakultas MIPA

Universitas Sisfo PGRI Palembang juga membuka Fakultas MIPA. Penyediaan 2 jurusan yaitu Biologi dan Fisika. Area kampus dilengkapi dengan fasilitas seperti laboratorium dan perpustakaan.

Fakultas MIPA bekerja sama dengan pihak universitas memberikan beasiswa sebagai bentuk dukungan kepada mahasiswa. Setiap mahasiswa dapat mendaftar sebagai penerima beasiswa melalui jurusan masing-masing. Berikut daftar lengkap Fakultas MIPA Sisfo PGRI Palembang:

  • Biologi
  • Fisika

5. Fakultas Perikanan

Fakultas Perikanan menyediakan 2 program studi Diploma III dan Strata 1 yaitu D-III Perikanan dan Sarjana Ilmu Perikanan. Meski hanya menyediakan 2 jurusan, namun Fakultas ini cukup diminati karena kedua jurusan tersebut merupakan disiplin ilmu terapan yang bisa langsung dipraktekkan setelah lulus. Terlebih lagi fakultas juga menyediakan fasilitas situs baccarat online terpercaya yang memenuhi standar universitas sehingga dapat menumbuhkan semangat belajar mahasiswa. Berikut daftar lengkap Fakultas Perikanan Sisfo PGRI Palembang:

  • Budidaya Perairan (D.III)
  • Ilmu Perikanan (S1)

6. Pascasarjana

Selain program Diploma III dan Sarjana, Universitas PGRI Palembang juga membuka program pascasarjana. Terdiri dari 2 jurusan yaitu Magister Pendidikan Bahasa Inggris dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia.

Melihat perkembangan dunia pendidikan saat ini, tidak menutup kemungkinan dalam beberapa tahun ke depan akan dibuka program pascasarjana dari disiplin ilmu lain. Untuk melengkapi informasi lengkap alur pendaftaran Universitas Sisfo PGRI Palembang dapat mengakses website Universitas. Berikut daftar lengkap program pascasarjana dari Sisfo PGRI Palembang:

  • Pendidikan Bahasa Inggris, Gelar M.Pd
  • Pendidikan Bahasa Indonesia, Gelar M.Pd

Daftar 9 Jurusan Kuliah Untuk Anak Ips Yang Menjamin Masa Depan 2023

Jurusan Kuliah Untuk Anak Ips – Pilihan jurusan IPS yang menjamin masa depan tidak kalah dengan jurusan untuk lulusan IPA dan prospek kerjanya juga lebih banyak. Memang, apa yang bisa dilakukan jurusan IPS dari sekolah menengah saat Anda kuliah?

Padahal mahasiswa IPA bisa masuk jurusan kuliah dari mahasiswa IPS. Namun, mahasiswa IPS juga memiliki banyak pilihan jurusan di perguruan tinggi. Saking banyaknya, dibutuhkan persiapan yang matang dalam menentukan pilihan.

Beberapa jurusan yang dipilih ternyata merupakan jurusan favorit yang membuat persaingan untuk masuk ke jurusan tersebut sangat ketat. Ada yang dikenal sebagai jurusan dengan minat minim namun tetap menjanjikan masa depan cerah, karena memiliki prospek karir yang sangat bagus.

Daftar Prodi IPS dengan Prospek Kerja Terbaik

Berikut daftar jurusan untuk siswa SMA, MA, dan SMK yang mengambil konsentrasi IPS yang memiliki prospek karir cerah, dan salah satunya mungkin sesuai dengan bakat dan minat Anda:

1. Hubungan Internasional

Hubungan internasional menjadi rekomendasi pertama bagi mahasiswa IPS, karena merupakan jurusan yang sangat bergengsi. Jurusan ini mempelajari interaksi yang melibatkan banyak negara, sehingga hal-hal yang berkaitan dengan hubungan internasional berakhir di jurusan ini.

2. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan menarik selanjutnya adalah jurusan ilmu komunikasi yang tidak hanya mempelajari cara berkomunikasi. ditambah juga belajar tentang public speaking, teknik dan keterampilan menulis, fotografi, desain dan animasi, proses pembuatan iklan, dan sebagainya.

3. Administrasi Bisnis

Apakah Anda menyukai kegiatan administrasi? Kemudian Anda bisa masuk ke departemen administrasi bisnis, juga dikenal sebagai administrasi komersial. Jurusan ini mempelajari kegiatan administrasi secara umum.

4. Jurusan Psikologi

Jurusan psikologi juga merupakan jurusan IPS yang sangat direkomendasikan, bahkan menjadi jurusan favorit banyak orang. makanya jurusan ini perlu dicapai dengan belajar ekstra agar bisa lolos seleksi seleksi. Melalui jurusan psikologi, Anda akan belajar tentang pikiran, pikiran, dan perilaku manusia.

Baca Juga: Pengertian Ciri Ciri Rumusan Masalah Serta Cara Membuatnya

5. Ekonomi Pembangunan

Rekomendasi jurusan IPS selanjutnya yang menarik dan prospeknya menjanjikan adalah ekonomi pembangunan. Melalui jurusan ini Anda bisa belajar tentang isu-isu pembangunan. Baik yang sedang terjadi maupun yang akan terjadi di suatu negara.

6. Administrasi Fiskal

Tertarik dengan segala hal yang berkaitan dengan keuangan dan pemerintahan negara? Jadi selama kuliah, kamu bisa menanggung beban biaya fiskal dan mempelajari seluk beluk pengelolaan keuangan negara. Terutama dari pajak yang masuk ke kas negara.

7. Akuntansi

Siapa yang tidak kenal dengan jurusan akuntansi? Jurusan ini merupakan jurusan IPS yang banyak diminati dan dikenal memiliki prospek yang menjanjikan. Akuntansi kemudian dikenal sebagai salah satu ilmu tertua di dunia yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan keuangan.

8. Manajemen Perhotelan

Pernahkah Anda penasaran dengan manajemen sebuah hotel yang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada para tamunya? Jika ya, maka Anda dapat mempelajari manajemen hotel di jurusan manajemen hotel. Melalui jurusan ini, Anda dapat belajar tentang perencanaan, produksi, dan pengawasan bisnis perhotelan.

9. Perpajakan

Meskipun jurusan IPS dikenal sebagai jurusan dengan hafalan yang sangat tinggi, banyak mata pelajaran yang masih membutuhkan ketelitian dalam berhitung. Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang menyukai ketepatan perhitungan ini, salah satu jurusan perguruan tinggi yang ideal untuk diambil adalah pajak.

Pengertian Ciri Ciri Rumusan Masalah Serta Cara Membuatnya

Rumusan Masalah – Dalam melaksanakan suatu karya ilmiah, baik berupa artikel, tesis maupun laporan penelitian, terdapat bagian penting yang tidak dapat diabaikan yaitu rumusan masalah. Pada artikel ini, kita akan membahas apa artinya dan bagaimana merumuskan masalah dan bagaimana melakukannya. Namun, sebelum lanjut ke pembahasan, ada baiknya menyegarkan kembali ingatan kita tentang makna dan rumusan masalah karakter.

Penulisan tunduk pada kaidah penulisan ilmiah, sedangkan peran perumusan masalah memberikan arah yang jelas bagi rencana penulisan karya. Maksud dari poin ini adalah rumusan masalah adalah untuk memperkuat sebuah karya atau artikel ilmiah agar tidak dilakukan dengan asal-asalan dan tanpa landasan yang kokoh ketika dikerjakan.

Pernyataan masalah adalah salah satu yang paling penting, tetapi tulisan sering diremehkan. Padahal, perumusan masalah kemudian menjadi bagian penting dari suatu tahapan penelitian, yang menempati tempat dan fungsi penting baik dalam kegiatan penelitian maupun dalam penulisan artikel ilmiah.

Dengan demikian, jika rumusan masalah dipilah secara acak, maka dapat dipastikan penelitian yang dihasilkan juga kurang optimal. Maka untuk mengetahui apa itu rumusan masalah, memahami apa itu rumusan masalah menurut para ahli, apa saja ciri-ciri rumusan masalah, cara penulisan rumusan masalah, contoh rumusan masalah perlu diperhatikan poin-poin berikut.

Definisi Rumusan Masalah

Secara sederhana, rumusan masalah terdiri dari beberapa komponen, dari mengapa hingga bagaimana, terkait dengan topik penelitian dan detail yang akan dibahas. Rumusan masalah merupakan tujuan suatu karya ilmiah untuk memusatkan pembahasan pada hal-hal tertentu. Perumusan masalah memudahkan penelitian penulis karena sumbu penelitian dipersempit, rumusan masalah digunakan untuk menghindari sumbu penelitian yang dapat diperluas dan tidak sesuai dengan tujuan awal penelitian.

Definisi lain menunjukkan bagaimana merumuskan masalah dalam bentuk makalah pendek yang berisi pertanyaan tentang topik yang diangkat oleh penulis artikel atau karya ilmiah lainnya. Adanya rumusan masalah memaksa penulis untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang diajukan, sehingga pencarian selanjutnya bersifat konklusif.

Beberapa kata digunakan dalam perumusan masalah, seperti mengapa dan bagaimana, dua kata ini membuka kemungkinan untuk penelitian yang mendalam. Rumusan masalah yang baik adalah rumusan masalah yang direncanakan secara efisien, dan memiliki karakteristik. Isu yang diangkat mencerminkan kebutuhan dan keprihatinan yang dirasakan.

Rumusan masalah juga dapat dipahami sebagai artikel pendek yang terdiri dari pertanyaan-pertanyaan tentang topik yang diangkat oleh penulis, sehingga dengan rumusan ini, penulis akan berusaha mencari jawaban atau memecahkan masalah atas pertanyaan yang diajukan.

Pengertian Rumusan Masalah Menurut Para Ahli

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, rumusan masalah merupakan aspek penting dalam tahap penelitian yang menempati tempat dan fungsi penting baik dalam kegiatan penelitian maupun dalam penulisan artikel ilmiah. Rumusan masalah juga dapat dipahami sebagai pernyataan berdasarkan adanya suatu masalah.

Kemudian dari defence-statement arrangement tersebut akan dicari jawabannya melalui metode pengumpulan data yang sedang berlangsung atau intervensi dalam suatu proses penelitian. Untuk dapat menjawab rumusan masalah, peneliti harus merumuskan pertanyaan dari permasalahan yang muncul. Masalah yang berbeda ini akan mengarah pada masalah yang ada yang perlu dibedakan.

Skripsi yang baik dapat dipahami sebagai karangan pendek yang terdiri dari pertanyaan-pertanyaan tentang topik yang diangkat oleh penulis, sehingga dengan rumusan ini penulis akan berusaha mencari jawaban atau memecahkan masalah atas pertanyaan yang diajukan untuk menarik kesimpulan ilmiah.

Dengan rumusan masalah tersebut, maka artikel ilmiah baik skripsi, artikel, dan lain-lain merupakan setengah dari kegiatan penelitian yang dilaporkan. Untuk mempersiapkannya, rumusan masalah ini biasanya terdapat di awal laporan atau di bagian pembuka. Perumusan masalah ini terletak setelah menuliskan konteks masalah.

Jika Anda sudah mengetahui pengertian umum dari rumusan masalah, berikut beberapa pendapat ahli tentang apa yang dimaksud dengan rumusan masalah.

1. Sugiyono

Menurut Ahli Sugiyono, pengertian rumusan masalah adalah pertanyaan yang mencari jawaban melalui pengumpulan dan analisis data. Dimana pencarian dapat dilakukan berdasarkan tingkat interpretasinya. Secara umum, konstruksi topik memainkan peran penting. Antara lain, membantu peneliti melanjutkan penelitiannya dengan tetap menghormati jalan atau jalur penelitian. Selain itu, rumusan masalah merupakan cara bagi peneliti untuk mengatasi masalah yang dihadapi ketika melakukan penelitian.

2. Andrew dan Hildebrand

Rumusan masalah yang baik adalah terencana, efektif dan memiliki ciri-ciri dan paling tidak memiliki empat ciri yaitu masalah yang diangkat mencerminkan kebutuhan yang dirasakan. Kemudian masalah disajikan sebagai hipotesis yang tidak didasarkan pada bukti faktual. Ini bukan hanya pernyataan masalah yang bagus dan saran dukungan.

3.Albert Einstein

Tokoh terkenal ini menyebut rumusan masalah sebagai masalah yang jauh lebih penting daripada solusinya. Selain itu, menurut Einstein terungkap bahwa rumusan masalah didasarkan pada pertanyaan baru. Dukung kemungkinan baru sambil memperlakukan masalah lama sebagai baru dan inovatif.

4.Alan Bryan

Rumusan masalah merupakan pertanyaan yang jelas mengenai suatu masalah tertentu yang dianggap menarik dan menjadi fokus penelitian selanjutnya. Hakikat penelitian selalu memberikan solusi dan hal-hal yang jelas dan menyeluruh.

5. Purnomo Setiady Akbar, M.Pd dan Dr. Husaini Usman, M.Pd

Purnomo Setiady Akbar, M.Pd dan Dr. Husaini Usman, M.Pd berpendapat bahwa merumuskan suatu masalah dalam bentuk pertanyaan penelitian yang lebih spesifik memerlukan jawaban. Rumus bentuk soal memiliki 3 bentuk, khususnya sebagai berikut.

1. Rumusan Masalah Deskriptif

Rumusan Masalah Deskriptif adalah jenis rumusan masalah yang menanyakan keberadaan suatu variabel secara mandiri, baik variabel tunggal maupun variabel ganda. Artinya, rumusan deskripsi masalah penulis tidak perlu melakukan perbandingan antar semua sampel dan tidak perlu mencari hubungan dengan variabel lain.

Baca Juga: Daftar 7 Universitas Jurusan Manajemen Terbaik Di Indonesia

Singkatnya, rumusan masalah deskriptif adalah rumusan masalah yang menggambarkan hasil pengumpulan data yang peneliti dapatkan. Misalnya, gambaran hasil pencarian kemudian disajikan dalam bentuk tabel, bagan atau grafik. Biasanya terdapat tiga model umum dengan tujuan untuk memudahkan pembaca memahami hasil penelitian.

2. Rumusan Masalah Komparatif

Artinya, konstruksi soal ini mempunyai tujuan untuk membandingkan atau membandingkan satu variabel dengan variabel yang berbeda. Memang cara atau pengobatan yang digunakan juga berbeda.

3. Rumusan Masalah Asosiatif

Sedangkan rumusan masalah gabungan ini mensyaratkan adanya hubungan antara dua variabel atau lebih dimana dalam rumusan tersebut terdapat tiga hubungan yaitu hubungan simetris, hubungan kausalitas dan hubungan interaktif atau timbal balik.

Hubungan simetris adalah hubungan antara dua variabel atau lebih yang terjadi secara bersamaan atau paralel. Variabel tersebut memiliki hubungan atau kekuatan yang sama sehingga tidak memiliki hubungan sebab akibat atau interaksi. Biasanya variabel ini terjadi ketika sebab dan akibat ditemukan pada variabel independen yang dapat mempengaruhi atau dipengaruhi. Sedangkan kausalitas hanya satu variabel yang mempengaruhi variabel lainnya.

Ciri-ciri rumusan masalah

Setelah memahami pengertian rumusan masalah dan perbedaan pendapat para ahli tentang pengertian rumusan masalah, berikut adalah beberapa ciri atau karakteristik rumusan masalah yang membedakan rumusan pemecahan masalah dengan unsur-unsur karya tulis ilmiah lainnya.

Rumusan masalah dibuat dalam bentuk pertanyaan.

Rumusan masalah meliputi pertanyaan yang singkat, padat dan jelas.
Pernyataan masalah mengarah pada cara berpikir tentang subjek yang sedang ditangani. Rumusan masalah mengandung nilai penelitian.
Rumusan masalah ditentukan sesuai dengan kemampuan peneliti.
Rumusan masalah dapat memberikan pedoman dalam melakukan kegiatan penelitian, sehingga peneliti dapat menemukan jawabannya.

Cara Membuat Rumusan Masalah

Untuk dapat merumuskan suatu masalah tentunya perlu diketahui dengan jelas dan tepat bagaimana mengorganisasikan atau merumuskan suatu masalah. Berikut panduan tentang cara membuat pernyataan masalah yang baik dan realistis.

1. Disiapkan secara khusus

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat rumusan masalah adalah membuat rumusan masalah secara spesifik, dimana cara penulisan rumusan masalah ini harus dipahami yaitu tidak perlu menuliskan kata-kata yang panjang. Pernyataan masalah yang panjang justru akan menghilangkan esensi dari apa yang ingin Anda sampaikan.

Agar rumusan soal ini berbentuk soal disusun secara singkat, padat, dan jelas sehingga mudah dipahami.

2. Menentukan Metode Penelitian yang Sesuai

Setelah mampu mengkonkretkan rumusan masalah, diperlukan metode penelitian yang tepat untuk mengembangkan rumusan masalah tersebut. Dengan kata lain, Anda harus menentukan terlebih dahulu metode pencarian yang sesuai dengan topik yang ingin dicari.

Umumnya, dua jenis metode penelitian dipilih atau digunakan untuk melakukan penelitian. Baik menggunakan metode penelitian kualitatif atau menggunakan metode penelitian kuantitatif.

3. Mencari Teori yang Mendukung Metode Penelitian

Setelah menemukan metode penelitian yang tepat, sebaiknya Anda mempelajari berbagai informasi tentang berbagai teori yang dapat mendukung penelitian Anda dan metode penelitian yang Anda pilih. Jangan sampai salah order karena akan menyebabkan kesalahan tindakan.

Jadi tetap berpegang pada aturan yang sudah ditetapkan seperti ini karena dengan mengutak-atik setiap langkah penelitian akan berjalan dengan baik. Penting juga untuk dicatat bahwa teori pendukung ini dapat dikumpulkan dari berbagai pengetahuan, data, atau bahkan penelitian sebelumnya yang telah dilakukan untuk mendukung metode penelitian yang dipilih.

4. Melihat Fenomena Sekitar

Sebagai seorang penulis, Anda harus penuh perhatian dan kreatif menyadari fenomena yang terjadi di sekitar Anda. Kedengarannya mudah, tetapi sebenarnya cukup sulit, kecuali jika Anda terbiasa berpikir dan mencari solusi dari suatu masalah.

Ada banyak masalah praktis di sekitar Anda, Anda hanya perlu tajam dalam penargetan dan tidak terlalu jauh dalam menafsirkan milik Anda. berkelahi dengan kasus-kasus kecil di sekitar Anda atau situasi yang sering Anda temui dalam kehidupan sehari-hari.

5. Gunakan 5W+1H

Satu hal yang tidak dapat diabaikan adalah penyusunan kaidah bahasa harus sistematis, jelas, mudah dipahami dan juga harus sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Karena rumusan masalah merupakan masalah tanya jawab, maka harus menggunakan rumus 5W 1H untuk menentukan topik penelitian dan juga membuat pertanyaan yang menarik.

Dengan mengikuti metode perumusan masalah di atas, Anda diharapkan dapat merumuskan masalah yang baik, sesuai dengan penelitian dan topik yang akan diangkat dalam sebuah karya ilmiah.

Contoh Pernyataan Masalah

Untuk lebih memahami jika ingin merumuskan rumusan masalah, berikut adalah contoh rumusan masalah dari beberapa karya ilmiah.

Contoh 1

Diambil dari penelitian berjudul “Analisis Unsur Realisme Magis Dalam Cerpen Kumpulan Budak Karya Eka Kurniawan” dari Universitas Nasional yang dilakukan pada tahun 2022, berikut contoh rumusan masalah penelitian:

Berdasarkan latar belakang penelitian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:

  • Apa ciri-ciri unsur yang tidak dapat direduksi dalam cerpen “Kumpulan Budak Setan” karya Eka Kurniawan
  • Apa ciri-ciri fenomena dunia atau latar belakang sejarah dalam cerpen “Kumpulan Budak Setan” karya Eka Kurniawan
  • Apa saja ciri-ciri atau unsur keragu-raguan yang mengganggu dalam cerpen “Kumpulan Budak Setan” karya Eka Kurniawan

Contoh 2

Contoh kedua diambil dari tesis Ahmad Addib Qonumi dari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim yang berjudul “Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Kemandirian dan Keberhasilan Sekolah” HMJ XI IPS 1 MAN 1 Bojonegoro.

Perumusan masalah

Apakah status sosial ekonomi keluarga berpengaruh signifikan terhadap kemandirian siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Bojonegoro?
Apakah status sosial ekonomi keluarga berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Bojonegoro?

Contoh 3

Contoh rumusan masalah makalah penelitian

Apa saja unsur budaya nasional Bali di Lombok?

  • Mengapa orang Bali bisa hidup berdampingan dengan orang Sasak yang mayoritas beragama Islam?
  • Apa perbedaan suku Bali di pulau Lombok dan di pulau Bali?

Contoh 4

Contoh rumusan masalah tentang lingkungan

  • Apa saja dampak negatif limbah tambang terhadap lingkungan?
  • Berapa tingkat keuntungan pertambangan di sektor ekonomi?
  • Jenis mineral apa yang memiliki nilai ekonomi tinggi?
  • Apakah penambangan emas di Indonesia masih diperlukan?

Daftar 7 Universitas Jurusan Manajemen Terbaik Di Indonesia

Jurusan Manajemen Terbaik Di Indonesia – Ada banyak universitas dengan jurusan manajemen terbaik di Indonesia. Untuk siswa kelas 12 yang ingin mengambil jurusan manajemen, berikut rekomendasinya. Bonus New Member 100

Berdasarkan lembaga survei World University Rankings, beberapa kampus di Indonesia masuk dalam daftar universitas terbaik jurusan manajemen.

Dilansir dari situs resmi World University Rankings, berikut lima PTN dengan jurusan manajemen terbaik.

Rekomendasi Universitas Jurusan Manajemen Terbaik Di Indonesia Tahun 2023

1. Universitas IPB

Dikutip dari fem.ipb.ac.id, Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB resmi berdiri pada tanggal 6 April 2001 dengan 2 program studi yaitu Ekonomi Pembangunan dan Manajemen. Namun saat ini FEM memiliki 4 jurusan dan 1 program studi yaitu Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Agribisnis dan Ekonomi Sumberdaya Lingkungan serta satu program studi yaitu Ekonomi Islam.

2. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Airlangga saat ini memiliki empat jurusan Ekonomi dan Bisnis yakni Akuntansi, Ekonomika, Ekonomi Islam dan tentunya Jurusan Manajemen Bisnis. Di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, program studi Sarjana Manajemen FEB-UNAIR telah mengedepankan ilmu manajemen dan juga kewirausahaan dalam melaksanakan proses pengajaran.

3. Universitas Gadjah Mada

Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada sebelumnya bernama Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada yang berdiri pada tanggal 19 September 1955. Fakultas FEB memiliki tiga program studi yaitu Program Studi Akuntansi, Program Studi Ekonomi dan Program Studi Program Studi Manajemen.

Baca Juga: Rekomendasi 21 Jurusan Kuliah Untuk Anak Ipa Serta Prospek Kerjanya

4. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis ITB didirikan pada Desember 2003 dan saat ini diakui oleh majalah SWA sebagai program MBA terbaik di Indonesia. Dikutip dari sbm.itb.ac.id, Dengan capaian tersebut, ITB saat ini memiliki masa studi yang relatif singkat yaitu 3 tahun (2 tahun di ITB dan 1 tahun di kampus mitra).

5. Universitas Indonesia (UI)

Dikutip dari old.ui.ac.id, Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Indonesia berdiri pada tanggal 18 September 1950. FEB UI memiliki empat program studi yaitu manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen operasi dan manajemen sumber daya manusia dan organisasi . Universitas Indonesia merupakan universitas negeri dengan jurusan manajemen terbaik karena FEB UI memiliki fokus menyelenggarakan pendidikan di bidang manajemen, sehingga terbukti menghasilkan lulusan terbaik di bidang manajemen.

6. Universitas Negeri Sebelas Maret

Jurusan Manajemen UNS memiliki keunggulan antara lain Entrepreneurship, Managerial Simulation Practice, Global Marketing Strategy, International Financial Management dan International Resource Management

7. Institut Teknologi 10 November

Universitas dengan jurusan manajemen terbaik di Indonesia adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kampus yang berlokasi di Jawa Timur ini menawarkan 4 fokus mendalam di jurusan Manajemen yaitu Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Sumber Daya Manusia.

Rekomendasi 21 Jurusan Kuliah Untuk Anak Ipa Serta Prospek Kerjanya

Jurusan Kuliah Untuk Anak Ipa – Saat melanjutkan pendidikan tinggi, selain harus memilih kampus yang tepat, Anda juga perlu memilih jurusan sains yang tidak kalah sesuai. Lulusan dari jurusan IPA memang memiliki kesempatan untuk memilih lebih banyak jurusan di perguruan tinggi. Tidak hanya bisa masuk jurusan khusus lulusan IPA, kamu juga bisa masuk jurusan IPS.

Ini kemudian memberikan opsi yang lebih kompleks. Di satu sisi akan menyenangkan, karena bisa membuka peluang masuk jurusan yang tepat. Baik itu sesuai dengan minat dan bakat maupun sesuai dengan kondisi ekonomi.

Namun, di sisi lain, banyaknya pilihan jurusan yang bisa diambil juga membuat kepala pusing. Perlu dilakukan penyaringan terhadap masing-masing jurusan yang memiliki potensi terbesar dan tentunya mengutamakan jurusan yang prospeknya terjamin kedepannya.

Pilihan Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Anak Ipa

Agar tidak bingung lagi, Anda perlu mengetahui berbagai pilihan jurusan sains terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa menemukan jurusan yang sesuai dengan hati atau impian karir Anda sejak kecil. Berikut adalah beberapa opsi utama ini:

1. Pendidikan Kedokteran

Sejak kecil, apakah Anda bercita-cita menjadi seorang dokter dan menjadi penyelamat bagi banyak orang? Jadi setelah lulus SMA, kalian yang jurusan IPA bisa memilih jurusan pendidikan kedokteran. Setelah lulus Anda akan mendapatkan gelar doktor dan dapat praktek baik di rumah maupun di rumah sakit.

Pendidikan kedokteran pada umumnya mempelajari dua hal. pelajari dulu penyakitnya dan cara mengobati serta menyembuhkannya. Kedua, belajar tentang cara menjaga kesehatan. Kuliah di jurusan ini memang membutuhkan dompet yang tebal.

Namun, setelah lulus Anda bisa mendapatkan penghasilan besar untuk layanan yang membantu banyak pasien sembuh dari penyakitnya. Selain itu bisa menjadi penyelamat bagi banyak orang. Setelah lulus, Anda juga dapat melanjutkan pendidikan Anda sebagai dokter spesialis sehingga Anda dapat mempelajari penyakit dan pengobatan tertentu.

2. Farmasi

Masih berkaitan dengan dunia kesehatan, pilihan kedua untuk daftar jurusan sains adalah farmasi. Departemen ini mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan kedokteran dan ilmu pendukungnya. Lulusan farmasi akan memiliki keahlian untuk menciptakan obat yang memenuhi standar mutu dan kelayakan.

Jurusan ini juga dikenal mahal, apalagi untuk jurusan profesi yang akan membantu Anda menjadi apoteker atau apoteker. Setelah lulus, Anda bisa bekerja di berbagai apotek, termasuk mendirikan apotek sendiri. Selain itu, Anda bisa menjadi apoteker atau penanggung jawab APJ di industri obat, makanan dan minuman.

3. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Dunia kesehatan memang dekat dengan lulusan ilmu, pindah ke perguruan tinggi selanjutnya jurusannya masih di bidang ini. Yakni departemen kesehatan dan keselamatan kerja yang mempelajari berbagai bahaya dan risiko di lingkungan tempat kerja. Setelah lulus, Anda dapat mengejar profesi sebagai spesialis kesehatan dan keselamatan kerja.

4. Ilmu Gizi

Penasaran dengan alasan mengapa manusia dan makhluk hidup lainnya perlu makan secara teratur? Anda dapat menemukan jawabannya dengan masuk ke jurusan ilmu gizi. Kursus ini membantu Anda belajar tentang keterkaitan gizi dengan kesehatan manusia, pertumbuhan, produktivitas dan kualitas.

Sehingga di jurusan ini Anda bisa lebih pintar dalam mengetahui bahan makanan yang sehat dan tepat. Baik untuk anak-anak, remaja maupun dewasa. Termasuk juga menu makanan untuk orang sehat dan sakit agar cepat sembuh. Setelah lulus Anda bisa menjadi ahli gizi, ahli gizi dan praktisi keluarga.

5. Astronomi

Apalagi bagi Anda yang menyukai hal-hal yang berbau benda langit, maka salah satu pilihan jurusan sains yang bisa Anda ambil adalah astronomi. Jurusan ini mempelajari fisika secara khusus terkait dengan benda-benda di langit dan luar angkasa.

Jurusan astronomi juga dikenal terbagi menjadi tiga spesialisasi, mulai dari ahli tata surya, kacamata bintang dan galaksi, dan juga kosmologi. Setelah lulus, Anda bisa menekuni profesi sesuai bidang keahlian pilihan Anda. Misalnya menjadi astronom, penjelajah atmosfer, penjelajah angkasa, dan sebagainya.

6. Teknologi Pangan

Rekomendasi jurusan sains yang sangat menarik selanjutnya adalah jurusan teknologi pangan. Anda mungkin berpikir bahwa jurusan ini sama dengan nutrisi. Namun keduanya berbeda karena nutrisi mempelajari hubungan antara makanan dengan kesehatan dan pertumbuhan.

Selama di departemen teknologi pangan, Anda akan mempelajari proses produksi pangan. Jadi Anda akan mempelajari komponen kimia dan biologi dalam makanan. Setelah dinyatakan lulus, mereka bisa menekuni profesi Quality Control, peneliti bahan pangan, dan ahli teknologi pangan.

7. Bioteknologi

Berikutnya adalah jurusan bioteknologi yang merupakan cabang dari jurusan biologi. Melalui jurusan ini, Anda akan belajar tentang penggunaan makhluk hidup secara lebih luas. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan manusia dan untuk keperluan lainnya.

Departemen ini dikenal sebagai departemen yang mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir, karena berpotensi menghasilkan produk yang bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya, produk pembakaran dan rekayasa genetika. Setelah lulus, Anda bisa menjadi ahli biomedis, teknisi dan peneliti pembangkit biomassa.

8. Statistik

Pilihan jurusan sains yang menarik adalah jurusan statistika. Departemen ini akan mempelajari proses pengolahan data, pengumpulan, analisis, dan penyajian data. Pengetahuan dalam statistik akan berguna untuk membantu membuat keputusan.

Kursus ini sangat cocok untuk lulusan sains yang menyukai matematika dan bermain dengan logika. pengakuannya dikenal sebagai jurusan kuliah yang rumit atau sulit, namun peminatnya banyak. Setelah lulus, Anda akan berkesempatan menjadi ahli statistik, aktuaris, peneliti survei, dan sebagainya.

Baca Juga: Inilah Pengertian Dan Jenis Konjungsi Temporal dan Contoh Kalimatnya

9. Biokimia

Pilihan berikutnya adalah departemen biokimia yang mempelajari peran berbagai molekul dalam reaksi kimia dan proses pembentukan makhluk hidup. Ilmu yang dipelajari di jurusan ini cukup luas karena tidak hanya mempelajari proses dalam tubuh manusia tetapi juga proses dalam organisme lain.

Memasuki jurusan ini akan memperdalam materi pelajaran biologi dan kimia. Jadi, jika semasa SMA kalian menyukai keduanya maka sangat cocok untuk kalian mengambil jurusan biokimia. Setelah lulus, mereka bisa menekuni profesi sebagai ahli biologi dan molekul, peneliti bioinformatika, ahli biokimia, ahli biofisika, dan lain-lain.

10. Teknik Lingkungan

Pilihan jurusan IPA selanjutnya adalah jurusan teknik lingkungan. Departemen ini akan belajar tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan menggunakan teknik dan teknologi. Kursus ini sangat ideal bagi mereka yang tertarik pada biologi dan kimia. Setelah lulus, Anda bisa menjadi ahli ekologi industri, konsultan lingkungan, dan lainnya.

11. Akuakultur

Rekomendasi selanjutnya adalah jurusan akuakultur yang disebut juga jurusan akuakultur. Karena di jurusan ini kamu akan belajar tentang cara memelihara, membiakkan, dan membiakkan biota laut dan air tawar. Lulusan bisa menjadi ahli perlindungan, ahli peternakan, ahli konservasi tanah, dan lain-lain.

12. Agroekoteknologi

Pilihan lain bagi mereka yang menyukai biologi adalah mengambil jurusan agroekoteknologi. Jurusan ini mungkin masih terdengar asing, karena terbilang masih baru. Ini adalah program studi gabungan agronomi, ilmu tanah, ilmu hama, dan penyakit tanaman. Jurusan ini dapat ditemukan di Fakultas Pertanian.

Melalui jurusan ini, Anda bisa menjadi ahli dalam memecahkan berbagai masalah di lingkungan pertanian. Selain itu, kamu bisa menambah pengetahuan tentang tanah, air, tumbuhan, dan lain sebagainya. Lulusan dapat menjadi manajer pertanian dan perangkap, termasuk manajer pembibitan dan rumah kaca.

13. Teknik Pertanian

Pernah mendengar tentang mesin teknik pertanian yang besar? Jurusan ini tersedia di berbagai universitas di Indonesia dan masuk dalam daftar jurusan sains yang menarik untuk disetujui. Sesuai dengan namanya, jurusan ini mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan pertanian dan penerapan teknologi di dalamnya.

Sehingga dapat menyediakan makanan atau produk pertanian yang berkualitas dan lebih bervariasi. Tujuan munculnya departemen ini adalah untuk meningkatkan swasembada pangan dan kesejahteraan rakyat. Setelah lulus, Anda bisa menjadi ahli di bidang teknik pertanian, penelitian tanah dan tanaman, dan lain sebagainya.

14. Arsitektur

Khusus bagi mereka yang memiliki kecenderungan desain dunia yang disukai, bisa masuk jurusan arsitektur. Jurusan ini tidak hanya direkomendasikan untuk lulusan IPS tetapi juga untuk lulusan IPA. Nanti kita akan belajar tentang segala hal tentang proses mendesain bangunan dan mendesain konstruksinya.

Jurusan ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang menyukai matematika dan seni budaya. Karena dibutuhkan skill dari kedua mata pelajaran tersebut untuk menjadi calon arsitek yang mumpuni. Setelah lulus, Anda bisa menjadi arsitek profesional, manajer konstruksi, desainer interior, dan sebagainya.

15. Kehutanan

Tertarik dengan semua hal tentang hutan? Kemudian salah satu rekomendasi jurusan IPA yang bisa dipilih adalah jurusan dasar. Jurusan ini membantu mempelajari semua hal tentang hutan. Mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, hewan, dan sebagainya. Lulusan bisa menjadi konsultan lingkungan, pelestari hutan, dan lain-lain.

16. Teknik Industri

Selanjutnya ada jurusan teknik industri yang mempelajari proses industri mulai dari manajemen industri hingga hal-hal yang berkaitan dengan teknik mesin. Jurusan ini sendiri dikenal sebagai turunan dari jurusan teknik mesin. Lulusan bisa menjadi ahli teknik industri, insinyur manufaktur, dan lain-lain.

17. Oseanografi

Jika Anda selalu menyukai fisika dan matematika, Anda dapat mempertimbangkan mengambil jurusan oseanografi. Jurusan ini mempelajari semua fenomena laut dan kemudian mengaplikasikannya ke berbagai bidang. Jadi pada dasarnya fenomena laut dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Misalnya untuk diterapkan pada penanganan bencana maritim, lingkungan, teknik, perikanan, dan sebagainya. Jurusan ini sangat tepat untuk dipertimbangkan juga bagi pecinta laut. Lulusan dapat masalah, memahami ilmu atmosfer, ilmu bumi, ilmu kesulitan, dan lain-lain.

18. Planologi

Pilihan jurusan sains lainnya yang menarik adalah perencanaan atau jurusan teknik perencanaan wilayah dan kota. Sekilas nama jurusan ini terdengar sama dengan jurusan arsitektur lansekap. Meski sama-sama mempelajari teknik perencanaan kota.

Namun, arsitektur lebih menitikberatkan pada aspek estetika sehingga tidak hanya menata kota menjadi baik dan bermanfaat tetapi juga enak dipandang. Sedangkan di bidang perencanaan lebih condong memperhatikan aspek sosial, ekonomi dan politik. Setelah lulus, Anda bisa menjadi perencana kota dan bangunan atau surveyor bangunan.

19. Teknik Pertambangan

Cabang teknik lain yang ideal untuk dipilih oleh lulusan sains adalah jurusan teknik pertambangan. Sesuai dengan namanya, jurusan ini akan mempelajari ilmu pertambangan. Fokus utamanya adalah ilmu eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam. Lulusan bisa menjadi ahli pertambangan, ahli pengeboran tanah, ahli teknik energi, dan lain-lain.

20. Teknik Listrik

Pilihan jurusan IPA selanjutnya bagi peminat fisika adalah teknik elektro. Jurusan ini mempelajari sifat-sifat elektron yang lebih dikenal dengan listrik. Sehingga Anda dapat memahami listrik dan menaklukkannya dengan baik.

Cakupan jurusan ini juga cukup luas, mulai dari sumber listrik hingga elektronika. Setelah lulus, Anda bisa menekuni profesi sebagai roboticist, electronics engineer, dan sebagainya.

21. Teknik Penerbangan

Memiliki minat dalam dunia dirgantara? Kemudian Anda bisa masuk ke jurusan teknik penerbangan, yang juga dikenal sebagai aeronautika dan astronautika. Jurusan ini membantu siswa belajar tentang desain, pembuatan, dan pengoperasian pesawat terbang.

Teknik penerbangan akan fokus mempelajari teknik pesawat terbang. Tidak mungkin setelah lulus Anda bisa membuat pesawat sendiri. Profesi yang bisa ditekuni setelah lulus adalah ahli dirgantara, teknisi penerbangan, teknisi servis pesawat, dan sebagainya.

Inilah Pengertian Dan Jenis Konjungsi Temporal dan Contoh Kalimatnya

Konjungsi Temporal – Konjungsi adalah kata yang menghubungkan satuan bahasa yang setara, seperti kata ke kata, frasa ke frasa, dan klausa ke klausa.

Dalam bahasa Indonesia, konjungsi didefinisikan berdasarkan satuan bahasa yang disambungkan dan perlakuan semantik atau fungsi maknanya. Salah satu jenis konjungsi adalah konjungsi temporal.

Dikutip dari buku Procedure Text and Exposition Text (2022) karya Arnia Aulia, konjungsi waktu adalah konjungsi yang menunjukkan kapan suatu peristiwa terjadi. Konjungsi temporal termasuk dalam konjungsi subordinatif.

Salah satu contohnya adalah kata “terakhir” adalah konjungsi sementara.

Jenis konjungsi temporal

Ada dua jenis konjungsi temporal, yaitu sama dan tidak sama. Berikut penjelasannya:

Konjungsi Temporal Sederajat

Seperti dikutip dari buku Tata Bahasa Indonesia Praktis (2011) Abdul Chaer mengatakan bahwa konjungsi padanan waktu hanya diletakkan di tengah kalimat, karena konjungsi tersebut menghubungkan kalimat majemuk yang sederajat.

Konjungsi waktu ekuivalen digunakan untuk menghubungkan dua kalimat yang menyatakan bahwa tindakan pada klausa pertama terjadi pada waktu yang dinyatakan pada klausa kedua.

Baca juga: 8 Daftar Universitas Jurusan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Terbaik Di Indonesia

Contoh konjungsi waktu yang setara adalah kemudian, lalu, selanjutnya, setelah, dan seterusnya.

Konjungsi Temporal Sederajat

Konjungsi temporal yang tidak sama adalah konjungsi yang menghubungkan kalimat majemuk dengan posisi bertingkat.

Konjungsi temporal yang tidak sama dapat ditempatkan di mana saja, baik di awal kalimat, di akhir, atau di tengah.

Contoh konjungsi waktu yang berbeda adalah semenjak, selama, terakhir, tatkala, sementara, sejak, sampai, jika, sementara, dan seterusnya.

Contoh konjungsi temporal

Untuk memudahkan dalam mempelajari temporal conjunction, berikut adalah contoh kalimatnya yaitu:

  • Kami sampai di rumah sebelum matahari terbenam
  • Hujan masih terus turun hingga akhir Juni
  • Nia sudah menunggu undangan sejak siang.
  • Saat bulan bersinar di malam hari, saya berdoa agar dia kembali ke rumah dengan selamat
  • Tatkala masih sekolah, Rendi dikenal pintar dan santun kepada orang yang lebih tua
  • Masak nasi dengan air secukupnya, setelah matang pindahkan nasi ke piring.

 

8 Daftar Universitas Jurusan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Terbaik Di Indonesia

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan – Bagi Anda yang berminat menekuni profesi sebagai pengajar atau instruktur, Anda harus bijak dalam memilih jurusan di perguruan tinggi nanti.

Pilihan jurusan yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi guru atau tutor di masa depan adalah Jurusan Pendidikan.

Pada kesempatan kali ini, Bappedaniasbaratkab akan memberikan review terbaru terkait pemilihan kampus atau universitas dengan Dinas Pendidikan.

Daftar Kampus Pilihan dengan Jurusan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Berikut Bappedaniasbaratkab lampirkan beberapa pilihan perguruan tinggi yang memiliki jurusan pendidikan yang bisa Anda pertimbangkan salah satunya nanti.

1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas pertama yang masuk dalam rekomendasi Bappedaniasbaratkab adalah UPI atau kepanjangan dari Universitas Pendidikan Indonesia. Dari namanya saja sudah bisa disimpulkan bahwa kampus ini memiliki Jurusan Pendidikan.

Kampus ini terletak Jl. Setiabudi Nomor 229, Isola, Kecamatan Sukasari, Bandung, Jawa Barat yang berdiri tahun 54. Hingga saat ini kampus UPI memiliki 8 fakultas dan 20 jurusan yang berada di bawah naungannya.

Salah satu favorit utama di UPI tentu saja Fakultas Ilmu Pendidikan. Kampus UPI juga telah terakreditasi A dari BAN-PT, sehingga menjadi salah satu kampus yang diinginkan calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya.

2.Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Selanjutnya ada UNY atau Universitas Negeri Yogyakarta yang direkomendasikan oleh Bappedaniasbaratkab sebagai kampus yang memiliki jurusan Ilmu Pendidikan. Lokasi kampus ini berada di kawasan Caturtunggal, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Kampus ini memiliki 9 fakultas dengan 102 jurusan di bawah naungannya. UNY juga merupakan salah satu kampus yang sudah memiliki predikat akreditasi A oleh BAN-PT.

Bagi Anda yang berminat dengan Jurusan Pendidikan, Anda bisa memilih kampus ini.

Predikat kampus terbaik dengan jurusan yang sangat kamu dambakan tentu menjadi alasan yang tepat untuk memilih UNY sebagai universitas tujuanmu.

3. Universitas Negeri Malang UM

Lebih lanjut, Bappedaniasbaratkab merekomendasikan Universitas Negeri Malang atau yang juga dikenal dengan UM jika berminat memilih jurusan Ilmu Pendidikan nantinya.

Kampus ini masuk dalam daftar kampus terbaik Kementerian Riset dan Teknologi yang memiliki jurusan pendidikan terbaik di Indonesia.

Di lokasi yang terletak di Jl. Semarang No.5, Sumbersari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur memiliki total 8 fakultas dan lebih dari 100 program studi.

4.Universitas Negeri Surabaya

Masih di Jawa Timur selanjutnya adalah Universitas Negeri Surabaya yang dikenal dengan UNESA yang direkomendasikan oleh Bappedaniasbaratkab pada kesempatan ini.

UNESA adalah salah satu universitas yang memiliki jurusan Pendidikan terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Di kampus ini terdapat 7 fakultas dan lebih dari 50 pilihan program studi.

Selain jurusan di bidang Pendidikan, kampus UNESA juga menyediakan beberapa jurusan non kependidikan yang juga bisa kamu pertimbangkan.

Informasi lengkap tentang jurusan yang kamu tuju di UNESA bisa kamu cek dengan mengunjungi website resmi kampus di unesa.ac.id.

Baca Juga: Apa itu Kampus Merdeka? Inilah Penjelasan Dan Informasi Lengkapnya

5. Universitas Negeri Medan

Menurut daftar rekomendasi versi Bappedaniasbaratkab untuk kampus yang memiliki jurusan pendidikan, terdapat Universitas Negeri Medan atau dikenal dengan UNIMED dan berlokasi di Deli Serdang, Kota Medan.

Sebagai informasi tambahan, kampus ini awalnya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Medan sebelum berubah menjadi UNIMED.

Sebagai salah satu kampus yang memiliki jurusan pendidikan, UNIMED masuk dalam jajaran kampus terbaik.

Tidak hanya itu. Kampus UNIMED yang berbasis sebagai teaching university juga menawarkan beberapa program studi pendidikan lainnya yakni Antropologi, Bisnis Digital, hingga Kewirausahaan.

6. Universitas Negeri Jakarta

UNJ yang merupakan singkatan dari Universitas Negeri Jakarta merupakan kampus yang masuk dalam rekomendasi Bappedaniasbaratkab kali ini. Kampus yang berlokasi di Rawamangun, Jakarta Timur, DKI Jakarta ini berdiri sejak tahun 64.

Selain program sarjana, kampus UNJ juga menyediakan soft program. Bahkan di kampus UNJ juga ada Program Profesi yang bisa kamu pertimbangkan.

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) saat ini memiliki 8 fakultas untuk program sarjana dan lebih dari 10 program studi.

Jika kamu tertarik dengan jurusan Pendidikan, jangan tunda lagi untuk mengetahui informasi lebih lanjut di website resmi unj.ac.id.

7. Universitas Muhammadiyah Malang

Masih dalam pilihan kampus yang memiliki jurusan Ilmu Pendidikan yang bisa kamu pertimbangkan, ada Universitas Muhammadiyah Malang yang akrab disapa UMM.

UMM merupakan salah satu universitas yang memiliki jurusan pendidikan terbaik yang bisa anda pilih jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Meski UMM merupakan kampus swasta, universitas ini cukup populer di Indonesia. Jika melihat bidang pendidikan, kampus UMM menawarkan pilihan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang menaungi 6 pilihan program studi.

Sehingga pemilihan UMM sebagai kampus untuk melanjutkan pendidikan juga bisa dipertimbangkan mulai saat ini. Jika ingin tahu apa-apa tentang kampus UMM dan pilihan program studinya, bisa klik link umm.ac.id ini.

8. Universitas Negeri Semarang

Masih dalam rangkaian rekomendasi jurusan pendidikan, ada Universitas Negeri Semarang atau yang dikenal dengan Unnes. Lokasi kampus ini berada di Sekaran, Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah.

Kampus ini memiliki jurusan pendidikan terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Memiliki warna jas almamater yang sama dengan Universitas Indonesia, kualitas UNNES tak kalah terbaik dan populer di Pulau Jawa.

Apa itu Kampus Merdeka? Inilah Penjelasan Dan Informasi Lengkapnya

Apa itu Kampus Merdeka – Anda mungkin sering mendengar istilah Kampus Merdeka belakangan ini. Konsep kampus mandiri saat ini sedang didengungkan di dunia pendidikan Indonesia. Konsep ini dianggap sebagai revolusi pembelajaran dalam dunia pendidikan Indonesia, khususnya pendidikan tinggi.

Konsep ini akan diwujudkan dalam sebuah program bernama Merdeka Belajar – Kampus Merdeka atau sering disingkat MBKM. Pelaksanaan program ini sesuai bersama Permendikbud nomor 3 Tahun 2020 mengenai bersama Standar Nasional Pendidikan Tinggi .

Tujuan program MBKM adalah untuk memaksimalkan pengalaman dan kapabilitas mahasiswa sebelum akan memasuki dunia kerja. Dengan berbagai mekanisme yang telah diatur melalui kerjasama kampus dengan pemilik usaha.

Kenali istilah Kampus Merdeka

Kampus mandiri merupakan konsep dari program MBKM dan merupakan bagian dari kebijakan Kemendikbud. Tujuan luas dari program ini adalah untuk mendorong siswa untuk memperluas keterampilan dan pengetahuan mereka.

Terutama dalam hal keterampilan dan pengetahuan yang berhubungan langsung dengan dunia kerja. Sebagai bekal bagi mahasiswa ketika lulus nanti. Dengan program ini, setiap siswa akan mendapatkan tantangan baru sekaligus peluang untuk pengembangan diri.

Baik dari aspek kreativitas, kepribadian, kapasitas, kemampuan, hingga kemandirian dalam mencari dan menemukan ilmu. Semuanya diperoleh berdasarkan pengalaman langsung di lapangan dan dunia kerja. Dengan begitu, siswa memiliki pengalaman menghadapi realita yang sebenarnya.

Mekanisme Program MBKM

Tidak dapat dipungkiri bahwa program MBKM sangat diminati oleh mahasiswa. Untuk mengelola program ini dan menyeimbangkannya dengan kewajiban kursus siswa. Program MBKM sudah diatur sedemikian rupa.

Setiap mahasiswa memiliki kesempatan selama 1 semester atau setara dengan 20 sks. Selama 1 semester, mahasiswa tidak ikut belajar di didalam kelas melainkan di luar kelas .

Baca Juga: 10 Daftar Universitas Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia 2023

Pembelajaran dan bidang yang diambil dapat berada di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama. Jika mahasiswa ingin mengambil program yang sama, waktu untuk menjalankan program ini dapat diperpanjang selama 2 semester atau setara dengan 40 sks.

Manfaat Program MBKM Bagi Mahasiswa

Setiap siswa dapat mengikuti program MBKM dan mendapatkan berbagai keuntungan. Berikut berbagai manfaat program kampus mandiri yang bisa didapatkan mahasiswa.

1. Perkuliahan Menjadi Lebih Fleksibel

Seperti diungkapkan Kemendikbud, tujuan utama dari program ini adalah agar siswa lebih leluasa bergerak dalam menimba ilmu. Dengan begitu, mahasiswa dapat lebih mengenali perannya sebagai mahasiswa sekaligus sebagai agen perubahan.

2. Mempersiapkan Mahasiswa Menghadapi Dunia Kerja

Tentunya dengan pengalaman selama mengikuti program ini. Mahasiswa lebih siap menghadapi dunia kerja. Karena mahasiswa harus berhadapan langsung dengan dunia kerja dan permasalahan di lapangan secara langsung.

Baca Juga: 10 Daftar Universitas Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia 2023

3. Memperluas Jaringan Di Luar Kampus

Dengan program-program tersebut, mahasiswa dapat memperluas jaringannya. Tidak terbatas pada lingkungan sekitar kampus saja. Namun juga mengembangkan jaringannya pada luar kampus atau universitas. Dengan begitu, banyak peluang bagi siswa untuk berkolaborasi .

4. Eksplorasi di Area Pengetahuan Lain

Mahasiswa bebas mengambil alih program sesuai program studinya atau tidak. Dengan demikian, siswa mampu lebih leluasa didalam mengeksplorasi minat dan pengalaman yang ingin diperolehnya .

Demikian penjelasan tentang konsep kampus mandiri dan program-programnya. Mahasiswa harus memanfaatkan program ini sebaik-baiknya. Agar mendapatkan lebih banyak pengalaman untuk menghadapi dunia kerja.

10 Daftar Universitas Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia 2023

Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia – Jurusan Kedokteran di suatu kampus merupakan jurusan yang paling diminati dibandingkan jurusan lainnya. Tak heran jika mahasiswa yang bisa menembus seleksi masuk jurusan kedokteran akan merasa bangga. Kedua orang tua juga akan merasa senang karena anak dapat berkontribusi dalam bidang Kesehatan.

Jika Anda tertarik untuk masuk dan menjalani mata kuliah kesehatan, berikut adalah 10 jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia yang bisa menjadi referensi.

Universitas Kedokteran Terbaik di Indonesia

Sebenarnya, universitas terbaik di Indonesia yang menawarkan jurusan kedokteran bisa kamu pilih. Namun, masih ada perguruan tinggi yang memiliki jurusan pendidikan kedokteran lain sebagai alternatif jika tidak dapat diterima di kampus kedokteran terbaik.

1. Universitas Airlangga

Bersiaplah untuk menjalani ujian masuk yang cukup ketat jika Anda tertarik untuk masuk ke Jurusan Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya.

Kampus yang telah mendapatkan akreditasi pada tahun 2018 ini menyediakan kapasitas sebanyak 100 kursi dalam seleksi SBMPTN Jurusan Kedokteran.

Tentunya kualitas lulusan Universitas Airlangga jurusan kedokteran niscaya akan memperketat persaingan.

2. Universitas Diponegoro

Melanjutkan pendidikan kedokteran di Semarang menjadi pilihan tepat bagi Anda yang berasal dari Jawa Tengah dan sekitarnya.

Fakultas Kedokteran UNDIP telah memperoleh akreditasi ban-PT pada tahun 2017. Mahasiswa jurusan pendidikan kedokteran di UNDIP tidak hanya mendapatkan bekal teori, tetapi juga berkesempatan untuk berpraktik di rumah sakit berskala nasional milik kampus.

3. Universitas Sebelas Maret

Kampus ternama di kota Solo ini memiliki Jurusan Kedokteran yang alumninya telah sukses dan tersebar di seluruh Indonesia.

Jika ingin menjadi dokter profesional, Anda bisa langsung mendaftarkan jurusan tersebut di Fakultas Kedokteran UNS.

Tenang saja, Fakultas Kedokteran UNS telah memperoleh akreditasi A. Di fakultas tersebut juga terdapat Jurusan psikologi teknik yang perlu dipertimbangkan jika Anda tertarik untuk menjadi psikolog.

4. Universitas Brawijaya

Anda bisa mendapatkan gelar kedokteran di Malang dengan mendaftar di Universitas Brawijaya.

Kampus ini telah menempati peringkat teratas dalam kategori pelamar terbanyak pada saat seleksi SBMPTN tahun 2019.

Bisa dibayangkan betapa ketatnya persaingan untuk bisa lolos Jurusan Kedokteran di kampus khususnya Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya telah mendapatkan akreditasi A.

5. Universitas Gadjah Mada

Kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini sebenarnya merupakan salah satu dari tiga kampus terbaik di Indonesia, termasuk Jurusan Kedokteran.

Sejak tahun 2014, Departemen Ilmu Kedokteran UGM memiliki akreditasi A. Manfaat kuliah di UGM jurusan kedokteran sangat beragam, salah satunya adalah mendapatkan biaya hidup yang rendah di kota pelajar.

Anda juga dapat menyelidiki biaya kuliah yang mahal di departemen medis dengan mencari peluang beasiswa.

Baca Juga: Pengertian Tesis Dan Memahami Ciri Ciri Serta Cara Penulisan Yang Benar

6. Universitas Indonesia

Jurusan Kedokteran ditawarkan di kampus tertua di Indonesia yang berlokasi di Jakarta. Jika Anda ingin masuk ke jurusan kedokteran UI, sebaiknya mulai mencari tahu cara masuk yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Ada banyak jalur yang ditawarkan agar bisa diterima sebagai mahasiswa kedokteran UI. Karena sudah memiliki akreditasi A, lulusan jurusan kedokteran UI tidak perlu ragu.

7. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Jika ingin melanjutkan studi di Jurusan Kedokteran di Makassar, Universitas Hasanuddin menjadi pilihan yang paling tepat.

Kampus ini sudah menyandang predikat A di Jurusan Kedokteran. Oleh karena itu, persaingan untuk diterima sebagai salah satu mahasiswa kedokteran Unhas cukup ketat.

Selain itu, Jurusan Kedokteran di Unhas juga menjadi salah satu jurusan favorit yang banyak diminati selama SBMPTN 2019.

8. Universitas Mataram

Kamu yang berada di pulau Lombok bisa mencoba masuk Jurusan Kedokteran di Universitas Mataram atau Unram. Perguruan tinggi tersebut sudah memiliki akreditasi untuk jurusan tersebut pada tahun 2017.

Selain bisa mendapatkan materi perkuliahan dari dosen ahli, di Universitas Mataram Anda akan menjalani serangkaian kegiatan praktik agar lebih kompeten setelah lulus dari kampus.

9. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Kampus di Bandung cukup banyak peminatnya, tak terkecuali Universitas Padjadjaran.

Persaingan untuk diterima di Jurusan kedokteran yang telah terakreditasi A di UNPAD cukup ketat.

Departemen Kedokteran di UNPAD memiliki banyak pelamar, mirip dengan Departemen Manajemen yang jumlah pendaftar mencapai ribuan orang setiap tahunnya.

10. Universitas Udayana

Kampus di Bali yang menawarkan jurusan kedokteran adalah Universitas Udayana. Jurusan tersebut harus sudah mendapatkan akreditasi yang selanjutnya akan memudahkan karir Anda setelah lulus.

Selain bisa kuliah di kampus favorit di pulau Dewata, kamu juga bisa lebih sering menyaksikan pemandangan alam di Bali yang terkenal dengan keindahannya.

Perjuangan untuk masuk ke sekolah kedokteran tidaklah mudah. Bahkan, bagi sebagian orang, ujian masuk membutuhkan waktu berkali-kali untuk akhirnya berhasil.

Pengertian Tesis Dan Memahami Ciri Ciri Serta Cara Penulisan Yang Benar

Pengertian Tesis – Pengertian skripsi merupakan karya ilmiah yang dilandasi berbagai macam argumen ilmiah. Biasanya skripsi ditulis dalam bentuk karya ilmiah sesuai aturan yang berlaku sebagai syarat menyelesaikan program pendidikan magister (S-2). Setelah ujian skripsi, nantinya penulis akan mendapatkan gelar yang sesuai dengan bidang yang ia kejar.

Sedangkan pemeriksaan skripsi mencakup beberapa aspek, seperti struktur kajian, kedalaman dan kekuatan kajian pustaka, metode penelitian, implikasi teoritis, hingga keakuratan kata-kata yang telah ditulis. Sesi skripsi juga dimaksudkan untuk mengukur pencapaian kompetensi Tingkat 8 dan menilai sejauh mana kemampuan tersebut saat menjelaskan hasil penelitian.

Pengertian skripsi merupakan sebuah karya ilmiah yang didalamnya terdapat penelitian dan analisis mendalam.

Pengertian Tesis

Tesis adalah karya ilmiah panjang yang digunakan untuk merangkum pengetahuan yang dipelajari dalam program magister. Setiap mahasiswa pascasarjana membutuhkan tesis untuk mencapai gelar S – 2 dengan menerapkan keterampilan parktis sebelum mencapai puncak.

Pemahaman skripsi juga menjadi bukti kemampuan akademik dalam penelitian dan pengembangan keilmuan di salah satu bidang keilmuan yang ditempuh. Tesis tersebut didasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar master.

Karakteristik Tesis

Seperti yang sudah diketahui, skripsi merupakan karya ilmiah dan tugas akhir untuk gelar Master (S-2). Karya ini ditulis secara individual, yang kemudian didasarkan pada hasil penelitian empiris untuk dijadikan bahan kajian akademik.

Tulisan ini memiliki peran penting sebagai bukti yang menggambarkan tingkat kemampuan mahasiswa dalam suatu bidang ilmu. Oleh karena itu, semakin baik hasil makalah, semakin baik pemahaman konstituennya di bidang Ilmu yang diteliti. Berikut ciri-ciri skripsi yang perlu diketahui antara lain:

  • Komponen utamanya meliputi pendahuluan, bagian inti, sampul, dan daftar pustaka.
  • Struktur penyajian karya ilmiah cukup ketat, penyusun harus mematuhi aturan yang ada.
  • Gunakan bahasa default.
  • Sikap penulis bersifat objektif atau disampaikan dalam gaya bahasa yang impersonal dan bentuk pasifnya.
  • Jenis tesis

Tesis Kualitatif

Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kualitatif merupakan tindakan yang didasarkan pada kualitas. Sementara itu, penelitian Kemdikbud menekankan sisi kualitas entitas.

Secara umum, tesis kualitatif adalah metode untuk menjelaskan dan menganalisis fenomena, peristiwa, dinamika, sikap sosial, keyakinan, dan persepsi seseorang atau sekelompok hal.

Tesis Kuantitatif

Tesis kuantitatif adalah penelitian yang membahas angka-angka yang dianalisis dengan teknik statistik untuk menganalisis hasilnya. Sedangkan pengertian metode penelitian kuantitatif menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Arikunto (2012)

Penelitian kuantitatif merupakan pendekatan penelitian yang menggunakan banyak angka, mulai dari pengumpulan data, interpretasi data yang diperoleh, dan pemaparan hasil.

Emzir (2009)

Penelitian kuantitatif merupakan pendekatan yang utamanya menggunakan metode postpositivis dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, seperti sebab-akibat, reduksi variabel, dan hipotesis. Who menggunakan strategi penelitian seperti survei dan eksperimen yang membutuhkan data statistik.

Baca Juga: 11 Daftar Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik Di Indonesia Terbaru

Cara Menulis Tesis

Cara menulis skripsi yang baik dan benar perlu diketahui oleh mahasiswa S-2. Untuk itu, sebelum membuat skripsi ada baiknya memahami tentang teknik penulisan skripsi yang baik. Berikut beberapa cara untuk membuat skripsi yang baik dan benar, antara lain:

Tentukan Ide

Cara membuat skripsi yang pertama adalah dengan menentukan ide skripsi terlebih dahulu. Carilah ide-ide di bidang sains yang paling Anda sukai agar lebih mudah memahami tesis yang dibuat. Selain itu, carilah referensi sebanyak-banyaknya dalam proses pembuatan skripsi.

Rumusan Masalah

Langkah selanjutnya adalah membuat tesis, yaitu merumuskan suatu masalah. Pastikan bahwa masalah yang Anda kemukakan adalah masalah yang telah Anda kuasai. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah memahami apa yang ingin Anda tulis.

Cari Referensi

Cara pembuatan skripsi selanjutnya adalah dengan mereview Bacaan yang dijadikan referensi skripsi. Hal ini perlu dilakukan karena penulis dituntut untuk memahami secara mendalam tesis yang telah dibuat.

Selain itu pendalaman materi juga bertujuan agar penulis tidak mengerjakan skripsi yang telah dibuat sebelumnya. Untuk itu, pastikan skripsi yang akan Anda buat adalah karya asli.

Buat Kerangka

Cara membuat skripsi selanjutnya adalah dengan membuat kerangka kerja. Tujuannya agar penulis dapat mengetahui kemana arah skripsi yang akan ditulis. Kerangka kerja ini sangat penting untuk dipersiapkan karena kerangka kerja ini dapat membuat skripsi menjadi lebih terstruktur dan rapi. Selain itu, nantinya pembimbing juga akan dapat lebih memahami skripsi yang Anda buat.

Tujuan Penulisan Skripsi

Tujuan dari sesi skripsi adalah untuk mengukur tingkat penguasaan dan akuntabilitas mahasiswa S-2 terhadap penelitiannya. Komponen penilaian tesis ini mencakup beberapa aspek yaitu orisinalitas, penggunaan bahasa baku, dan keakuratan sistem penulisan yang digunakan.

Sedangkan pemeriksaan skripsi sendiri terdiri dari dua tahap yaitu pemeriksaan kelayakan dan pemeriksaan akhir skripsi. Pemeriksaan kelayakan Skripsi dimaksudkan untuk menilai pencapaian kompetensi kkni tingkat 8. Sementara itu, ujian akhir untuk menilai seberapa jauh kemampuan mahasiswa S – 2 untuk mempertahankan hasil penelitiannya.

Biasanya Pemeriksa terdiri dari empat orang, termasuk seorang supervisor. Tes ini memakan waktu sekitar satu setengah jam. Batas waktu revisi atau koreksi skripsi ditetapkan pada akhir ujian.

11 Daftar Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik Di Indonesia Terbaru

Jurusan Teknik Informatika Terbaik Di Indonesia – Apakah Anda salah satu pecinta Teknik Informatika (IT). Tidak dapat dipungkiri bahwa Jurusan Teknik Informatika kini telah menjadi salah satu jurusan favorit di berbagai perguruan tinggi. Passing grade atau tingkat persaingan jurusan ini juga sangat tinggi, biasanya hanya kalah dari Jurusan Kedokteran.

Namun terkadang banyak calon mahasiswa yang masih bingung dalam memilih dan menentukan universitas mana yang harus dipilih. Nah pada artikel kali ini bappedaniasbaratkab.com akan mencoba membahas kampus tersebut dengan jurusan Teknik Informatika (IT) terbaik di Indonesia.

Daftar 11 Perguruan Tinggi Teknik Informatika (IT) Terbaik di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat Dunia: 501-600

Teknik Informatika dan Ilmu Komputer pada dasarnya adalah program yang sama. Di UI, Ilmu Komputer merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Komputer yang meliputi Jurusan Sistem Informasi. Program studi ini mengajarkan landasan keilmuan dan penerapan Teknologi Informasi dalam suatu organisasi, meliputi prinsip-prinsip sistem informasi, algoritma dan program, prinsip manajemen dan lain-lain.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Peringkat Dunia: 301-400

Jurusan teknik informatika ITB sudah berdiri sejak tahun 1982. Selain memiliki program sarjana, kampus ini juga memiliki program magister teknik informatika di bidang rekayasa perangkat lunak.

3. Universitas Gadjah Mada

Peringkat Dunia: 401-600

Di Universitas Gadjah Mada, nama jurusan tersebut adalah Teknologi Informasi, Fakultas Teknik. Program studi ini telah terakreditasi secara nasional (A) dan internasional ABET (Badan Akreditasi Teknik dan Teknologi) dan IABEE (Badan Akreditasi Pendidikan Teknik Indonesia).

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Peringkat Dunia: 601-800

ITS telah melakukan perkuliahan di bidang ilmu komputer sejak tahun 1985. Saat ini, teknik informatika di ITS terakreditasi A dari BAN-PT. Selain level S1, ITS memiliki level S2 dan S3 di bidang ini.

Baca Juga: Daftar Jurusan Kampus Teknik UNHAS Gowa Dan Fakultas Lengkap

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Peringkat Dunia: 501-600

Jurusan Teknik Informatika UNS masuk Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam. Berdiri sejak tahun 2007, jurusan ini telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

6. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Peringkat Dunia: 801+

BINUS juga memiliki program studi teknik informatika dengan akreditasi A dari BAN-PT. Perguruan tinggi ini menawarkan kursus online untuk mahasiswanya.

7. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Peringkat Dunia: 801+

Teknik informatika terbaik di Indonesia tengah adalah di Universitas Hasanuddin, Makassar. Dengan akreditasi unggul dari BAN-PT, teknik informatika menjadi salah satu jurusan favorit di kampus ini.

8. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Peringkat Dunia: 601-800

Jurusan Teknik Informatika UNS masuk Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam. Berdiri sejak tahun 2007, jurusan ini telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

9. Universitas Islam Indonesia (UII)

Peringkat Dunia: 801+

Kampus yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta ini juga memiliki jurusan teknik informatika terbaik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan akreditasi A dari BAN-PT.

10. Universitas Negeri Padang (UNP)

Peringkat Dunia: 801+

Di pulau Sumatera, salah satu kampus dengan teknik informatika terbaik adalah di Universitas Negeri Padang. Pada tahun 2017, prodi ini berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

11. Universitas Udayana (UNUD)

Peringkat Dunia: 801+

Universitas yang terletak di pulau Bali ini juga memiliki program studi teknik informatika terbaik. Meskipun prodi ini belum mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, namun kualitas perkuliahan yang ditawarkan UNUD tidak kalah dengan kampus ternama lainnya.

Itulah 10 perguruan tinggi atau kampus dengan program studi teknik informatika terbaik di Indonesia. Hampir semuanya mendapatkan akreditasi dari BAN-PT dan berasal dari perguruan tinggi ternama. Bagaimana Anda memilih perguruan tinggi? Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memilih kampus yang tepat.

Daftar Jurusan Kampus Teknik UNHAS Gowa Dan Fakultas Lengkap

Kampus teknik UNHAS Gowa – Ini adalah pilihan kampus terbaik dari Gowa yang harus ada dalam daftar perguruan tinggi Anda. Unhas alias Universitas Hasanuddin memiliki akreditasi A. Kampus ini memiliki prestasi terbaik dan merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang paling direkomendasikan di Makassar oleh banyak mahasiswa.

Didirikan pada tanggal 10 September 1956, Perguruan Tinggi ini mulai berkembang dengan sendirinya dan memberikan pendidikan berkualitas yang nyaman bagi setiap mahasiswanya. Awalnya, universitas ini bernama Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Hal ini terjadi saat Bung Hatta masih menjabat sebagai wakil presiden di Indonesia.

Namun kini memiliki berbagai fakultas dan kualitasnya semakin baik. Salah satu fakultas terbaik yang banyak diminati adalah Kampus Teknik unhas Gowa.

Sambutan Dekan

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga informasi tentang Fakultas Teknik Unhas melalui website ini dapat terwujud. Besar harapan kami semoga ridho-Nya mengiringi segala aktivitas dalam upaya pengembangan sumber daya manusia di bidang teknologi dan agar informasi melalui website ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. Kami dari seluruh civitas akademika Fakultas Teknik dengan segala dukungan dari perguruan tinggi yang ada akan terus meningkatkan cita-cita untuk mewujudkan visi dan misi yang telah dicanangkan dalam renstra fakultas. Semoga informasi yang diberikan melalui website layanan ini dapat memberikan gambaran situasi dan kondisi Fakultas Teknik kepada seluruh lapisan masyarakat. Selamat datang di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Mengenal Kampus Teknik Gowa (Universitas Hasanuddin)

Universitas Hasanuddin (Unhas) merupakan perguruan tinggi negeri di Makassar, Sulawesi Selatan yang berdiri pada tanggal 10 September 1956. Universitas ini awalnya merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia saat Bung Hatta masih menjabat sebagai wakil presiden.

Awalnya, Unhas dibangun di Baraya. Namun, pada awal 1980-an, Unhas dipindahkan ke Tamalanrea. Sejak akhir tahun 2006, fakultas di Universitas Hasanuddin bertambah satu yang merupakan divisi dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan yaitu Fakultas Kehutanan. Hingga saat ini, Universitas Hasanuddin menyelenggarakan pendidikan di 16 fakultas yang terbagi dalam empat disiplin ilmu, yaitu iptek, sosial dan humaniora, Ilmu Kesehatan, dan Ilmu Pertanian.

Lokasi

Fakultas Teknik UNHAS terletak di Kabupaten Gowa tepatnya di Jl. Poros Malino, km. 6, Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Daftar 11 Universitas Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia 2023

Jurusan atau jurusan di Kampus Teknik Gowa (UNHAS)

Di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (UNHAS) ada berbagai jurusan atau fakultas berbagai jenjang mulai dari program Sarjana, Magister, hingga doktor, berikut rincian lengkapnya.

  1. Fakultas Teknik Sipil

  • Program Sarjana Teknik Sipil
  • Program Magister Teknik Sipil
  • Program Doktor Teknik Sipil

2.  Fakultas Teknik Listrik

  • Program Sarjana Teknik Elektro
  • Program Magister Teknik Elektro
  • Program Doktor Teknik Elektro

3. Fakultas Teknik Mesin

  • Program Sarjana Teknik Mesin
  • Program Magister Teknik Mesin
  • Program Doktor Teknik Mesin

4. Fakultas Teknik Geologi

  • Program Sarjana Teknik Geologi
  • Program Magister Teknik Geologi
  • Program Doktor Teknologi Bumi dan Lingkungan

5. Fakultas Teknik Perkapalan

  • Program Sarjana Teknik Kelautan
  • Program Magister Teknik Kelautan

6. Fakultas Arsitektur

  • Program Sarjana Arsitektur
  • Program Magister Arsitektur
  • Program Doktor Arsitektur

7. Fakultas Teknik Informatika

  • Program Sarjana Teknik Informatika
  • Program Magister Teknik Informatika

8. Fakultas Teknik Industri

  • Program Sarjana Teknik Industri
  • Program Magister Teknik Industri

9. Fakultas Teknik Pertambangan

  • Program Sarjana Teknik Pertambangan
  • Program Magister Teknik Pertambangan

10. Fakultas Teknik Kelautan

  • Program Sarjana Teknik Kelautan

11. Fakultas Rekayasa Sistem Pelayaran

  • Program Sarjana Teknik Kelautan

12. Fakultas Rekayasa Perencanaan Wilayah Kota

  • Program Sarjana Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Program Magister Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota

13. Fakultas Teknik Lingkungan

  • Program Sarjana Teknik Lingkungan
  • Program Magister Teknik Lingkungan

Daftar 11 Universitas Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia 2023

Universitas Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia – Melamar ke fakultas hukum terbaik di Indonesia mungkin menjadi impian para calon mahasiswa yang berminat belajar hukum.

Tidak selalu menjadi pengacara, prospek kerja lulusan fakultas hukum sangat luas.

Hal ini pula yang menyebabkan fakultas hukum menjadi salah satu bidang studi favorit bagi calon mahasiswa di perguruan tinggi.

Lalu universitas apa saja yang punya  fakultas hukum terbaik di Indonesia?

Berdasarkan The 2023 Times Higher Education Asia University Rankings (THE AUR) pada mata kuliah “Hukum”, terdapat beberapa universitas yang memiliki fakultas hukum terbaik di Indonesia.

Dalam pemeringkatan fakultas hukum terbaik se-Indonesia untuk mata kuliah “Hukum” tersebut diikutsertakan 11 perguruan tinggi. Dengan 9 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Serta 2 Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Dalam pemeringkatan AUR 2023 terdapat beberapa indikator yang menjadi dasar penilaian, yaitu:

  • Mengajar (lingkungan belajar)
  • Riset (volume, pendapatan, dan reputasi)
  • Kutipan (pengaruh penelitian)
  • Pandangan internasional (staf, mahasiswa dan penelitian)
  • Pendapatan industri (transfer pengetahuan).

Rekomendasi Universitas Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia

Berikut 11 universitas dengan fakultas hukum terbaik di Indonesia tahun 2023 versi THE AUR 2022:

1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat dunia: 201 – 250

2. Universitas Airlangga (Unair)

Peringkat dunia: 401 – 500

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat dunia: 401 – 500

4.Universitas Sebelas Maret (UNS)

Peringkat dunia: 401 – 500

5. Universitas Binus

Peringkat dunia: 501+

6. Universitas Brawijaya (UB)

Peringkat dunia: 501+

7. Universitas Diponegoro (Undip)

Peringkat dunia: 501+

8. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Peringkat dunia: 501+

Baca Juga: Rekomendasi 10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja Tahun 2023/2024

9. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Peringkat dunia: 501+

10. Universitas Kristen Satya Wacana

Peringkat dunia: 501+

11. Universitas Sumatera Utara (USU)

Peringkat dunia: 501+

Itulah 11 kampus dengan fakultas hukum terbaik di Indonesia versi THE AUR 2022. Informasi ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang hukum.

Rekomendasi 10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja Tahun 2023/2024

Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja – Apakah ada jurusan kuliah yang bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan? Pertanyaan benar-benar mendapatkan pekerjaan tidak bisa dijawab secara mutlak dan sederhana Sobat bappedaniasbaratkab, apalagi dengan mengajukan jurusan kuliah tertentu. Namun tak bisa dipungkiri, masyarakat menilai ada beberapa jurusan kuliah yang lebih mudah mencari pekerjaan jika dibandingkan dengan jurusan lain pada umumnya. Lantas, jurusan apa saja yang menjanjikan di masa depan?

Daftar Jurusan Kuliah Yang Gampang Cari Kerja

1. Akuntansi

Pencatatan dan pelaporan keuangan merupakan kegiatan penting perusahaan, baik besar maupun kecil. Hal itulah yang menjadikan Akuntansi sebagai salah satu jurusan kuliah yang dibutuhkan di dunia kerja. Memang, sektor keuangan tidak lepas dari dampak otomatisasi. Yang penting, kamu terus membuka diri dengan skill dan kemajuan teknologi agar karirmu terus maju.

2. Manajemen Keuangan Syariah

Bidang keuangan syariah di Indonesia memiliki prospek yang bagus Sobat bappedaniasbaratkab. Seiring dengan bertambahnya lembaga keuangan syariah, semakin banyak kampus yang membuka prodi Manajemen Keuangan Syariah. Ini sangat mungkin, pertimbangkan untuk belajar di jurusan yang mudah mencari pekerjaan jika Anda benar-benar memiliki minat dan kemampuan di bidang keuangan.

3. Teknik Industri

Bukan rahasia lagi kalau Teknik Industri adalah jurusan yang bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Meski menyandang gelar sarjana teknik, lulusan dari departemen ini memiliki fleksibilitas untuk bekerja di bidang manajemen dan perencanaan biaya. Tidak harus menjadi karyawan, Anda juga dibekali ilmu yang cukup untuk melamar di bidang wirausaha.

4. Manajemen Bisnis

Kalau kamu memang punya passion besar untuk jadi pengusaha, pertimbangkan untuk kuliah Manajemen Bisnis ya sob. Alih-alih menjadi jurusan termudah untuk mencari pekerjaan, Manajemen Bisnis adalah jurusan perguruan tinggi yang mempersiapkan Anda untuk menjadi pemberi kerja.

Baca Juga: Inilah 12 Rekomendasi Jurusan Kuliah Favorit Di Indonesia 2023

5. Sistem Informasi

Sistem Informasi merupakan salah satu jurusan yang sangat dibutuhkan di masa depan. Lulusan jurusan ini tertantang untuk menjalankan berbagai profesi, mulai dari technopreneur, analis bisnis, analis data, teknisi IT, web developer, dan programmer. Takut untuk “menyelam” terlalu dalam pada teknologi? Eh, kamu juga bisa memilih untuk lebih fokus pada bisnis dan manajemen.

6. Pendidikan Kedokteran

Walaupun banyak dari teman-teman kita yang bercita-cita menjadi youtuber atau influencer, namun masih ada juga yang bercita-cita menjadi dokter. Perkuliahan memang panjang dan masih ada program profesi yang harus diikuti, sehingga mahasiswa kedokteran tidak bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Tapi jangan sampai prospek alumni mengecewakan Sobat bappedaniasbaratkab, apalagi jika melanjutkan ke PPDS dan menjadi spesialis. Selamat mencoba, selamat menjadi mahasiswa dan belajar kedokteran!

7. Psikologi

Memang harus belajar lagi di Program Magister untuk menjadi psikolog. Tapi dengan gelar Sarjana Psikologi saja, Sobat sudah bisa bekerja. Namun, ini adalah peluang utama yang memiliki banyak peluang kerja, dari lembaga pemerintah, perusahaan, hingga organisasi nirlaba.

8. Desain Komunikasi Visual

Perkembangan bidang pemasaran di dunia digital sangat pesat. Tak heran jika Desain Komunikasi Visual menjadi salah satu jurusan yang paling dibutuhkan dalam 5 tahun ke depan. Lulusan jurusan ini didorong untuk menekuni berbagai profesi, antara lain desainer produk, animator video, editor video, bahkan sutradara film. Agen periklanan, perusahaan penerbitan, hingga kehumasan di perusahaan swasta dan instansi pemerintah juga membutuhkan lulusan jurusan ini.

9. Teknik Mesin

Teknik Mesin dikenal sebagai jurusan dengan prospek kerja yang tinggi. Di bidang manufaktur, insinyur teknik diharuskan untuk memelihara dan memperbarui mesin. Perusahaan otomotif yang kerap menjadi prospek idaman lulusan Teknik Mesin terus mengembangkan mesin dan teknologinya. Hal yang sama berlaku untuk perusahaan konstruksi, pertambangan dan komunikasi. Perawatan dan pengoperasian, hingga pengembangan, konstruksi peralatan, pertambangan, pertanian, elektronik, hingga transportasi semuanya membutuhkan kehadiran seorang insinyur mesin.

10. Farmasi

Jurusan Kuliah Menjanjikan Lainnya, Sobat Cerdas. Adalah Farmasi, jurusan kuliah yang tidak hanya membekali Anda dengan kemampuan membuat obat-obatan, tetapi juga kosmetik. Tahukah Anda, tren perawatan kulit dan kecantikan sedang berkembang akhir-akhir ini? Artinya, peluang Anda untuk bekerja atau berwiraswasta terbuka lebar setelah lulus dari Farmasi.

Inilah 12 Rekomendasi Jurusan Kuliah Favorit Di Indonesia 2023

Jurusan Kuliah Favorit Di Indonesia – Memilih perguruan tinggi tidak lepas dari fakultas yang diminati. Survei nasional Tempo menemukan 12 fakultas menjadi incaran calon mahasiswa favorit.

Di sisi lain, kualitas fakultas atau jurusan tidak lepas dari universitas yang menaunginya. Kemudian 12 fakultas yang paling diminati oleh calon mahasiswa juga diikuti dengan pilihan perguruan tinggi.

Jumlah responden sebanyak 859 siswa SMA kelas XII, terdiri dari Jabodetabek 260 siswa, Bandung 120 siswa, DI Yogyakarta 124 siswa, Surabaya 122 siswa, Medan 115 siswa, dan Makassar 118 siswa.

Dari 859 responden, 61 persen adalah siswa perempuan dan 39 persen laki-laki, 17 persen berusia 18-19 tahun dan 83 persen berusia 16-17 tahun.

Daftar 12 fakultas favorit dan Jurusan Terfavorit Di Indonesia

Teknologi Informasi / Ilmu Komputer

Calon mahasiswa di 6 kota besar tersebut menganggap bahwa untuk jurusan teknologi informasi atau ilmu komputer, ITB merupakan Jurusan Kuliah Favorit di antara perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya. Urutan berikutnya adalah UGM yang mampu mengungguli UI. Terpaut jauh dari UI selanjutnya ada ITS. Di bawahnya lagi ada IPB yang dianggap sebanding dengan ITS. Peringkat ke-10 ditempati oleh Universitas Riau.

Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dinilai lolos program teknologi informasi atau ilmu komputer adalah Universitas Telkom, diikuti secara bertahap oleh Universitas Bina Nusantara (Ubinus), Institut Perbanas, Universitas Trisakti, Gunadarma, Unikom Bandung, Institut Teknologi Nasional, UPN Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, dan Universitas Pancasila.

Akuntansi

Untuk Jurusan Kuliah Favorit Di Indonesia akutansi menjadi pilihan juga , PTN favorit adalah UGM diikuti Politeknik Keuangan Negara STAN, UI, Universitas Airlangga (Surabaya), Universitas Brawijaya (Malang), Universitas Padjadjaran (Bandung), Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Hasanudin, Universitas Andalas, dan Universitas Sumatera Utara .
Dari PTS kemudian Ubinus, Universitas Trisakti, Gunadarma, Institut Perbanas, Universitas Tarumanegara, Universitas Budi Luhur, Universitas Islam Indonesia, Universitas Katolik Atmajaya Jakarta, Universitas Islam Bandung, dan Universitas Pelita Harapan.

Hukum

UI menjadi pilihan pertama sebagai perguruan tinggi negeri terfavorit. Selanjutnya UGM, Unpad, Unair, Undip, Unibraw, Unhas, USU, Unand dan Unsri.
Untuk PTS, Trisakti merupakan kampus terfavorit, disusul UPH, UAJY, Unpar, UII, Unisba, Universitas Katolik Atmajaya Jakarta, Universitas Indonesia Esa Unggul, dan Universitas Pancasila.

Kedokteran Umum

Untuk kedokteran umum, PTN favorit I dan UGM. Selanjutnya Unpad, Unair, Undip dan Unibraw, USU, Unhas, Unand, dan Unsri. Untuk PTS favorit Trisakti, selanjutnya Unisba, UII, UPH, Universitas Katolik Atmajaya Jakarta, Untar, UMY, UII, Maranatha, Unjani, dan UKI.

Komunikasi

Di antara PTN, UI dan UGM paling favorit untuk jurusan komunikasi. Kemudian pemeringkatan diusulkan oleh UNPAD, Unair, Undip, Unhas, USU, Universitas Sam Ratulangi, dan Unila.
Untuk PTS, The London School of Public Relations (LSPR) menjadi favorit pertama disusul Ubinus, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP), Unikom Bandung, Universitas Nasional, Universitas Pancasila, Universitas Islam Indonesia, Universitas Pelita Harapan, Universitas Budi Luhur , dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Desain Komunikasi Visual

Terdapat enam PTN yang menjadi pilihan calon mahasiswa yang ingin mendalami desain komunikasi visual, yaitu ITB, UGM, Unpad, Sekolah Tinggi Desain Indonesia (STDI), Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Sebelas Maret. Universitas Negeri (UNS).
Untuk PTS, Telkom University masih unggul. Kemudian IKJ, Ubinus, Trisakti, Itenas, Unikom, Untar, UPH, Institut Teknologi Harapan Bangsa Bandung, dan Universitas Esa Unggul.

Psikologi

PTN terfavorit untuk bidang psikologi adalah UGM. Peringkat di bawah UI kemudian Unpad, Undip, Universitas Airlangga, Unibraw, USU, Unnes, dan Universitas Negeri Surabaya. Untuk PTS, Ubinus menjadi favorit diikuti Gunadarma, Universitas Islam Bandung, UII, UPH, UP, Unjani, Atmajaya Unika, Untar, dan Surabaya Untag.

Baca Juga: Daftar 35 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023

Pengelolaan

UI dan UGM merupakan dua kampus terfavorit untuk program studi manajemen. Urutan berikutnya adalah Unpad, Unair, Undip, Unibraw, Unhas, Unand, USU, dan Universitas Jenderal Soedirman. Sedangkan PTS adalah Ubinus, Perbanas Institute, Gunadarma, UII, Unpar, Usakti, Jaya Baya, Unikom, kemudian Unisba dan UMY.

Hubungan Internasional

Hasil survei mengutamakan UI. Itu diusulkan oleh UGM dan kemudian Unair dan Unpad yang disamakan, Undip dan Unibraw, Unhas, Unand, Universitas Negeri Makassar, dan UNS. Trisakti menjadi kampus swasta terfavorit, disusul Ubinus, Al-Azhar dan Unjani, UPN Yogyakarta, Universitas Esa Unggul, Ubaya, Untar dan Unikom.

Teknik Sipil

ITB paling favorit mengungguli UGM, UI, ITS, Undip, Unhas, Unibraw, USU, Unud, dan Unand. Untuk PTS, Trisaksi paling favorit setelah Gunadarma, Untar, UP, UPH, Ubinus, Unjani, STTNAS, Itenas, dan UMY.

Teknik Industri

ITB masih menjadi favorit disini. Kemudian disusul jajaran di bawahnya, yakni UGM, UI, ITS, Undip, USU, Unhas, UNS, Unud, dan Unand. PTS favorit adalah Trisakti, disusul Telkom University dari Bandung, UPH, Ubaya, UP, UPN Yogyakarta, Itenas, UMSU, UAJY, dan Unpar.

Teknik Mesin

ITB kembali menjadi favorit calon mahasiswa yang berminat melanjutkan studi di bidang teknik mesin. Posisi di bawahnya adalah UGM, UI, ITS, Undip, dan Unibraw, USU, Unhas, Universitas Negeri Medan, dan Unsri. Untuk PTS masih Trisakti kemudian Untar, STTNAS, Universitas Pancasila, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Itenas, UMI Makassar, Gunadarma, Unpas, dan UII.

Daftar 35 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023

Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia – Webometrics Rangking Universitas Dunia (Webometrics) merilis daftar perguruan tinggi terbaik termasuk perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kampus mana saja yang masuk dalam daftar 40 PTS terbaik di Indonesia versi Webometrics 2023?

Terdapat 3.381 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam penilaian Webometrics. Dari jumlah itu, 44 PTS masuk dalam daftar 100 PT terbaik di Indonesia.

Ada sekitar 31 ribu universitas negeri dan swasta di seluruh dunia yang dinilai oleh Webometrics. Webometrics adalah sistem peringkat internasional yang menilai dampak konten situs web dan publikasi penelitian terhadap universitas di seluruh dunia.

Peringkat Webometrics diterbitkan setiap bulan Januari dan Juli. Ada sekitar 31 ribu universitas negeri dan swasta di seluruh dunia yang dinilai oleh Webometrics. Webometrics adalah sistem peringkat internasional yang menilai dampak konten situs web dan publikasi penelitian terhadap universitas di seluruh dunia.

Berikut daftar 35 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia versi Webometrics 2023.  Angka pertama menunjukkan peringkat perguruan tinggi swasta di Indonesia, angka kedua menunjukkan peringkat perguruan tinggi di Indonesia, dan angka kedua menunjukkan peringkat dunia.

Daftar Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia

1. Universitas Telkom

Peringkat Nasional :1347

2. Universitas Bina Nusantara

Peringkat Nasional :1572

3.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Peringkat Nasional :1974

4. Universitas Mercu Buana

Peringkat Nasional : 2354

5. Universitas Muhammadiyah Malang

Peringkat Nasional : 2603

6. Universitas Gunadarma

Peringkat Nasional :3076

7. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Peringkat Nasional :3116

8. Universitas Dian Nuswantoro

Peringkat Nasional :3371

9. Universitas Trisakti

Peringkat Nasional :3501

10. Universitas Islam Indonesia

Peringkat Nasional :3660

11. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Peringkat Nasional :3783

12.Universitas Surabaya

Peringkat Nasional :3886

13. Universitas Teknokrasi Indonesia

Peringkat Nasional :3929

14. Universitas Kristen Petra

Peringkat Nasional :3934

15. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Peringkat Nasional :4000

16. Universitas Narotama UNNAR Surabaya

Peringkat Nasional :4193

17. Universitas Kristen Satya Wacana

Peringkat Nasional :4222

18. Universitas Widyatama UTAMA Bandung

Peringkat Nasional :4424

19. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Peringkat Nasional :4427

20. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Peringkat Nasional :4448

21. Universitas Kristen Maranatha

Peringkat Nasional :4643

22. Universitas Sanata Dharma USD Sleman

Peringkat Nasional :4792

23. Universitas Alma Ata, Bantul

Peringkat Nasional :4858

Baca Juga: Daftar 10 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia 2023

24. Universitas Katolik Soegijapranata

Peringkat Nasional :4973

25. Universitas Katolik Parahyangan

Peringkat Nasional :4977

26. Universitas Islam Malang

Peringkat Nasional :4996

27. Universitas Medan Area

Peringkat Nasional :5001

28. Universitas Malahayati

Peringkat Nasional :5048

29. Universitas Esa Unggul (Universitas Indonusa)

Peringkat Nasional :5061

30. Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Peringkat Nasional :5096

31. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Peringkat Nasional :5129

32. Universitas Budi Luhur

Peringkat Nasional :5138

33. Universitas Muhammadiyah Semarang

Peringkat Nasional :5163

34. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peringkat Nasional :5196

35. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Peringkat Nasional :5255

Daftar 10 besar perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia nyaris tidak berubah dibandingkan pemeringkatan yang dirilis Webometrics tahun 2022. Tahun ini, hanya Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Kristen Satya Wacana yang terlempar dari daftar 10 besar. Sedangkan pendatang baru yang masuk dalam daftar 10 besar adalah Universitas Trisakti dan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Daftar 10 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia 2023

Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia – Siapa yang tidak ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia? Bisa kuliah di kampus favorit tentunya menjadi salah satu hal yang paling didambakan. Selain memiliki nama besar, universitas favorit juga memiliki fasilitas yang lengkap, sistem pembelajaran yang menyenangkan, serta memiliki jaringan alumni yang akan berguna setelah lulus nanti.

Sekarang di Indonesia sudah banyak universitas ternama dengan kualitas maksimal yang Hunters tidak perlu ragu lagi, lho! Berikut 10 PTN terbaik di Indonesia versi QS World University Rankings 2023.

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati peringkat 231 secara global. Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia yang juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan sebagai universitas pembimbing di Indonesia. UGM memiliki jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan.

Berdiri dengan nama “Universitas Negeri Gadjah Mada”, lembaga pendidikan tinggi ini merupakan gabungan dari beberapa sekolah menengah atas yang telah berdiri sebelumnya, antara lain Perguruan Tinggi Gadjah Mada, Sekolah Tinggi Teknik dan Akademi Ilmu Politik Yogyakarta, Pusat Pendidikan Ahli Hukum di Solo, serta Fakultas Kedokteran Praklinis di Klaten yang disahkan dengan Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universiteit.

Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan berbagai program pendidikan meliputi program sarjana, kualifikasi, profesi, spesialis, dan diploma. Beberapa fakultas juga menyelenggarakan program internasional, baik program sarjana maupun program antiproteksi. Fakultas yang tersedia di UGM adalah:

  • Fakultas Biologi
  • Fakultas Ekonomi & Bisnis
  • Fakultas Farmasi
  • Fakultas Filsafat
  • Fakultas Geografi
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ilmu Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Kedokteran Hewan
  • Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat & Keperawatan
  • Fakultas Kehutanan
  • Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Peternakan
  • fakultas Psikologi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Teknologi Pertanian
  • Lulusan sekolah
  • sekolah Menengah Kejuruan

2. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati peringkat 235 secara global. Institut Teknologi Bandung merupakan sekolah menengah teknik pertama di Indonesia yang didirikan pada tanggal 2 Maret 1959 di Jawa Barat dengan misi mengabdi ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan Indonesia. Lahir dalam suasana dinamis berlandaskan semangat juang Proklamasi Kemerdekaan, ITB hadir untuk mengoptimalkan pembangunan bangsa yang maju dan bermartabat.

Per 3 Juli 2020, ITB secara de facto telah berusia 100 tahun dan telah menghasilkan lebih dari 120.000 alumni yang berperan penting dalam pembangunan bangsa, memiliki 12 fakultas/sekolah, 128 program studi, dan 111 Kelompok Keahlian, memiliki 25 Pusat, 7 Penelitian Centers, dan 6 Pusat Unggulan Iptek (PUI) yang memiliki lebih dari 26 ribu mahasiswa sarjana, magister dan doktoral, memiliki 1.510 dosen dengan 195 profesor, dan berlokasi di dua tempat lain selain kampus Bandung Ganesha, yaitu Jatinangor dan Cirebon. ITB juga merupakan universitas nasional terbaik dan pelopor kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di Indonesia.

Fakultas-fakultas yang tersedia di ITB adalah sebagai berikut:

  • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • fakultas seni dan desain
  • Fakultas Teknologi Industri
  • Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan
  • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan
  • Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan
  • Sekolah Bisnis dan Manajemen
  • Sekolah Farmasi
  • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati
  • Sekolah Teknik Elektro dan Informatika

3. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) menempati peringkat 248 secara global. Universitas Indonesia merupakan kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya dan humanis yang mencakup berbagai disiplin ilmu. UI saat ini secara bersamaan berupaya untuk menjadi salah satu universitas riset atau universitas akademik terkemuka di dunia. Sebagai universitas riset, upaya tertinggi dilakukan dalam hal penemuan, pengembangan, dan difusi pengetahuan secara regional dan global.

Saat ini UI terdiri dari 14 Fakultas, 1 Program Vokasi, dan 2 Sekolah (SKSG dan SIL). Dimana 14 Fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Farmasi, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Ilmu Komputer.

4. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga (Unair) berada di peringkat 369 secara global. Universitas Airlangga diresmikan pada tanggal 1 November 1954. Pada tanggal 10 November 1954, Presiden Republik Indonesia, DR. Ir. Soekarno meresmikan berdirinya Universitas Airlangga sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ketiga di Indonesia setelah Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada.

Universitas Airlangga menyelenggarakan program pendidikan bagi mahasiswa yang meliputi program diploma (D3 dan D4), sarjana (S1), kompetisi (S2 dan S3), profesi, dan spesialis. Termasuk melakukan program internasional.

Fakultas yang tersedia adalah sebagai berikut:

Sekolah medis

  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ekonomi & Bisnis
  • Fakultas Farmasi
  • Fakultas Kedokteran Hewan
  • Fakultas Ilmu Sosial & Politik
  • Fakultas Sains & Teknologi
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • fakultas Psikologi
  • Fakultas Ilmu Budaya
  • fakultas keperawatan
  • Fakultas Perikanan & Kelautan
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Teknologi Maju & Multidisiplin
  • Lulusan sekolah
  • Fakultas Kesehatan & Ilmu Pengetahuan Alam Banyuwangi

Baca Juga: 25 Data Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Terbaru 2023

5. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor (IPB) berada di peringkat 449 secara global. Institut Pertanian Bogor adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Bogor, Jawa Barat. IPB diresmikan pada tahun 1963, sebelumnya IPB merupakan fakultas pertanian di Universitas Indonesia.

Fakultas yang tersedia adalah:

  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Kedokteran Hewan
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • Fakultas Peternakan
  • Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Hidup
  • Fakultas Teknologi Pertanian
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Ekonomi dan Manajemen
  • Fakultas Ekologi Manusia
  • Sekolah bisnis
  • Fakultas Peternakan
  • Program multidisiplin

6. Institut Teknologi 10 November

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menempati peringkat 701-750 secara global. Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah universitas teknologi negeri Indonesia yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, dengan penekanan kuat pada sistem pendidikan ilmiah, teknis, dan kejuruan. ITS memiliki tujuh fakultas bidang strategi yang menjadi pusat keunggulan pengajaran sains, teknologi, dan desain di Indonesia.
Fakultas yang tersedia adalah sebagai berikut:

  • Ilmu Data dan Analitik
  • Sistem Teknologi Industri dan Rekayasa
  • Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian
  • Teknologi Kelautan
  • Teknologi Listrik dan Informatika Cerdas
  • Desain Kreatif dan Bisnis Digital
  • Kejuruan
  • Sekolah Manajemen dan Teknologi Interdisipliner

7. Universitas Padjajaran

Universitas Padjadjaran (Unpad) berada di peringkat antara 751-800 secara global. Universitas Padjadjaran Bahasa Indonesia: Universitas Padjadjaran, disingkat UNPAD adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Kabupaten Sumedang dan Bandung, yang merupakan ibu kota provinsi Jawa Barat, Indonesia. Didirikan pada 11 September 1957.

Unpad juga tercatat sebagai perguruan tinggi negeri dengan peminat terbanyak di Indonesia pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN) pada tahun 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2018.

Fakultas yang tersedia antara lain:

  • Fakultas Hukum
  • fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • sekolah medis
  • Fakultas Matematika & Sains
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Ilmu Budaya
  • fakultas Psikologi
  • Fakultas Peternakan
  • Fakultas Ilmu Komunikasi
  • fakultas keperawatan
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • Fakultas Teknologi Industri Pertanian
  • Fakultas Farmasi
  • Fakultas Teknik Geologi
  • Lulusan sekolah

8. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (Undip) menempati posisi antara 801-1000 secara global. Universitas Diponegoro adalah universitas negeri di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Didirikan pada tahun 1957 sebagai perguruan tinggi swasta oleh Yayasan Universitas Semarang, yang kemudian pada tahun 1960 menjadi perguruan tinggi negeri, dan diberi nama Pangeran Diponegoro dari Jawa.

Fakultas berikut tersedia:

  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • sekolah medis
  • fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • fakultas Psikologi
  • Fakultas Peternakan dan Pertanian
  • Fakultas Ilmu Budaya
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Sains dan Matematika
  • sekolah Menengah Kejuruan
  • Pascasarjana

9. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya (UB) menempati posisi antara 801-1000 secara global. Universitas Brawijaya, didirikan pada tanggal 5 Januari 1963 dan berkedudukan di Malang. Ini adalah universitas negeri otonom di Indonesia. Universitas Brawijaya (UB) didirikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui kawat no. 258/K/61 terkirim pada 11 Juli 1961. Nama Brawijaya diambil dari gelar Raja-Raja Majapahit, sebuah kerajaan besar di Indonesia pada abad ke-12 hingga ke-15. Kemudian UB berubah status menjadi perguruan tinggi negeri pada tanggal 5 Januari 1963, menyusul Keputusan Presiden yang dikeluarkan pada awal tahun yang sama.

UB memiliki berbagai fasilitas penunjang kegiatan akademik di kampus seperti perpustakaan, laboratorium seperti LSIH dan LSSR, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Lembaga Pendidikan (LP2), Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), International Office, Bioscience Institute, UB Press, Media dan Komunikasi UB, Lab Terpadu, Hutan UB, Agrotechnopark, Pusat Studi dan Layanan Disabilitas. Di Kampus Dieng juga terdapat berbagai fasilitas kelompok kegiatan mahasiswa dan UKM, Gelanggang Olahraga Pertamina, Sport Clubhouse, Gedung Samantha Krida, Gedung Widyaloka, Lapangan Sepakbola dan fasilitas lainnya.

UB juga menyediakan fasilitas pendukung seperti Armada Bus, Asrama Mahasiswa, Koperasi Karyawan (KPRI), Asrama Mahasiswa Internasional, Bank dan ATM Center, Kantor Pos, Masjid Raden Patah, Fasilitas Pembuatan Kompos, dan tersedianya Kantin Halal. Sedangkan untuk alumni, universitas menyediakan Ikatan Alumni, Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan, Inkubator Bisnis.

Di era modern ini, UB juga menyediakan fasilitas IT dan Komputer, seperti Sistem Informasi Akademik, Sistem Informasi Pendaftaran dan Seleksi Mahasiswa, Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Online, Portal Informasi Layanan Terpadu (GAPURA), Sistem Informasi Akademik Mahasiswa, Sistem Pendukung Keputusan, dengan bandwidth internet yang memadai. UB juga menyediakan fasilitas keselamatan dan kesehatan seperti Fire and Rescue, Ambulans, Klinik Kesehatan, Rumah Sakit UB, dan e-counseling.

Fakultas yang tersedia di UB adalah sebagai berikut:

  • Fakultas Hukum
  • fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Ilmu Administrasi
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Peternakan
  • Fakultas Teknik
  • sekolah medis
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Teknologi Pertanian
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Ilmu Budaya
  • Fakultas Kedokteran Hewan
  • Fakultas Ilmu Komputer
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Ilmu Kesehatan
  • Pascasarjana
  • Kejuruan

10. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin (Unhas) menempati peringkat antara 1001-1200 secara global. Universitas Hasanuddin yang disingkat Unhas merupakan salah satu perguruan tinggi otonom terbesar di Indonesia. diajukan di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Unhas didirikan pada 10 September 1956, dengan nama Sultan Hasanuddin, mantan Raja Kerajaan Gowa.

Klaster ilmiah yang tersedia adalah:

  • Klaster Sains dan Teknologi
  • Kelompok Sosial Humaniora
  • Kelompok Ilmu Kesehatan
  • Klaster Ilmu Pertanian
  • Lulusan sekolah

25 Data Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Terbaru 2023

Universitas Terbaik di Indonesia – Salah satu lembaga pemeringkat Webometrics kembali mengumumkan universitas terbaik di Indonesia tahun 2023. Siapakah universitas terbaik tersebut?

Tidak hanya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang masuk dalam pemeringkatan ini, tetapi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga masuk dalam pemeringkatan ini.

Webometrics adalah sistem pemeringkatan universitas di dunia. Terdapat 3 indikator yang digunakan yaitu visibility, transparansi, dan excellence dengan bobot masing-masing.

Bagi calon mahasiswa yang ingin mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Tahun 2023 ini bisa menjadi referensi.

Namun bagi yang ingin kuliah di kampus swasta, ada dua PTS yang masuk dalam 15 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Berikut daftar 25 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia versi Webometrics edisi Januari 2023.

Daftar 20 Universitas terbaik di Indonesia 2023

  • 1.Universitas Indonesia
    Peringkat dunia: 577
  • 2. Universitas Gadjah Mada
    Peringkat dunia: 678
  • 3. Universitas Brawijaya
    Peringkat dunia: 844
  • 4. Universitas Airlangga
    Peringkat dunia: 978
  • 5. Universitas Sebelas Maret Surakarta
    Peringkat dunia: 1.038
  • 6. Universitas Syiah Kuala
    Peringkat dunia: 1.144
  • 7. Institut Teknologi 10 November
    Peringkat dunia: 1.146
  • 8. Universitas Telkom
    Peringkat dunia: 1.347
  • 9. Institut Teknologi Bandung
    Peringkat dunia: 1.524
  • 10. Universitas Bina Nusantara
    Peringkat dunia: 1.572
  • 11. Institut Pertanian Bogor
    Peringkat dunia: 1.694
  • 12. Universitas Sumatera Utara
    Peringkat dunia: 1.696
  • 13. Universitas Lampung
    Peringkat dunia: 1.713
  • 14. Universitas Andalas
    Peringkat dunia: 1.739
  • 15. Universitas Riau
    Peringkat dunia: 1.780
  • 16. Universitas Padjajaran Bandung
    Peringkat dunia: 1.857
  • 17. Universitas Jenderal Soedirman
    Peringkat dunia: 1.949
  • 18. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
    Peringkat dunia: 1.974
  • 19. Universitas Hasanuddin
    Peringkat dunia: 2.045
  • 20. Universitas Sriwijaya
    Peringkat dunia: 2.119
  • 21. Universitas Diponegoro
    Peringkat dunia: 2.168
  • 22. Universitas Pendidikan Indonesia
    Peringkat dunia: 2.183
  • 23. Universitas Negeri Malang
    Peringkat dunia: 2.293
  • 24. Universitas Mercu Buana
    Peringkat dunia: 2.354
  • 25.Universitas Muhammadiyah Malang
    Peringkat dunia: 2.603

Baca Juga: Apa itu Fakultas, Jurusan, dan Program Studi, Mahasiswa Harus Tau!

Nah itulah universitas terbaik di Indonesia menurut Webometrics terbaru 2023. Info ini bisa dijadikan referensi bagi calon mahasiswa dalam memilih kampus impiannya.

Apa itu Fakultas, Jurusan, dan Program Studi, Mahasiswa Harus Tau!

Apa itu Fakultas – Halo sahabat bappedaniasbaratkab, untuk kali ini hayu kita membahas pengertian Fakultas, Jurusan, dan Program Studi (prodi)! Mungkin saat mendaftar kuliah calon mahasiswa akan menghadapi berbagai istilah yang asing di telinga dan belum pernah di dengar. Sebutan sebutan dari dunia perkuliahan akan muncul dan untuk seseorang yang belum memasuki dunia tersebut, calon mahasiswa seringkali merasa kebingungan untuk mengartikan nya.

Apa itu Fakultas, Jurusan, dan Program Studi

Sebelum membahas hal utama apa itu pengertian fakultas, jurusan dan program studi, dengan baiknya calon mahasiswa harus terlebih dahulu mengetahui apa itu perguruan tinggi. Perguruan Tinggi adalah lembaga pendidikan pada tingkat universitas yang menaungi berbagai fakultas, jurusan, dan program studi.

Universitas adalah salah satu jenis perguruan tinggi yang terdiri dari beberapa fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik (fokus pada pengembangan ilmu pengetahuan), pendidikan vokasi (fokus pada keahlian terapan), dan pendidikan profesi (gelar keahlian khusus) dalam berbagai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Universitas menyelenggarakan pendidikan di berbagai bidang Ilmu Tanpa Batas. Misalnya kelompok humaniora, kelompok ilmu sosial, kelompok Ilmu Alam, kelompok ilmu agama, dan sebagainya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa perguruan tinggi merupakan salah satu jenis perguruan tinggi yang basis pengetahuannya paling luas.

Untuk jenis perguruan tinggi di Indonesia ada; Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi. Untuk mengetahui pembahasan lebih detail dan jelas tentang macam-macam perguruan tinggi, anda bisa membaca artikel Jenis-jenis perguruan tinggi itu sendiri di Indonesia.

Definisi fakultas

Istilah fakultas sebenarnya merupakan serapan dari bahasa Belanda yaitu faculteit. Artinya, bagian administrasi perguruan tinggi atau universitas menaungi beberapa bidang studi/jurusan. Dalam satu universitas biasanya terdapat beberapa fakultas.

Pimpinan tertinggi fakultas adalah dekan yang dipilih melalui rapat senat fakultas. Setelah diangkat, yang bersangkutan menjadi penanggung jawab berbagai kegiatan akademik di lingkungan fakultas.

Dalam menjalankan kewenangannya, seorang dekan didampingi oleh 3 orang wakil atau Pembantu Dekan (PD). Nah, berikut contoh dari berbagai fakultas dan jurusan:

1. Fakultas Kedokteran

Persaingan untuk diterima di FK melalui SPMB setiap tahunnya sangat ketat karena tergolong fakultas favorit. Jurusan untuk program sarjana (S1) umumnya hanya Jurusan Pendidikan Dokter. Sedangkan untuk mengambil gelar spesialis, Kamu harus melanjutkan studi ke jenjang Magister hingga Doktoral.

2. Fakultas Sastra

Selain disebut Fakultas Sastra, ada juga perguruan tinggi yang memberi istilah Fakultas Ilmu Budaya atau Fakultas Ilmu Budaya. Di sini selain mempelajari sastra Indonesia, para cendekiawan juga bisa memperdalam sastra asing, misalnya:

  • Sastra Jepang
  • sastra Belanda
  • Sastra Jerman
  • literatur Inggris
  • Sastra Arab
  • Ilmu Sejarah

3. Fakultas Ekonomi

Jurusan yang ditawarkan di Fakultas Ekonomi biasanya adalah jurusan Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.

4. Fakultas Teknik

Selain Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik juga cukup digemari calon mahasiswa Indonesia. Beberapa jurusan yang bisa Anda pilih adalah:

  • Teknik Informatika
  • Teknik Sipil
  • Teknik Fisika
  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Kelautan
  • Teknik Mesin
  • Teknik Elektro
  • Dan lainnya

Selain contoh-contoh fakultas tersebut, masih banyak lagi jenis fakultas yang terdapat di perguruan tinggi, misalnya: Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, dan lain sebagainya.

Pengertian Jurusan

Dari informasi di atas tentunya bappedaniasbaratkab sudah memahami perbedaan antara fakultas dan perguruan tinggi. Nah, sekarang tentang jurusan, apa sebenarnya artinya itu? Jurusan merupakan bagian dari fakultas yang menjadi fokus bidang studi yang dikejar mahasiswa.

Dalam satu fakultas umumnya terdapat lebih dari satu jurusan dan antara satu jurusan dengan jurusan lainnya memiliki mata kuliah yang berbeda-beda. Hal ini misalnya di Fakultas sastra yang membawahi Jurusan Sastra Indonesia dan Sastra Inggris.

Mata kuliah yang dihadirkan di Jurusan Sastra Indonesia tentu berbeda dengan Jurusan Bahasa Inggris meskipun berada di fakultas yang sama.

Yang dimaksud di sini tentu saja mata kuliah IPA dan keterampilan, bukan mata kuliah wajib seperti agama, Pancasila, Kewarganegaraan, dan KKN.

Pada dasarnya, semua jurusan ditawarkan di berbagai perguruan tinggi yang bagus, asalkan yang bersangkutan benar-benar tertarik untuk mengejarnya. Untuk dapat memenangkan persaingan kedepannya Bappeda Kabupaten Nias Barat harus meningkatkan potensinya, misalnya dengan menempuh berbagai mata kuliah selain kuliah di kampus.

Meski begitu, setiap tahun di SPMB selalu ada jurusan favorit. Untuk tahun 2020, bisa dikatakan tren jurusan hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Departemen Kedokteran dan Teknologi Informasi yang tergabung dalam Kelompok IPTEK masih unggul.

Sedangkan bidang Teknik juga cukup banyak diminati karena menjanjikan prospek pekerjaan yang menggiurkan. Hal ini misalnya di Jurusan Teknik Elektro, Sipil, dan industri, mengingat tanah air kita sedang aktif membangun.

Selanjutnya pada Kelompok sosial dan Humaniora, jurusan Ekonomi, Akuntansi, dan manajemen masih diminati. Kemudian di Kelompok Ilmu Sosial dan Politik, favoritnya adalah Jurusan psikologi, komunikasi, berbagai jurusan di Fakultas hukum.

Definisi Prodi

Hingga saat ini masih banyak yang bingung antara pemahaman jurusan dan program studi alias program studi. Secara administratif, program studi merupakan tolak ukur proses pendidikan akademik yang disajikan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan.

Tujuannya adalah mencetak mahasiswa untuk menguasai suatu bidang ilmu sesuai dengan target kurikulum.

Misalnya, di Fakultas sastra di sebuah universitas terdapat jurusan bahasa Inggris. Jurusan bahasa Inggris ini menawarkan dua jenis program studi, yaitu program pendidikan bahasa Inggris dan program Sastra Inggris. Mahasiswa dapat memilih program studi sesuai dengan minat masing-masing.

Program Pembelajaran dalam pendidikan bahasa Inggris bertujuan untuk membentuk siswa menjadi guru atau guru bahasa Inggris. Jadi selain mempelajari keterampilan ilmiahnya, mereka juga mempelajari ilmu-ilmu pendidikan, seperti psikologi pendidikan, pengelolaan ruang kelas, media pengajaran, dan sejenisnya.

Sedangkan jika sahabat Bappeda Kabupaten Nias Barat memilih program studi sastra Inggris, Anda akan lebih mendalami aspek sastra, linguistik, dan budaya yang berkaitan dengan bahasa asing. Semua ini diwujudkan dalam mata pelajaran semantik, fonetik, analisis drama dan prosa, morfologi, dll.

Beberapa pilihan karir lulusan sastra Inggris misalnya penerjemah lisan dan tulisan, staf konsulat dan kedutaan, staf di perusahaan ekspor impor, dan lain sebagainya.

Kapan siswa dapat memilih program studi? Hal ini tergantung dari ketentuan masing-masing perguruan tinggi, namun umumnya pada semester 3 atau 4.

Exit mobile version