Bupati Nias Barat menyampaikan Nota Pengantar KUPA-PPAS P-APBD TA. 2020 dan KUA-PPAS R-APBD TA. 2021

07 September 2020
383
Bupati Nias Barat menyampaikan Nota Pengantar KUPA-PPAS P-APBD TA. 2020 dan KUA-PPAS R-APBD TA. 2021

Bertempat di ruang rapat DPRD Kabupaten Nias Barat, Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd., MA., M.M, didampingi Sekretaris Daerah Prof. Dr. Fakhili Gulo, Kepala Bappeda Sabahati Gulo, S.Sos, M.M, Kepala BPKPAD Saba’eli Gulo, S.IP., M.M dan pimpinan OPD lainnya menghadiri Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Nota Pengantar Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan APBD Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2020 dan Nota Pengantar Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Rancangan APBD Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2021.

Bupati Nias Barat melalui Nota Pengantar yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Prof. Fakhili Gulo, menyampaikan bahwa penyelenggaraan program dan kegiatan pembangunan Kabupaten Nias Barat yang didanai dari APBD Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2020 secara umum telah terlaksana dengan baik. namun pada pelaksanaannya terdapat beberapa hal yang perlu diadakan penyesuaian diantaranya, adanya alokasi belanja pada beberapa urusan pemerintahan yang mengalami kekurangan pembiayaan, beberapa kegiatan yang telah terprogramkan tetapi tidak dapat dilaksanakan, adanya pergeseran anggaran belanja ke jenis belanja lainnya dan beberapa perubahan nomenklatur kegiatan. Selain itu juga terdapat sisa lebih perhitungan anggaran (SILPA) tahun anggaran 2019 yang harus disesuaikan dan dipergunakan pada tahun anggaran 2020.

“Sesuai amanat pasal 154 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali terkahir dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 tahun 2011 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, perubahan APBD dapat dilakukan apabila terjadi Perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA, Keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antara unit organisasi, antar kegiatan, dan antar jenis belanja, Keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih tahun sebelumnya harus digunakan dalam tahun berjalan, Keadaan darurat; dan Keadaan luar biasa”.

Untuk melakukan penyesuaian tersebut, maka perlu dilaksanakan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2020 yang didahului dengan pembahasan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah dengan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Nias Barat.

Setelah penyampaian Nota Pengantar Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan APBD Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2020 dilajutkan dengan penyampaian Nota Pengantar Kebijakan Umum (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2021.

(SEFIUS LASE)