Bupati dan Pimpinan DPRD Nias Barat Menyetujui Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020

28 September 2020
328
Bupati dan Pimpinan DPRD Nias Barat Menyetujui Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020

Lahomi, 28 September 2020 - Setelah melalui proses pembahasan baik di tingkat Badan Anggaran maupun tingkat komisi-komisi, Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2020 disetujui bersama oleh Kepala Daerah dan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Nias Barat melalui Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Nias Barat yang ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Persetujuan Bersama antara Bupati Nias Barat dan Pimpinan DPRD Kabupaten Nias Barat.

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Nias Barat dengan agenda Pengambilan Keputusan atas Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2020 yang dilaksanakan pada hari Senin (28/9) di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Nias Barat, Jl. Soekarno-Hatta Nomor 02 Lahomi, dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat Tolosokhi Halawa, S.Pd didampingi oleh Ketua DPRD Drs. Evolut Zebua dan Wakil Ketua Haogomano Gulo, S.Pd.

Sebelum pengambilan keputusan, Tolosokhi Halawa, S.Pd sebagai pimpinan rapat mempersilahkan masing-masing Ketua Komisi untuk menyampaikan laporan komisi dan dilanjutkan dengan penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi. Laporan Komisi I disampaikan oleh Seti Gulo, SAP, kemudian Komisi II oleh Siado Zai, SE., M.M dan Komisi III oleh Fatohu Hia, A.Md. Selanjutnya, pendapat akhir fraksi disampaikan secara bergantian oleh perwakilan masing-masing fraksi, antara lain Fraksi Partai PDIP disampaikan oleh Libertini Mendrofa, S.Pd, Fraksi Partai Hanura oleh Yaredi Gulo, S.Sos, Fraksi Nasdem oleh Perdamaian F. Daeli, SH, kemudian Fraksi Karya Bangsa Demokrat oleh Oktora Pro Nobis Daeli, S.Sos dan terakhir Fraksi Gerakan Amanat Nasional oleh Sinar Abdi Gulo, S.Pd.

Karena seluruh fraksi DPRD Kabupaten Nias Barat, sepakat dan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Nias Barat tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2020 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah, maka pimpinan rapat meminta persetujuan lisan dari anggota DPRD yang hadir setelah sebelumnya konsep Berita Acara Persetujuan Bersama dibacakan oleh Sekretaris DPRD Budi Nurani Gulo, SH.

“Apakah Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Nias Barat tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2020 disetujui untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah?”, tanya pimpinan rapat. Selanjutnya dijawab “Setuju” oleh seluruh anggota DPRD.

Setelah penandatanganan berita acara persetujuan bersama, Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd., MA., M.M menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan, seluruh anggota DPRD Kabupaten Nias Barat dan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Barat yang telah melaksanakan pembahasan sehingga Perubahan APBD Kabupaten Nias Barat dapat ditetapkan tepat waktu.

“Saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Nias Barat, atas berbagai masukan yang telah disampaikan selama proses pembahasan, baik dalam Rapat Badan Anggaran, Rapat Komisi-Komisi maupun sejak proses penetapan jadwal pembahasan oleh Badan Musyawarah. Selanjutnya, saya juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Nias Barat yang telah menyiapkan Dokumen Perubahan APBD dan melakukan pembahasan bersama dengan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Nias sehingga Perubahan APBD Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2020 dapat ditetapkan tepat waktu melalui rapat paripurna pada saat ini”, kata Bupati.

Selanjutnya Bupati Nias Barat mengharapkan kepada seluruh pimpinan perangkat daerah supaya melakukan langkah-langkah percepatan pelaksanaan program dan kegiatan secara tepat guna, tepat sasaran, tepat waktu dan tepat pertanggungjawaban.

“Para pimpinan perangkat daerah supaya mengambil langkah-langkah percepatan pelaksanaan program dan kegiatan serta bertanggung jawab dalam pengelolaan dan pelaksanaan Perubahan APBD ini secara tepat guna, tepat sasaran, tepat waktu dan tepat pertanggungjawabannya melalui peningkatan kinerja maupun koordinasi dengan segenap unsur yang terkait, sehingga dapat memberikan kepastian pelaksanaan Perubahan APBD ini sampai akhir tahun anggaran”, harap Bupati.

Turut hadir mendampingi Bupati Nias Barat pada rapat paripurna dimaksud antara lain Sekretaris Daerah Prof. Dr. Fakhili Gulo, M. Si selaku Ketua TAPD, Kepala Bappeda Sabahati Gulo, S.Sos., M.M, Kepala BPKPAD Saba’eli Gulo, S.IP., M.M, Sekretaris Bappeda Sonifati Zebua, M.M, dan Sekretaris BPKPAD Yeremia Doddy Putra Daely, SE., M.M serta sejumlah pejabat struktural Eselon III, IV dan staf lainnya.

(YARMAN H.)