TAPD dan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Nias Barat Membahas Kebijakan Umum PAPBD

08 September 2020
337
TAPD dan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Nias Barat Membahas Kebijakan Umum PAPBD

Lahomi, 8 September 2020 - Sebagai tindaklanjut penyampaian Nota Pengantar Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan APBD Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2020 yang telah disampaikan secara resmi oleh Bupati Nias Barat pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Nias Barat pada hari Senin 7 September 2020, maka pada hari ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Nias Barat melakukan pembahasan Kebijakan Umum Perubahan APBD Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2020.

Pembahasan diawali dengan pemaparan perubahan arah kebijakan, target dan realisasi perkembangan indikator makro, perubahan target pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah oleh Sekretaris Daerah selaku ketua TAPD.

Setelah melalui proses pembahasan yang cukup alot dan dinamis, disepakati bahwa langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mencapai target indikator yang telah ditetapkan adalah peningkatan layanan kesehatan dan pendidikan, mendorong pengembangan UMKM melalui peningkatan SDM, permodalan, pemasaran dan dukungan kebijakan, pengembangan kawasan wisata dan peningkatan produksi dan produktivitas sektor pertanian, peternakan, perikanan dan kelautan.

Selanjutnya disepakati juga arah kebijakan belanja yang diprioritaskan pada penyediaan dan pemenuhan anggaran yang bersifat wajib dan mengikat, penyediaan anggaran untuk membiayai pelaksanaan urusan pemerintahan konkuren, penyediaan anggaran untuk penanganan dampak pandemi Covid-19, pengalokasian belanja daerah yang bersumber dari Dana Desa untuk penanganan dampak Covid-19 di tingkat desa dan pelaksanaan kegiatan fisik dana desa secara padat karya serta penganggaran kembali SiLPA kegiatan dan utang/kewajiban kepada pihak ketiga sesuai jenis belanja, akun dan kode rekening berkenaan.

Arah kebijakan belanja tersebut disepakati menjadi pedoman pada pembahasan prioritas dan plafon anggaran sementara setiap perangkat daerah yang dijadwalkan mulai tanggal 9-14 September 2020.

Rapat Badan Anggaran dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Drs. Evolut Zebua dan didampingi oleh anggota Badan Anggaran diantaranya Siado Zai, SE, MM, Khamozaro Halawa, ST, Grace Orlon Mafoi Waruwu, S.Sos, M.IP, Fatohu Hia, A.Md, Haogomano Gulo, S.Pd, Yaredi Gulo, S.Sos dan Perdamaian Daeli, SH. Sementara dari pihak TAPD dihadiri oleh Sekretaris Daerah Prof. Fakhili Gulo selaku Ketua TAPD, Kepala Bappeda Sabahati Gulo, S.Sos, MM, Sekretaris Bappeda Sonifati Zebua, M.M, David Satria Hutagalung, S. Kom, M.M dan beberapa staf lainnya.

(SEFIUS LASE)