Bappeda Nias Barat Kerjasama dengan Universitas Budi Luhur pada Bidang Penelitian dan Pengembangan

23 Maret 2021
Bappeda Nias Barat Kerjasama dengan Universitas Budi Luhur pada Bidang Penelitian dan Pengembangan
Kepala Bappeda Sabahati Gulo, Sekretaris Bappeda Sonifati Zebua, Kabid Litbang Imelda Hia, bersama staf saat mengikuti Zoom Meeting dengan Universitas Budi Luhur Jakarta

Dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan daerah berbasis dokumen penelitian sebagai bahan dalam perumusan kebijakan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Nias Barat, Pemerintah Kabupaten Nias Barat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, melakukan kerjasama dengan Universitas Budi Luhur Jakarta.

Kerjasama yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Nias Barat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dengan Universitas Budi Luhur tersebut terkait penelitian dan pengembangan di bidang pariwisata dan pengembangan dan perekayasaan teknologi dan inovasi.

Kepala Bappeda Sabahati Gulo, S.Sos., M.M pada rapat yang dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting dengan Universitas Budi Luhur pada hari Senin (22/03/2021), menyampaikan bahwa pada tahun 2021 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Nias Barat akan melaksanakan penyusunan 3 (tiga) dokumen penelitian dan pengembangan, yaitu Penelitian dan Pengembangan di Bidang Teknologi Inovasi; Penelitian dan Pengembangan di Bidang Pertanian Perkebunan dan Pangan; serta Penelitian dan Pengembangan di Bidang Pariwisata.

Melalui pembahasan dan diskusi dengan pihak Universitas Budi Luhur, maka disepakati ada 2 (dua) jenis penelitian dan pengembangan yang akan dikerjasamakan yaitu di Bidang Pariwisata dan Bidang Teknologi dan Inovasi. Di Bidang Teknologi dan Inovasi, akan disusun Masterplan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektonik SPBE) dan sebagai langkah awal dalam impelemtasinya akan dibuat aplikasi e-learning yang dapat dimanfaatkan di Bidang Pendidikan sebagai salah satu solusi pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi covid-19 yang masih belum usai hingga saat ini. Sedangkan di Bidang Pariwisata difokuskan pada penyusunan kajian dalam pengembangan pariwisata secara terintegrasi, bukan hanya pada pembangunan dan penataan sarana prasarana dan promosi pariwisata tetapi juga bagaimana supaya sektor lainnya dapat bergerak dan memberi kontribusi terhadap peningkatan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai langkah awal pelaksanaan kerjasama tersebut, dalam waktu dekat, tim dari Universitas Budi Luhur Jakarta, akan turun langsung ke Nias Barat untuk melihat langsung kondisi dan mengumpulkan data awal  sebagai bahan dalam penyusunan dokumen pada kedua bidang yang telah disepakati bersama.

Pada pelaksanaan pertemuan tersebut, Sekretaris Bappeda Sonifati Zebua, M.M, Kabid Penelitian dan Pengembangan April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si., Kasubbid Ekonomi dan Sosial Glori Bonison Harefa, ST., M.Si dan dua orang Staf turut hadir mendampingi Kepala Bappeda, sedangkan dari Universitas Budi Luhur diikuti langsung oleh Rektor Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M., Direktur Kerja Sama AMB Sunten Z Manurung, S.H., Dekan Fakultas Teknologi Informasi Dr. Deni Mahdiana, M.M., M.Kom dan beberapa pejabat struktural dan fungsional lainnya.

"""(EZ)