Kepala Bappeda Nias Barat Mengharapkan BBPJN Sumut Memprioritaskan Lanjutan Pembangunan Jalan Sirombu-Afulu

31 Maret 2021
228
Kepala Bappeda Nias Barat Mengharapkan BBPJN Sumut Memprioritaskan Lanjutan Pembangunan Jalan Sirombu-Afulu
Kepala Bappeda Nias Barat, Sabahati Gulo, S.Sos, MM saat Menyampaikan Usulan Prioritas pada Forum OPD Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara

Medan (31/03/2021) Kepala Bappeda Nias Barat Sabahati Gulo, S.Sos, MM, mengaharapkan kepada Pemerintah melalui Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara agar lanjutan pembangunan jalan Sirombu-Afulu menjadi prioritas pada Tahun 2022. 

Hal itu disampaikannya saat mengikuti pemaparan Kabid Preservasi BBPJN Sumut Ir. Jusnan  Asraf Wahaf, MT, mewakili BBPJN pada Forum OPD Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Hotel Grand Kanaya Medan, Rabu (31/03/2021).

"Pembangunan Ruas Jalan Sirombu-Afulu merupakan janji Presiden Jokowi pada saat berkunjung di Pulau Nias untuk membuka akses jalan lingkar pulau Nias yang menghubungkan Nias Barat dengan Nias Utara", ujar Kepala Bappeda.

Sampai saat ini sudah dilakukan pengaspalan sepanjang kurang lebih 7 KM, dan lahan sudah dihibahkan oleh masyarakat. 

Menanggapi hal tersebut, Ir. Jusnan menyampaikan bahwa hal tersebut memang merupakan prioritas akan tetapi karena keterbatasan anggaran maka penanganannya belum maksimal. 

"Pada tahun 2021 ini saja penangannya hanya bersifat rutin, berupa pemeliharaan. Tidak ada kegiatan pada pembangunan mayor (peningkatan jalan itu sendiri). Mudah-mudahan tahun 2022 tersedia anggaran untuk melajunjutkan pembangunan, karena saat ini pemerintah fokus pada pembangunan Kawasan Danau Toba," kata Ir. Jusnan.

Selain Lanjutan pembangunan jalan Sirombu-Afulu, pada saat desk, Kepala Bappeda juga mengusulkan beberapa usulan untuk menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tahun 2022 diantaranya Pembangunan Jembatan Sungai Oyo, Peningkatan Jalan Lasarabagawu-Batas Nias Barat, Pemeliharaan/Rekonstruksi Jalan Ruas Mandrehe-Sirombu, Pemeliharaan Jalan Hilimbuasi-Mandrehe, Pemeliharaan Jalan Dola-Duria dan Peningkatan Jalan Siwalawa II-Sirombu.

(EZ)