Bupati Nias Barat Resmikan Desa Wisata Kamadu Beach di Tetehosi Sirombu

07 April 2021
386
Bupati Nias Barat Resmikan Desa Wisata Kamadu Beach di Tetehosi Sirombu
Foto bersama pada peresmian Desa Wisata Tetehosi Kecamatan Sirombu

Sirombu (07/04/2021) Desa Wisata Kamadu Beach Tetehosi Kecamatan Sirombu  diresmikan Oleh Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd., MA., M.M, Rabu (7/04/2021).

Kepala Desa Tetehosi Amonio Hia, dalam laporannya memaparkan tentang gambaran umum dan potensi Desa Tetehosi yang memiliki  jumlah penduduk sebanyak 512 jiwa.

"Potensi keindahan di sepanjang garis pantai di saat matahari terbenam, diharapkan menjadi objek daya tarik wisata yang menarik bagi para  wisatawan dengan konsep desa wisata," sebutnya.

Lebih lanjut Amonio Hia menjelaskan proses ditetapkannya Kamadu Beach sebagai desa wisata, diawali dengan Pemerintah Desa kepada Bupati Nias Barat, berdasarkan musyawarah masyarakat agar ditetapkan menjadi desa wisata yang akan dikembangkan dengan pembangunan yang mengarah pada peningkatan perekonomian warga.

Pemerintah Desa Tetehosi telah berupaya melakukan pembenahan Akomodasi, Atraksi dan Amenitas, salah satunya dengan menata lingkungan sekitar pantai dan membangun kolam renang untuk menambah daya tarik para wisatawan. 

Kosmas Harefa, Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan dari Kemenko Marves, yang hadir  dan menyampaikan sambutan pada kesempatan itu, sangat mengapresiasi  langkah Inovatif Pemerintah Kabupaten Nias Barat dan  Desa Tetehosi dan berharap bahwa hal tersebut menjadi Pilot Project dalam pengembangan Pariwisata.

"Saya sangat mengapresiasi karena di Nias Barat ada Konsep Desa Wisata dan kiranya ini menjadi Pilot Project, jadi contoh untuk desa-desa lain yang punya potensi alam yang bagus untuk dijadikan desa wisata,"Kata Kosmas Harefa

Konsep Desa Wisata menurutnya, dapat memberdayakan sumber daya lokal karena melibatkan masyarakat.

"Hal yang perlu diperhatikan adalah pola-pola pengelolaannya dan pemanfaatannya, perlu dalam penataan itu, diperhatikan keaslian alam harus dijaga sehingga lebih artistik," harapnya.

Bupati Nias Barat sebelum meresmikan Desa Wisata Tetehosi mengapresiasi  Kades Tetehosi yang telah  berinovasi mengembangkan Pariwisata dan berharap agar semua masyarakat Desa mendukung pembangunan.

Bupati juga menyampaikan, selain pertanian, Pembangunan dan Pengembangan Pariwisata di Nias Barat merupakan fokus yang harus diperhatikan karena tidak ada perusahaan di Nias Barat.

Usai memberikan arahan, Bupati meresmikan "Kamadu Beach" Desa Tetehosi  Kecamatan Sirombu sebagai Desa Wisata di Nias Barat.

Peresmian ditandai dengan pemukulan gong oleh Kosmas Harefa, pemotongan pita dan pembukaan selubung Desa Wisata Kamadu Beach oleh Ketua TP PKK Nias Barat.




(EZ)