Bappeda Nias Barat Telah memenuhi 100% target MCP KPK RI

30 April 2021
232
Bappeda Nias Barat Telah memenuhi 100% target MCP KPK RI
Kepala Bappeda Sabahati Gulo, S.Sos., MM saat merespon hasil MCP bidang Perencanaan dan Pengganggaran

Lahomi (30/04/2021), Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Nias Barat, Sabahati Gulo, S.Sos., MM, menyatakan bahwa telah memenuhi 100% target capaian Monitoring Centre for Prevention (MCP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu diungkapkan kepala Bappeda saat rapat supervisi MCP bersama KPK yang dilaksanakan di Lobby Kantor Bupati Nias Barat, Kamis (29/04/2021).

"Target MCP yang merupakan tanggungjawab Bappeda pada area intervensi bagian Perencanaan dan Penganggaran telah kami penuhi 100%," Ujar Sabahati Gulo

Adapun Indikator tanggungjawab Bappeda pada pencapaian MCP yang telah dipenuhi diantaranya  : Tersedianya aplikasi perencanaan APBD; Terdokumentasinya kegiatan Musrenbang, Pokir DPRD, dan Forum OPD; Program dan kegiatan RKPD, Renja OPD mengacu pada RPJMD.

Sementara indikator lain yang mendukung item Perencanaan dan Penganggaran untuk capaian MCP dan menjadi tanggungjawab OPD terkait diantaranya Standar Satuan Harga, Analisis Standar Biaya dan  Integrasi Perencanaan dengan Penganggaran, Tersedianya aplikasi penganggaran APBD.

Hasil Penilaian  MCP untuk Perencanaan dan Penggaran Tahun 2020 di Kabupaten Nias Barat hanya 35% dan tergolong masih buruk, sehingga dibutuhkan kerjasama OPD terkait untuk memenuhi item lainnya dalam proses perencanaan dan penganggaran APBD.

Mendengar Laporan Kepala Bappeda, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengapresiasi capaian Bappeda Nias Barat dan menjadikan Bappeda sebagai contoh bagi OPD lainnya dan mengahrapkan sinergitas antar OPD dalam meningkatkan capaian MCP Tahun 2021.

(EZ)