Bupati Nias Barat Pimpin Rapat Koordinasi Pemerintah Nias Barat

04 Mei 2021
127
Bupati Nias Barat Pimpin Rapat Koordinasi Pemerintah Nias Barat
Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu saat menyampaikan Arahan pada Rakor Pemkab Nias Barat

Lahomi, 03/05/2021, Bupati Khenoki Waruwu dan Wakil Bupati Dr. Era-Era Hia, memimpin Pelaksanaan Rapat Koordinasi Pemerintah (Rakorpem) yang dilaksanakan di Aula Omo Sebua Pendopo Rumah Dinas Bupati Nias Barat, Senin (03/05/2021).

Rapat Koordinasi Pemerintah yang dibuka secara langsung oleh Bupati Nias Barat merupakan Rakorpem yang pertama setelah Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat Resmi dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara sebagai Bupati Nias Barat dan Wakil Bupati Nias Barat.

Wakil Bupati Dr. Era-Era Hia, MM., M.Si, menyapa Peserta Rakor, dan menyampaikan beberapa wejangan tentang etika dalam bertugas kepada ASN, serta penegasan tentang cara yang seharusnya ketika menjalankan kewenangan agar tidak kontradiktif satu dengan yang lain.

Ia juga mengharapkan semangat dan soliditas ASN dalam bertugas. Kondisi dan Keadaan yang dialami Pemkab Nias Barat diantaranya Opini BPK yang masih buruk, IPM juga yang masih buruk, hendaknya menjadi Visi bersama dalam merubah keadaan itu menjadi lebih baik.

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dalam arahannya, menyatakan bahwa Rakor perdana ini merupakan cara untuk membangun komunikasi, sinkronisasi langkah langkah yang diambil, dalam melaksanakan tugas-tugas di masa yang akan datang, dalam upaya peningkatan kinerja sesuai tugas pokok dan fungsi.

"Visi Nias Barat Bersih, Unggul dan Maju, dengan misi terdiri atas 7 poin dan  20 poin program unggulan, Soguna Bazato," Pungkasnya

Selain itu, Bupati memberikan banyak motivasi kepada seluruh ASN agar mempedomani petunjuk pimpinan sesuai peraturan perundang-undangan, serta meningkatkan kinerja serta pelayanan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati mengecek satu persatu pencapaian penyerapan anggaran masing-masing OPD, termasuk Pencairan Dana Desa agar uang dapat berputar di tengah-tengah masyarakat untuk mempercepat pertunbuhan ekonomi masyarakat di Masa Pandemi sesuai harapan Presiden Jokowi.

"Saya harap dua Minggu dari sekarang, agar seluruh Desa dapat mencairkan Dana Desanya, agar Masyarakat dapat menerima BLT untuk mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat," Harap Bupati.

Rakor berjalan dengan lancar diselingi dengan Pengukuhan Tim Program 100 Hari, Pembacaan SK Tim Penyusun RPJMD, serta ekspos keadaan pemerintah oleh Sekda Nias Barat.

Rakorpem dihadiri Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, Para Kabag, Camat, dan Pejabat Eselon IIIa dan IIIb.

(EZ)