Tim Penyusun RPJMD Nias Barat Gelar Rapat Perdana, Wakil Bupati: Tidak Ada Visi dan Misi Lain selain Visi dan Misi Kepala Daerah

07 Mei 2021
543
Tim Penyusun RPJMD Nias Barat Gelar Rapat Perdana, Wakil Bupati: Tidak Ada Visi dan Misi Lain selain Visi dan Misi Kepala Daerah
Wakil Bupati Nias Barat, Dr. Era Era Hia, MM.M.Si, saat memberi pengarahan kepada Tim Penyusun RPJMD

Lahomi (07/04), Tim penyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026 menggelar rapat perdana yang dilaksanakan di ruang rapat Afo Kantor Bappeda Nias Barat. Rapat tersebut dihadiri dan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, M.M., M.Si.

Sekretaris Bappeda, Sonifati Zebua, M.M selaku Ketua Tim melaporkan bahwa Rapat Perdana Tim Penyusun RPJMD dilaksanakan dengan tujuan untuk membahas dan menyepakati agenda kerja Tim dan muatan materi  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Nias Barat, sehingga seluruh Tim memiliki pemahaman yang sama dan mengetahui tahapan dan muatan RPJMD yang akan disusun.

Lebih lanjut Sekretaris Bappeda melaporkan bahwa secara garis besar terdapat beberapa tahapan dalam penyusunan RPJMD, yaitu Tahap Persiapan, Penyusunan Rancangan Awal, Penyusunan Rancangan,  Perumusan Rancangan Akhir dan Penetapan, dan sesuai ketentuan paling terlambat 6 bulan setelah Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati wajib ditetapkan melalui Peraturan Daerah.

Kepala Bappeda Nias Barat Sabahati Gulo, S.Sos., MM sebagai Penanggungjawab Tim Penyusun RPJMD dalam paparannya menjelaskan bahwa RPJMD tidak berpengaruh pada masa Jabatan Kepala Daerah sehingga yang akan disusun adalah RPJMD Tahun 2021-2026. 

Kepala Bappeda lebih lanjut memaparkan secara detail agenda kerja tim, muatan materi RPJMD dan capaian indikator makro dan sektoral pembangunan Kabupaten Nias Barat Tahun 2016-2021 serta berharap kiranya masing-masing perangkat daerah menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan oleh Tim dalam menyusun RPJMD, karena ketersediaan data sangat menentukan kualitas dokumen perencanaan yang akan disusun.

Wakil Bupati dalam arahannya mengatakan RPJMD merupakan penjabaran dari Visi, Misi dan Program Prioritas  Bupati dan Wakil Bupati yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan pembangunan daerah dan keuangan daerah, tidak ada Visi dan Misi lain selain Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati menegaskan kepada Tim Penyusun RPJMD agar memastikan bahwa penyusunan dokumen RPJMD Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026 dapat terlaksana tepat waktu sesuai dengan tahapan dan jadwal yang diamantkan dalam Peraturan Perundang-Undangan, Mengidentifikasi permasalahan dan isu-isu strategis Pembangunan Daerah Kabupaten Nias Barat sebagai Dasar dalam penentuan arah kebijakan dan program Pembangunan Daerah Kabupaten Nias Barat kedepan, Melakukan Penjabaran VISI, MISI, Tujuan dan sasaran serta program pembangunan dengan indikator kinerja yang terukur dan Menyelaraskan RKPD Kabupaten Nias Barat Tahun 2022 dengan RPJMD Kabupaten Nias Barat serta mengharapkan seluruh Perangkat Daerah supaya  menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan dalam penyusunan RPJMD.

(EZ)