Bupati Pimpin Pelaksanaan Rakor Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, Tahun 2021

10 Mei 2021
63
Bupati Pimpin Pelaksanaan Rakor Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, Tahun 2021
Bupati Nias Barat saat menyampaikan Arahan pada Rakor Dana Desa

Lahomi (10/05). Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu memimpin pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2021 di Omo Sebua Pendopo Bupati Nias Barat, Senin (10/05/2021).

Dalam arahannya Bupati mengatakan bahwa Rakor yang dilaksanakan hari ini merupakan langkah untuk meningkatkan sinergi antara seluruh lapisan yang memiliki tugas dan fungsi terkait Penyaluran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Tahun 2021 agar dapat mempercepat penyalurannya sesuai mekanisme dan ketentuan yang berlaku.

Bupati mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa tentang kegunaan Dana Desa, agar kepala Desa tidak menyalahgunakan Dana Desa dan tidak menganggapnya sebagai Dana Pribadi.

Dana Desa diharapkan dapat meningkatkan perekonomian rakyat, diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan.

Pada Kesempatan itu, Bupati mengharapkan agar pencairan Dana Desa dan ADD tahap pertama dapat dilaksanakan paling lambat 17 Mei 2021.

Kepala Dinas PMD Sozisokhi Hia, menyatakan tidak ada alasan menolak instruksi Bupati, sehingga diharapkan kepada seluruh kepala desa agar segera mempersiapkan segala Dokumen seperti APBDes, Berita Acara Persetujuan Penetapan APBDes, Hibah dan Rencana Anggaran Biaya. Apabila telah memenuhi syarat maka tidak ada hal yang menjadi kendala dan dapat  segera diajukan pencairannya.

Rakor dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM., M.Si., Sekretaris Daerah Prof. Dr. Fakhili Gulo, M.Si., Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Para Camat dan Seluruh Kepala Desa.

(EZ)