Akibat Hujan Deras Sejumlah Ruas Jalan di Nias Barat tergenang Banjir

17 Mei 2021
Akibat Hujan Deras Sejumlah Ruas Jalan di Nias Barat tergenang Banjir
Jalan provinsi Ruas Mandrehe-Sirombu di Desa Iraonogeba, terendam banjir akibat luapan sungai Moro'o.

Nias Barat (17/05), Hujan deras yang mengguyur wilayah Nias Barat disertai angin sejak tadi malam hingga tadi pagi, mengakibatkan meluapnya sungai Moro'o dan Lahomi sehingga  beberapa ruas jalan Kabupaten dan Provinsi di wilayah Nias Barat terendam banjir, Senin (17/05/2021).

Ruas jalan yang terendam banjir yang cukup mengganggu aktifitas masyarakat dan sudah menjadi langganan banjir tiap hujan deras, yaitu jalan Kabupaten ruas  Mazingo-Lolohia akibat luapan sungai Zawa dan jalan ruas Bawadasi-Simpang Tiga Lahomi akibat luapan Sungai Lahomi. Sementara Jalan Provinsi yang tergenang banjir yaitu ruas Lasarabagawu (di Desa Lasarabagawu) Kecamatan Mandrehe Barat, Ruas Mandrehe-Sirombu (di Siwalawa, Togi Mbuaya, Lolohia, Sisobambowo, Ononamolo III dan Togide'u) dan Ruas Sirombu-Siwalawa II (Awa'ai, Bawosalo'o dan Tugala).

Sejumlah kendaraan terpaksa menunggu surutnya banjir yang menggenangi badan jalan. ASN yang hendak berkantor ke Onolimbu dari Kecamatan Mandrehe Barat dan Kecamatan Sirombu terpaksa melewati Daerah Lahomi walaupun ada beberapa Genangan Banjir seperti di Awa'ai namun lebih cepat surut.

Hingga sore hari, hujan masih melanda wilayah Nias Barat walaupun intensitas yang lebih ringan dibandingkan tadi malam dan banjir perlahan surut hingga kendaraan sudah dapat melintas.

(EZ)